Speed Reading, How Fast Can You Read?

(Perhatian: Hidupkan stopwatch Anda dan mulai menghitung ketika Anda mulai membaca)

speed_reading_posterBerapa kecepatan baca Anda? Jika Anda adalah pembaca kebanyakan maka kecepatan baca Anda berkisar 200-250 kata per menit atau disingkat wpm (Word Per Minute). Jika Anda cukup terlatih membaca cepat, kecepatan baca Anda bisa mencapai 400-500 wpm. Dan jika Anda sudah membiasakan diri dengan baca cepat maka kecepatan Anda bisa mencapai 750-1000 wpm atau bahkan lebih.

WPM adalah singkatan dari Word Per Minute. Jumlah kata yang dibaca dalam satu menit. WPM adalah satuan hitung untuk kecepatan baca sama seperti Anda mengenal km/jam untuk kecepatan sebuah mobil. Mengapa satuan jumlah kata dan bukan jumlah huruf yang dihitung? Karena secara alami kita akan membaca rangkaian huruf dalam satu kata, bukan huruf per huruf itu sendiri sehingga satuan “jumlah kata per menit” menjadi lebih relevan.

Kebanyakan kita sudah mulai belajar membaca sejak usia 5-6 tahun ketika duduk di Sekolah Dasar. Kemampuan baca tersebut terus berkembang di sekolah lanjutan, perkuliahan sampai dewasa. Tahukah Anda, kebanyakan orang ternyata kecepatan bacanya tidak berubah banyak sejak dia sudah mulai lancar membaca? Hal ini disebabkan karena sudah merasa nyaman dengan cara baca selama ini padahal mungkin banyak kebiasaan buruk yang menghambat kecepatan maupun pemahaman atas bahan bacaan.

Pada tulisan ini saya ingin memperkenalkan Speed Reading, cara membaca dengan cepat dipadukan dengan pemahaman yang baik. Pengalaman pribadi saya dalam berlatih membaca cepat, saya dapat membaca 3-4 kali lebih cepat dari kecepatan baca awal saya. Kemampuan ini sangat membantu dalam menyelesaikan text book perkuliahan dulu. Dulu saya juga punya kebiasaan jalan-jalan ke toko buku sambil menyelesaikan membaca 2-3 buku dalam satu kali kunjungan. Tidak percaya? Silakan Anda coba dan buktikan sendiri.

Apa Itu Speed Reading?

Membaca cepat bagi saya adalah membaca dengan cerdas. Speed Reading sama dengan Smart Reading. Membaca cepat melatih Anda menguasai bahan bacaan dengan lebih cepat, efisien dan akurat. Percaya atau tidak, membaca cepat ternyata dalam banyak hal membantu Anda memahami bahan bacaan dengan lebih baik, bukan sebaliknya.

Ibarat Anda sedang berkendara, coba ingat-ingat seberapa sering Anda berkendara dengan kecepatan rendah sambil melamun dibandingkan ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

Pada kecepatan rendah, perhatian Anda terbagi pada banyak hal sehingga Anda masih sempat melamun. Namun pada kecepatan tinggi, seluruh perhatian terpusat pada pekerjaan membaca itu sendiri sehingga konsentrasi Anda menjadi fokus dan tercipta pemahaman yang bahkan lebih baik. Hal ini dapat ditempuh dengan latihan yang rutin sampai tercipta koordinasi harmonis antara mata yang menangkap kata demi kata dengan otak yang menerjemahkan, memahami, melakukan sintesis dan analisis atas bahan bacaan.

Bayangkan di era informasi digital seperti sekarang, jumlah bacaan yang perlu Anda baca tentu semakin membludak. Jika Anda bisa membaca 2 kali lebih cepat saja, maka Anda akan menghemat setengah waktu Anda. Bahkan jika Anda sudah terlatih, sebuah buku ringan yang tidak terlalu tebal sekitar 150 halaman dapat diselesaikan dalam sekali baca cukup 20-30 menit saja. Penasaran? Silakan lanjutkan membaca tulisan ini.

Hambatan Dalam Membaca

Ada beberapa hal yang menghambat kecepatan baca seseorang. Bentuk hambatan ini ada yang disadari namun seringkali tidak disadari oleh pemiliknya. Hambatan tersebut antara lain:

1. Sulit berkonsentrasi

Ketika Anda tidak konsentrasi, maka informasi yang diterima oleh mata kemudian diteruskan ke otak tidak mendapat perhatian cukup sehingga Anda kehilangan pemahaman dari bahan bacaan dan harus mengulangnya berkali-kali. Pengulangan ini disebut regresi dan merupakan salah satu kebiasaan yang perlu dihilangkan jika Anda ingin memperbaiki kecepatan baca.

2. Rendahnya motivasi

Banyak orang membaca tapi tidak memiliki motivasi yang kuat atas bahan yang dibaca. Motivasi yang kurang ini secara mental akan membuat Anda membaca dengan lambat dan otak tidak dirangsang untuk bekerja dan memahami apa yang Anda baca.

3. Khawatir tidak memahami materi yang dibaca

Pernahkah Anda ingat ketika menjelang ujian dan harus membaca bahan bacaan yang setumpuk? Ada rasa khawatir bahwa materi yang ada terlalu banyak, terlalu berat sehingga akhirnya Anda benar-benar kesulitan dalam memahaminya. Rasa khawatir harus dihilangkan sehingga Anda membaca tanpa beban, tanpa paksaan.

4. Kebiasaan buruk dalam membaca

Sama seperti semua kegiatan lain, ada kebiasaan yang buruk dalam membaca sehingga membuat membaca lebih lambat diantaranya vokalisasi (membaca sambil bersuara), sub vokalisasi (membaca dalam hati), gerakan bibir, gerakan kepala, regresi (mengulangi kembali kata-kata yang sudah lewat dibaca).

Untuk memahami dampak dari hambatan-hambatan membaca ini dan bagaimana cara mengatasinya, silakan baca posting saya lainnya dalam kategori Speed Reading.

Dasar-dasar Membaca Cepat

Berikut adalah dasar yang perlu Anda miliki untuk menjadi seorang Speed Rider, ups maksudnya Speed Reader:

1. Rileks
Ketika membaca, usahakan tubuh dalam kondisi rileks. Cari kursi yang nyaman, duduk dengan baik, dan pastikan penerangan yang cukup serta jauhkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi seperti: TV yang menyala, suara musik yang terlalu keras, atau tempat yang bising dan banyak orang lalu-lalang sehingga mengalihkan perhatian.

Membaca sambil tiduran akan cepat membuat leher Anda pegal dan mata menjadi lelah. Hindari cara baca seperti itu maupun cara yang tidak sehat lainnya karena akan merusak tubuh dalam jangka panjang.

2. Tentukan Tujuan Anda Dalam Membaca
Banyak orang langsung membuka halaman pertama dan mulai membaca. Sebelum hal itu Anda lakukan, tetapkan dalam hati apa yang Anda ingin dapatkan dari kegiatan membaca tersebut. Apakah Anda membaca untuk mendapatkan informasi umum dari suatu persoalan, atau Anda ingin mengetahui dan memahami secara mendalam topik yang dibahas. Kedua tujuan yang berbeda tadi memerlukan cara membaca yang juga berbeda.

Misalkan Anda membaca buku biografi seorang tokoh. Tanyakan pada diri apakah Anda ingin mengetahui kisah hidupnya ketika kecil yang membantu tokoh tersebut menjadi orang besar, atau Anda ingin memahami cara pandang tokoh tersebut atas sebuah persoalan, dan tujuan-tujuan lainnya. Menetapkan tujuan ini akan membantu Anda memiliki minat yang kuat dalam membaca.

3. Pahami materi bacaan
Sebelum memulai membaca sebuah buku, Anda perlu mengetahui dan mengenal materi yang akan dibaca: tingkat kesulitan, struktur bab, gaya pembahasan, serta bagaimana buku tersebut terorganisir lewat lewat tulisan maupun gambar.

4. Dapatkan ide pokok
Dalam membaca, kuasai ide pokok yang disampaikan. Jangan biarkan detail yang ada membingungkan Anda. Dengan menguasai ide pokok, maka aspek detail bahan bacaan akan lebih mudah dipahami.

5. Hilangkan kebiasaan buruk
Ada orang membaca sambil menyuarakan apa yang dibaca. Cara ini akan menyebabkan kecepatan baca Anda sama dengan kecepatan bicara. Padahal kecepatan bicara orang yang bawel sekalipun masih jauh lebih rendah dari kemampuan otak Anda menguasai bahan bacaan dan memahaminya.

6. Latih kecepatan gerak mata dan tangkap lebih banyak kata dalam sekali lihat
Bagian terakhir ini adalah inti dari speed reading. Yakni bagaimana Anda membaca beberapa kata sekaligus dan menggerakkan mata Anda untuk menangkap kata-kata tadi dengan cepat. Jangan khawatir bahwa nanti Anda kehilangan pemahaman, percayalah otak Anda diciptakan Allah sangat hebat untuk bisa merangkai kumpulan kata tadi menjadi sebuah pengertian.

Bayangkan analogi sebuah komputer yang memiliki prosesor super cepat, itulah otak Anda. Dan kecepatan mata Anda dalam melihat kata demi kata diibaratkan saluran pengirim data yang akan menentukan apakah kecepatan prosesor tersebut dimanfaatkan secara penuh atau dibiarkan dalam kondisi idle karena tidak ada data yang harus diproses. I hope you got the idea.

Untuk bagian yang terakhir ini silakan Anda perhatikan teks berikut:

fiksasi-1

Teks di atas terdiri dari 10 kata dan jika Anda membaca kata per kata seperti yang ditunjukkan pada pengelompokan berwarna biru maka Anda butuh 10 kali pergerakan mata untuk menyelesaikannya. Jika satu kali melihat Anda butuh 0,5 detik maka untuk keseluruhan teks Anda butuh 5 detik.

Sekarang perhatikan jika Anda memperlebar jangkauan mata sehingga dapat menangkap beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat:

fiksasi-2

Dalam contoh kedua, teks terdiri dari 19 kata dan Anda hanya butuh 8 kali pergerakan mata. Asumsikan kecepatan melihat Anda sama 0,5 detik maka untuk keseluruhan teks Anda hanya butuh 4 detik. Kecepatan baca Anda meningkat dari 2 kata per detik (teks pertama) menjadi 4,75 kata per detik (teks kedua). Ini adalah peningkatan hampir 2,5 kali lebih cepat.

Bayangkan jika selain memperlebar jangkauan mata Anda juga mempercepat perpindahan dari satu kelompok kata ke kelompok lainnya menjadi 0,4 detik saja sekali lihat, maka seluruh teks kedua selesai dalam 3,2 detik. Ini berarti kecepatan baca Anda mendekati 6 kata per detik atau dengan kata lain Anda telah membaca hampir 3 kali lebih cepat dari semula. Lumayan sekali bukan?

Jangan puas dulu, kecepatan 6 kata per detik tadi kalau dikonversi menjadi kata per menit baru 360 wpm. Dengan latihan teratur kecepatan ini bisa dapat terus ditingkatkan sampai 1000 wpm atau bahkan lebih jika Anda benar-benar berbakat dalam membaca cepat. Dengan cara ini, membaca apa saja akan menjadi pekerjaan ringan dan menyenangkan.

Selamat berlatih dan menjadi pembaca cepat.

Dalam posting berikutnya, saya akan menjelaskan hambatan dalam membaca dan cara mengatasinya, latihan memperlebar jangkauan (fiksasi) mata, dan tips-tips lainnya. Silakan baca posting lainnya dalam ketegori Speed Reading.

(Perhatian: Stop, matikan stopwatch Anda)

Tulisan di atas dikurangi teks judul dan instruksi menghidupkan dan mematikan stop watch terdiri dari 1400 kata.

Hitung waktu yang Anda butuhkan, konversikan ke dalam menit. Bagi jumlah kata dengan jumlah menit yang Anda gunakan dan voila, itulah kecepatan baca Anda saat ini dalam satuan kata per menit (wpm). Bandingkan kecepatan baca Anda dengan tabel berikut:

tabel_kecepatan_baca

Keterangan Gambar:
Poster Speed Reading Class dibuat oleh Dinna Fatmawati.
Ilustrasi Teks 1 dan Teks 2 diambil dari materi Presentasi Speed Reading Class – pertemuan pertama oleh Muhammad Noer
Tabel kecepatan baca ditulis ulang dari buku Teach Yourself Speed Reading oleh Tina Konstant

    Artikel Menarik Lainnya:

     

     

     


     

    Comments

    1. Noor Haryono says:

      Mas Noer, tulisan yang sangat bagus dan bermanfaat :) Terima kasih

      • Semoga bisa dinikmati Mas Noor. Insya Allah saya akan tulis lanjutannya dalam beberapa posting ke depan. Silakan ditunggu ya.

      • Tentu dengan senang hati saya bisa ajarkan. Kalau pengen belajar bisa ngumpul bareng teman-teman lain. Materi pelatihan sudah ready untuk 4 pertemuan.
        Kapan mau dilaksanakan?

    2. Artikel yang bagus! Kapan saya diajarin, Noer? :-) Berminat ngajarin untuk temen-temen nggak?

    3. Btw, saya link ya.

    4. Firman Nur S says:

      Good artikel pak,
      semoga menjadi ladang amal jariyah dari ilmu yang bermanfaat bagi manusia.
      ditunggu posting berikutnya :)
      sukses selalu.
      terima kasih

      • Thanks Firman, terima kasih atas doanya. Silakan ditunggu posting berikutnya terkait topik ini. Mudah-mudahan saya bisa update secara reguler.

    5. Memang mas Noer ini luar biasa
      Dari dulu sudah memberikan inspirasi untuk orang lain. Nice post mas, bukan baru tapi ditulis dan disampaikan dengan menarik.

      Iya, Imam yang ini adalah alumni Unilever Business Week 2001 :-)

      • @ Imam
        Wah lama dicari-cari ketemunya di blog :)
        Terima kasih atas masukannya Mas. Saya perlu belajar banyak dari blogger senior seperti Mas Imam.

    6. Ira Monellia (Iya') says:

      Aslm Pak.. senang ni.. menguatkan kembali atas pelajaran yang pernah Bapak kasih waktu kuliah.. (Kaya’ sama dosen ajah ye..). pokoknya sukses deh Pak..

    7. GAGUS KETUT says:

      Tulisan Bapak Noer, sangat bermanfaat untuk umat.
      Semoga Gagus bisa mencontoh Bapak Noer.

    8. Wah bagus bener pak tulisannya. Saya jadi bersemangat untuk terus belajar speed reading.

    9. mukhlis nahriri bastam says:

      terima kasih mas noor artikelnya sangat bermanfaat

    10. Agus Salim says:

      Langsung direalisasikan saja Noer, kapan ada waktunya di Jakarta untuk buka kelas? Aku mau ikut

      • Ya nih Mas Agus. Saya sudah sempat bicara hal ini dengan Om Herry. Mungkin baiknya didaftar dulu rekan-rekan Jakarta yang berminat. Nanti kalau ada kesempatan week-end ke Jkt bisa kita lakukan sesi Speed Reading-nya.

    11. masitoh says:

      yth mas Noer

      Saya seorang guru sd yang cukup prihatin dengan minat baca anak-anak didik saya, bisa memberikan pelatihan kan mas tuk mereka ?. Klu bisa kirim e-mail ke alamat saya. Thanks mas Noer

    12. @ Masitoh

      Salam kenal Bu Masitoh. Saya juga dulu seorang pengajar. Saya tidak bisa berjanji dulu, tapi jika memungkinkan tentu bisa diadakan. Silakan bisa hubungi saya via email yang ada di bagian ABOUT ME

      Salam,
      M. Noer

    13. Suryadharma says:

      Waduh mas… saya coba baca.. dan hitung.. durasinya 3 menit:29 detik, anggap 3,5 menit. Jadinya 1400 / 3,5 = 400. Wah wah wah.. masih jauh biar jadi Unbelievable

    14. nasirudin82 says:

      Mas…. kapan saya bisa belajar membaca cepat dengan mas, kalo baca buku saja rasanya kurang mantep gitu! Ditunggu kelas di Jakarta …. kasih tahu ya mas kalo di jakarta buka kelas. tks

      • Salam Mas Nasirudin,

        Saya sedang mempersiapkan training offline dan online untuk Speed Reading ini. Doakan semoga bisa segera selesai kurikulum dan seluruh dokumen pelatihannya ya :)

        Tunggu berita selanjutnya dari blog ini.

    15. tulisannya bagus mas…tapi rada susah juga ya kalo ga sering di praktekin..insyaallah saya praktekin secara koninyu. trisms banget ilmunya.

    16. thank atas ilmunya…sukses selalu…

    17. Waaaah sepertinya saya perlu mencoba ini.
      semoga bermanfaat :)

    18. artikel yang sangat bermanfaat
      semoga saya bisa mempelajarinya sehingga manfaat lebih terasa lagi
      terima kasih pak Noer…..

    19. makasih banyak pak, tulisan-tulisannya sangat membantu saya, semoga menjadi buah surga yang bisa dinikmati kelak, amin.

    20. Biaya utk kursus berapa? Kapan ada kelas baru….

    21. sofinatun says:

      kalau buka kelas di jakarta sy juga mau ikutan.tlg dikabari p nur..

    22. Terima kasih pak ^_^ v

    23. Bermanfaat sekali ini bang materinya :)

    24. Thanks Mas Herry.
      Btw, blog ini sudah saya pindah ke http://www.muhammadnoer.com
      Mohon dikoreksi link-nya ya

    Trackbacks

    1. […] Dalam tulisan sebelumnya, saya telah memberikan pengantar tentang Speed Reading dan secara sekilas membahas hal-hal yang menghambat kecepatan baca seseorang. Dalam tulisan kali ini, saya akan mengulas lebih jauh apa saja hambatan dalam membaca tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum meneruskan membaca posting ini, sebaiknya Anda telah membaca posting sebelumnya yakni Speed Reading: How Fast Can You Read? […]

    2. […] beberapa tulisan sebelumnya saya telah menjelaskan tentang membaca cepat, hambatan-hambatan dalam membaca, cara menghilangkan kebiasaan buruk dalam membaca, serta teknik […]

    3. […] Anda atau mendaftar RSS feed untuk mendapatkan update secara rutin.Powered by WP Greet Box Dalam membaca cepat dikenal teknik skimming dan scanning. Sekilas kedua cara ini sepertinya sama, meskipun sebenarnya […]

    4. […] Jika Anda baru membaca tulisan ini, ada baiknya Anda membaca terlebih dulu tulisan sebelumnya untuk memberikan gambaran umum tentang membaca cepat pada posting Speed Reading – How Fast Can You Read? […]

    5. […] memiliki tujuan untuk apa Anda membaca, maka jangan heran jika tersesat di dalam buku yang dibaca. Tentukan tujuan Anda dalam membaca buku dan camkan baik-baik tujuan tersebut. Jika Anda membaca buku tentang […]

    Speak Your Mind

    *