Mempersiapkan Sebuah Presentasi Yang Meyakinkan

Apakah Anda seorang pelajar atau mahasiswa yang sering menyampaikan presentasi di depan dosen?

Atau Anda seorang karyawan yang kerap memberikan presentasi di depan klien, bos atau para pejabat lainnya?

noer_speechSiapapun Anda, saya yakin Anda pasti pernah merasa gugup atau cemas ketika harus memberikan presentasi atau diminta berbicara di depan umum.

Dalam sebuah polling opini publik, ketakutan seseorang akan kematian berada di urutan kedua, masih di bawah ketakutan berbicara di depan umum. Tentunya memberikan presentasi ataupun berbicara di depan umum tidaklah menakutkan seperti yang dibayangkan banyak orang. Asalkan Anda mau berlatih, siapapun bisa memberikan presentasi yang meyakinkan dan memorable.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk mempersiapkan sebuah presentasi yang meyakinkan. Tips ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dalam memberikan presentasi dan berbicara di depan umum dipadukan dengan beberapa pelatihan tentang presentasi yang pernah saya pelajari.

Untuk tips bagaimana memberikan presentasi itu sendiri dan aspek-aspek yang penting diperhatikan akan dijelaskan dalam posting berbeda.

 

1. Tentukan tujuan dari presentasi Anda

 

Sebuah presentasi pasti memiliki tujuan. Apakah Anda mempresentasikan suatu produk agar dibeli oleh klien, proposal rencana bisnis untuk disetujui dan didukung atasan, atau menjelaskan suatu topik yang Anda kuasai agar orang lain memahaminya. Secara umum tujuan presentasi biasanya salah satu dari dua hal berikut: pertama untuk memberikan informasi (to inform), kedua untuk membujuk audiens melakukan sesuatu (to persuade).

Menetapkan tujuan menjadi penting karena akan menentukan cara Anda memberikan presentasi. Sebuah presentasi yang memberikan informasi perlu dirancang seinformatif mungkin sehingga audiens yang sama sekali belum tahu persoalan menjadi mengerti. Presentasi yang bertujuan membujuk harus memiliki sisi emosi untuk mengubah sikap audiens dan mengajak audiens melakukan sesuatu: menyetujui ide Anda, membeli produk Anda, atau memberi dukungan atas apa yang telah dan akan Anda lakukan.

2. Kenali audiens Anda

Tak kenal maka tak sayang. Pepatah ini juga berlaku dalam presentasi. Sempatkan waktu untuk mencari tahu siapa saja yang akan hadir dalam presentasi Anda. Apa posisi mereka di dalam organisasi dan apa yang mereka harapkan dari presentasi Anda. Hal ini penting karena sebuah presentasi pada dasarnya adalah penyajian kepada orang lain. Meskipun menurut Anda menyajikan yang terbaik, tidak selalu audiens yang mendengar akan merasakan hal yang sama.

Dengan mengenal audiens nantinya Anda dapat menentukan pendekatan dalam presentasi. Mungkin yang hadir adalah seorang penting dalam organisasi yang sangat senang dengan grafik dan angka. Maka penyajian grafik yang baik dan penjelasan di balik apa yang terjadi pada angka-angka akan menjadi nilai tambah. Sebaliknya bisa jadi orang yang ingin Anda pengaruhi dalam presentasi memiliki tipe visual, sangat senang dengan gambar, diagram dan contoh-contoh kongkrit. Untuk orang seperti ini Anda pun dapat menyesuaikan slide presentasi dengan gambar yang dibutuhkan.

Di saat yang lain mungkin orang yang ingin Anda yakinkan memiliki tipe kinestetik. Untuk orang seperti ini Anda perlu mendemonstrasikan sesuatu di hadapannya. Jika perlu bawalah produk, benda atau apapun yang bisa menjadi model dari apa yang Anda presentasikan. Jika audiens Anda memiliki tipe yang beragam, tinggal disesuaikan masing-masing pendekatan secara berimbang.

 

3. Susun kerangka presentasi

Secara umum presentasi terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Pembuka berisi gambaran awal topik yang akan dipresentasikan dan apa tujuan yang diharapkan. Isi akan menjelaskan struktur materi yang Anda sampaikan mulai dari latar belakang, persoalan dan solusi yang Anda tawarkan. Sedangkan Penutup berisi kesimpulan dari topik yang dibawakan serta ajakan kepada audiens untuk melakukan sesuatu apakah menyetujui ide Anda, membeli produk Anda atau memahami lebih baik suatu topik yang Anda sajikan.

Dalam menyusun kerangka ini, Anda dapat membuat pemetaan pikiran (mind mapping) untuk menggambarkan pokok-pokok pikiran yang penting atau keyword dari hal-hal yang akan Anda jelaskan dalam presentasi. Membuat mind mapping ini juga akan memudahkan Anda melihat gambaran lengkap dari presentasi dan poin-poin penting yang harus disampaikan agar dimengerti dan diterima dengan baik oleh audiens.

Dua hal yang paling penting dalam membuat kerangka ini adalah bagian pembuka dan penutup. Ini adalah bagian yang paling diingat oleh audiens dan merupakan kesempatan terbaik Anda untuk mendapatkan perhatian mereka.

Untuk bagian pembuka, jika perlu hapalkan bagian pembukaan yang Anda persiapkan berupa pernyataan, kutipan, pertanyaan, kisah atau bahkan sebuah humor. Pembukaan yang baik dan lancar akan menciptakan rasa percaya diri untuk kelanjutan presentasi.

Adapun untuk bagian penutup, merupakan intisari dari seluruh presentasi Anda dan kesempatan untuk memberikan kesimpulan yang akan diingat terus oleh audiens setelah mereka keluar dari ruangan. Persiapkan dengan baik bagian ini dan Anda tinggal selangkah lagi dalam memberikan presentasi yang meyakinkan.

 

4. Jika diperlukan, persiapkan slide presentasi dan alat bantu visual lainnya.

Di zaman modern ini, hampir semua presentasi menggunakan slide Powerpoint atau program sejenis. Prinsip umum dalam mempersiapkan slide adalah Keep It Simple. Mengapa? Audiens Anda ingin dijelaskan sebuah persoalan yang sulit menjadi mudah. Bukan persoalan yang mudah Anda buat menjadi sulit dan rumit.

Perlu dicatat bahwa slide presentasi adalah alat bantu, bukan presentasi itu sendiri. “You are the presenter, not the slide.” Anda-lah sang presenter yang menentukan apakah sebuah presentasi menjadi menarik atau tidak. Selama alat bantu visual tadi sejalan dengan pesan yang Anda sampaikan secara verbal, silakan digunakan. Tapi jika alat bantu malah membuat audiens semakin bingung, hindarkan.

Prinsip yang perlu dipertimbangkan dalam menyiapkan slide adalah gunakan hanya poin-poin utama dan penting. Jangan membuat slide yang terlalu detail dan berisi seluruh hal yang Anda akan ucapkan. Jika itu dilakukan, audiens akan membaca slide dan mereka tidak perlu lagi mendengarkan kata-kata Anda lagi. Tujuan presentasi menjadi gagal.

Beberapa tips dalam pembuatan slide adalah tidak terlalu banyak teks dalam suatu slide. Gunakan gambar, diagram dan tabel untuk membantu menjelaskan suatu konsep, data dan fakta. Jangan membuat slide yang terlalu kompleks karena akan sulit dicerna dalam waktu singkat oleh audiens dan cenderung membuat audiens lelah sehingga tidak fokus pada apa yang Anda sampaikan.

Secara khusus mengenai pembuatan slide presentasi yang baik akan saya jelaskan dalam posting berikut.

Selain slide, masih banyak alat bantu lain yang bisa Anda gunakan misalnya: flipchart, contoh produk, video, dan bahkan bahasa tubuh Anda sendiri. Pertimbangkan dan persiapkan jika Anda memerlukan alat bantu tersebut.

5. Latihan

Pepatah mengatakan practice make perfect. Maka demikian juga jika Anda mempersiapkan presentasi yang penting, berlatihlah. Latihan terbaik dapat dilakukan dengan mengundang beberapa teman untuk mendengarkan presentasi Anda. Minta mereka untuk memberikan komentar terhadap materi yang disampaikan, cara penyampaian dan hal-hal apa yang perlu diperbaiki.

Latihan ini akan membantu Anda mengetahui sejak dini apakah Anda sudah cukup siap dan menguasai materi presentasi atau masih ada hal-hal lain yang perlu diperbaiki. Lewat latihan ini, cobalah berpikir dari sudut pandang audiens: apakah mereka punya pengetahuan yang cukup tentang materi yang akan dipresentasikan, apa kepentingan yang mereka bawakan, pertanyaan apa yang mungkin mereka tanyakan, apa yang mereka harapkan dari presentasi tersebut. Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maka Anda telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik.

 

6. Rileks

Ini adalah bagian yang penting. Banyak orang sudah gugup duluan bahkan ketika salam pembuka baru diucapkan. Jika ini terjadi maka buyarlah seluruh materi yang telah dipersiapkan dengan matang sebelumnya. Kondisi yang rileks akan membantu Anda untuk memberikan presentasi dengan tenang dan meyakinkan.

Kondisi rileks akan membantu Anda me-recall kembali apa-apa yang telah Anda latih dan hapal. Selain itu, jika Anda lupa akan sesuatu yang penting untuk disampaikan, Anda akan tetap tenang dan audiens tidak merasakan ada sesuatu yang hilang dari apa yang Anda sampaikan.

Banyak orang gugup ketika sudah mulai berbicara. Hal itu mungkin terjadi juga pada Anda. Jangan panik, rasa gugup atau nervous dalam takaran yang wajar normal terjadi, bahkan pembicara publik terhebat sekalipun merasakan hal itu. Manfaatkan rasa gugup tadi sebagai energi membuat diri Anda fokus pada presentasi yang akan disampaikan.

Tips sederhana untuk mengurangi rasa gugup ini dan menggantinya dengan perasaan rileks adalah tutup mata Anda, tarik nafas dalam-dalam dan lepaskan kembali secara perlahan. Lakukan beberapa kali maka Anda akan merasakan kesegaran dan dapat tersenyum kembali. Jangan lupa berdoa kepada Allah agar Anda dimudahkan dalam berbicara dan menjelaskan sesuatu kepada audiens.

Demikianlah tips untuk mempersiapkan presentasi yang meyakinkan. Dalam posting berikutnya, saya akan menjelaskan bagaimana memberikan presentasi itu sendiri mulai dari salam pembuka, penggunaan humor, kutipan, atau pertanyaan sebagai pembuka presentasi.

Di lain kesempatan juga akan saya jelaskan penggunaan bahasa tubuh (gesture) untuk memberi penekanan pada presentasi, penggunaan ruang dan bagaimana menemukan style pribadi Anda sendiri secara alami. Saya juga akan menjelaskan bagaimana menjawab pertanyaan audiens dan apa yang harus dilakukan jika tiba-tiba Anda merasa blank ketika memberikan presentasi maupun ketika menjawab pertanyaan.

Selamat mempersiapkan presentasi dan semoga apa yang Anda sampaikan akan menjadi sebuah presentasi yang meyakinkan dan diingat semua orang.

 

Untuk belajar tips-tips menarik seputar presentasi, kunjungi http://www.presentasi.net. Anda juga dapat mendownload ebook “Presentasi Memukau” secara gratis.

 

Ilustrasi: Foto pribadi Muhammad Noer di HRCR-AC 2008

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. wah.. terima kasih atas tipsnya tuh..
    lumayan membantu

    saya tunggu posting selanjutnya ya..

  2. dicky dita f says:

    makasih mas … sukses selalu…!!!

  3. sudah saatnya saya belajar untuk berani tampil di depan umum untuk presentasi, soalnya saya pernah mengalami di saat presentasi di depan teman2 kuliah jadi nerves persiapan kata2 saya jadi buyar gara saya grogi di depan. Tips ini bagus buat saya dan orang yang membcanya buat oleh2 atau pengalaman.

  4. Assalamualaikum wr.wb.
    saya mengucapkan Terimakasih kepada mas noer sudah memberikan banyak tips dan karyanya mas noer lewat blog melalui E-mail saya. semoga mas noer ga kehabisan karya tulisanya. oh ya kalau bisa karyanya di buat buku aja terus di jual siapa tau dari situ anda jadi seorang penulis yang patut untuk di contoh buat orang yang suka ngeblog di internet. semoga sukses. amin
    wasalam

    • Terima kasih juga buat Pak Lahuddin atas usulannya. Saya berencana membuat e-book untuk topik-topik utama dalam blog ini. Insya Allah nanti kalau tulisannya sudah lebih banyak akan saya kompilasi. Siapa tahu bisa diterbitkan juga ya Pak :)

  5. Sugeng Santoso says:

    Mas Noer.. terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat buat saya. Semoga mas Noer semakin sukses.. salam

  6. Terima kasih. Saya sangat terbantu.

  7. widhi astari says:

    Thanks ! Tips yang anda tulis tentang presentasi, semuanya sangat membantu saya. Terus berkarya mas Noer … salam sukses !

  8. Wuah, rajin juga ya mas muhammad noer membuat tulisan:-) Bagi saya kata kunci utamanya adalah rileks. Dan hal yang masih menjadi masalah untuk saya adalah mengatur kecepatan dan intonasi berbicara. Tapi semoga practice make it perfect. Jadi, seperti yang disarankan Larry King, saya sering latihan ngomong sendiri kalau naik motor, toh nggak ada yang denger hehehe. Good job mas Noer..

    • Salam bu Nurbeti, mudah-mudahan benar panggilannya :)
      Rileks sangat penting karena membuat semua proses lainnya menjadi lancar dan ringan.
      Latihan berbicara sekali-kali bisa di depan kaca yang besar sehingga kelihatan dari ujung kaki sampai ujung kepala.
      Kalau punya alat perekam bisa divideo-kan dan kita akan bisa melihat aspek mana yang sudah bagus dan mana yang perlu diperbaiki lagi.

  9. Terimakasih pa Noer, sy akan coba tuk melatihnya.

  10. Terima kasih Pak Noer, apa-apa yang Anda tulis dan sampai pada rekan-rekan sangatlah membantu.

  11. john khairul effendi says:

    Sangat menarik dan sangat membantu saya dalam membuat suatu presentasi. Terima kasih

  12. Firza Yulianti says:

    makasih ya atas tips nya. that is very helpful.

  13. Trisefa says:

    Terima kasih Pak Noer..Tips Presentasinya, sangat bermanfaat buat saya sekarang, dan tulisannya yang lain sangat membantu

  14. Semoga artikel ini bisa membantu Anda semua mempersiapkan sebuah presentasi sebaik mungkin. Jangan lupa untuk membaca tulisan-tulisan yang saya tuliskan tentang topik ini.

    Salam,
    M. Noer

  15. papaaaq says:

    thanks mas Noer,,ini bermanfaat sekali buat saya,,sy tunggu posting berikutnya,,,

  16. tks. untuk informasinya yang seperti ini sangat saya butuhkan. its goods.

  17. terima kasih untuk tipsnya. Jadi ada gambaran buat persiapan presentasi di sidang skripsi nanti :)

  18. Terimakasih banyak ilmunya pak noer,,,sangat bermanfaat

    Satu yang menjadi masalah saya sekarang adalah ketika akan memberikan presentasi atau berbicara di depan orang2 yang saya tau bahwa ilmu dan pemahaman mereka lebih dari saya, sangat sering saya gugup dan terkadang membuat presentasi saya jadi buyar…

    Jadi sebelum mulai presentasi biasanya sy akan kembali membacakan tulisan dan saran2 dari pak noer,,Alhamdulillah sangat membantu..Terimakasih pak noer.

  19. Amaq Fahmi says:

    Tips dari Abag M Noer, menarik dan prinsipnya dapat dilakukan/dipraktekkan oleh siapa saja asalkan ada keinginan.
    Mungkin juga ada tambahan tips dari saya jika ingin presentasi…
    1. Jangan merasa diri paling pintar di depan audience,, karena presentasi yang menarik adalah yang dapat membuka kesempatan untuk sharing
    2. Selingi dengan anekdot, cerita lucu menarik tanpa menyinggung perasaan audience
    3. Buka kesempatan untuk dialog
    4. Perhatikan tampilan menarik
    Artinya jika ingin presentasi menjadi menarik Pertama: buatlah materi sajian menarik, kedua: buatlah tampilan diri yang menarik pula, ketiga bangkitkan partisipasi audience

    Semoga dapat menambah tips bang Muh. Noer
    Selamat menjalankan ibadah puasa…semoga semuanya bernilai ibadah Amin

    Wassalam

    • Terima kasih atas tambahannya tipsnya pak. Benar sekali apa yg bapak sampaikan tersebut.
      Selamat berpuasa juga dan semoga kita dimudahkan menjalankan ibadah puasa dengan baik.

      Salam

  20. akhmad marsudi says:

    Good, …. good,,… good.,……!
    Trims…. Mas Noer,………….,saat ini saya ada di Jepang, 2 minggu lagi saya akan presentasi Action Plan sebelum pulang ke Indonesia 11 september 2010, Bahasa Inggris saya belum baik, masih pas-pasan bahkan masih minim, tulisan anda sangat menarik,… dan saya rasa banyak orang yang dapat terbantu dan menambah rasa percaya diriNya, setelah memahami tulisan ini, …. termasuk saya, akan coba praktekkan ilmu Mas Noer ini pada bagian-bagian yang dapat saya lakukan …….

    Salam,
    Akhmad Marsudi

  21. Salam Mas Akhmad,

    Semoga sukses untuk presentasinya nanti ya. Insya Allah dengan persiapan yang matang dan baik akan bisa menjalaninya dengan lebih mudah. Good luck.

  22. Wah bagus sekali postingannya bisa memberi inspirasi ketika nanti waktu presentasi , karna aku sering banget gugup waktu presentasi semoga dengan adanya tips ini bisa menjadikan lebih baek untuk lain kali jika presentasi lagi
    aku tunggu tips selanjutnya ya ……..
    salam dari sugik

  23. Asep Ueh Abdullah says:

    Terima kasih atas tip-tip yang mas kirimkan, mudah-mudahan mas terus menambah ide-idenya yang lebih aktual lagi, karena ilmu Allah semakin digali tidak akan pernah habis bahkan semakin bertambah dan bertambah, sekali lagi ma kasih mas Noor…..

  24. sangat bermanfaat tulisannya. terimakasaih banyak

  25. agung santoso says:

    makasih mass Mohammad Noer…
    tips’nya sangat membantu saya..
    :D

  26. tipsnya bagus.. terutama yang

    “You are the presenter, not the slide.”

    Sedang berusaha saya praktekkan tadi dan besok saat saya presentasi sebagai asisten praktikum Data Mining, semacam tutorial sih.. jadi lebih banyak demo dan audiens menirunya,

  27. Dikdik sodikin says:

    Asalamualaikum wr wb.
    Mas muhamad noor terima kasih atas semua kiriman tulisannya,semuanya sangat bermanfaat utk saya&juga yg lainnya..semoga sukses selalu dan di rahmati Allah..amiin

  28. Makasih mas…
    Tulisanya bagus,saya jadi pingin bisa nulis sebagus tulisan mas ini.
    Saya jadi betah baca nih..

  29. Info yang bagus !

    Barangkali informasi mengenai “Mudah Panik” berikut, juga berguna bagi rekan rekan yang memerlukannya. Klik > Mudah Panik ?

  30. Noviansyah L says:

    Mas Noer, terimakasih sekali atas kirimannya yang sangat bermanfaat sekali tuk saya dengan tugas sehari-hari sebagai pengajar di lingkungan perusahaan, salam hangat….GBU

  31. Terimakasih mas Noer,,, sangat bermanfaat bg saya, di sampng mengajar,, juga lagi tesis,,,,,,sekali lg trims mas,,,,,semoga Allah melimpahkan anugerahnya kepada mas Noer sekeluarga,,, dan kita semua,,,Amiiin,,,,,

  32. trims ya mas noer. sangat2 membantu nich tipsnya . i like that
    sebagai pemula sy bisa praktekkan hal itu

  33. efayanti says:

    pak ….kalau kita seorang guru…mesti memberikan informasi pada peserta didik dalam bilingual itu gimana triknya ya pak…waktu yang tersedia sama….sehubungan dengan munculnya program SBI kita dalam dunia pendidikan????
    makasih ya bapak….

    • Saran saya coba gunakan pendekatan yang biasa dipakai profesional bisnis: campur aduk bahasa. Sebagian pakai bahasa Indonesia dan sebagian lagi pakai bahasa Inggris. Keuntungan buat siswa mereka juga bisa mengetahui istilah asing dari konsep yang dibahas dan masih dapat memahami dengan baik berkat bahasa Indonesia yang dikombinasikan.

  34. makasih pak postingan yang bermanfaat…

  35. Nasyir Abdullah says:

    Artikel Mas Noer sangat relevan dengan kondisi saya saat ini. saya sangat beruntung dapat membaca artikel dari Mas Noer pada waktu yang tepat.

    Selain memejamkan mata sambil mengambil nafas dalam, apakah ada lagi cara untuk menjadikan diri kita rileks saat presentasi?
    Terus terang saya selalu gugup saat presentasi, dimana hal itu berakibat hilangnya materi yang sudah saya persiapkan di otak saya…
    Mohon petunjuknya Mas Noer…

  36. super sekali bang postingannya. sebelumnya saya sangat berterima kasih atas postingan tentang spead reading ama mind map soalnya ini membantu sekali dalam pelajaraan saya. bang ini titip blog ya http://odapbiayaikuliahku.blogspot.com.

  37. Kami selalu menanti tips dan email anda, karena kami selalu memberikan presentsi dan briefing kepada pengurus kami adalah Serikat Pekerja PT. FFI Jakarta TQ

    Salam hangat
    Taryono

  38. Bagus sekali ……Kami selalu menanti tips dan email anda, karena kami selalu memberikan presentsi dan briefing kepada pengurus kami adalah Serikat Pekerja PT. FFI Jakarta TQ

    Salam hangat
    Taryono

  39. yudi prawira says:

    trimakasih mas Noer sudah berbagi info yang sangat bermanfaat bagi orang banyak. semoga sukses selalu. salam.

  40. roni marsis says:

    terima kasih atas materinya, saya sering mengisi persentasi, ceramah, pertandingan olah raga dan lain-lain, tapi gugup / nervousnya kadang-kadang saja, kenapa ya mas noer. wassalaamualaikum wr.wb

  41. Trm kasih bang noer atas ilmunya. Setelah membaca tulisan bang Noer saya semangat lagi untk persntasi. Semega senantasa update tulsannya, good luck bang Noer.

  42. alhamdulillah mendapatkan pencerahan
    terima kasih mas atas tips nya
    sangat membantu sekali :)

  43. Terima kasih atas infonya, mas Noer. Minggu depan saya akan presentasi hasil PTK dalam sebuah seminar. Mudah2an saya sukses dengan adanya tips2 dari si Mas.

  44. semoga bermanfaat dunia dan akhirat

  45. Terima kasih mas Noer..materi ini sangat membantu saya yang kebetulan sering menyampaikan presentasi walaupun dalam lingkungan yang kecil,semoga menjadi amal jariyah bagi mas Noer..sukses selalu..ditunggu karya berikutnya.

  46. Mas Noer, tulisan Anda bagus sekali… gimana kalau ikut lomba menulis kami mas? http://www.slideshare.net/CerdasMengajar/lomba-menulis-cerdas-mengajar

    • Terima kasih atas tawarannya mbak Tessie. Saya tidak berjanji bisa ikut. Tapi mungkin pembaca lain juga ada yang tertarik dan bisa mengikuti lomba menarik ini.

  47. Lindananty says:

    Akan saya share ke mahasiswa saya. Kalau boleh menambahkan, yaitu penguasaan materi yang akan dipresentasikan sangat diperlukan. Terima kasih banyak. Allah yang membalas.

Trackbacks

  1. […] yang baik melakukan interaksi dengan audiens. Caranya bermacam-macam. Anda bisa mengajukan pertanyaan dan memberi kesempatan audiens menjawabnya. […]

  2. […] demikian, dengan melakukan persiapan yang baik serta penanganan yang tepat, demam panggung tidak akan mengganggu bahkan membuat Anda tampil lebih […]

  3. […] demikian, dengan melakukan persiapan yang baik serta penanganan yang tepat, demam panggung tidak akan mengganggu bahkan membuat Anda tampil lebih […]

  4. […] demikian, dengan melakukan persiapan yang baik serta penanganan yang tepat, demam panggung tidak akan mengganggu bahkan membuat Anda tampil lebih […]

Speak Your Mind

*