Tips Mudah Membaca Cepat dan Meningkatkan Kecepatan Baca

Anda ingin membaca lebih cepat dari biasanya?

Berikut saya sajikan beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan baca. Jika Anda melaksanakannya, maka saya yakin kecepatan baca Anda akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Selamat mencoba.

1. Sediakan waktu tiap hari minimal 10 menit untuk membaca apa saja dengan penuh perhatian

Membaca lebih cepat diperoleh dari kebiasaan membaca. Untuk itu paksakan diri Anda untuk menyediakan waktu khusus 10 menit tiap hari untuk membaca apa saja dengan satu catatan: penuh perhatian. Hal ini dilakukan untuk melatih koordinasi antara mata, otak dan konsentrasi. Walaupun hanya menghabiskan waktu 10 menit, dengan konsentrasi tinggi Anda bisa menyelesaikan beberapa artikel atau bahkan puluhan halaman buku. Cobalah!

2. Paksakan diri Anda untuk membaca lebih cepat dari biasanya

Terkadang kita sudah merasa nyaman dengan cara baca saat ini. Untuk itu keluarlah dari comfort zone dan paksakan diri Anda untuk membaca lebih cepat dari biasanya. Apakah kemudian Anda menjadi kurang memahami isi bacaan? Tidak mengapa, pada awal memaksakan diri membaca lebih cepat, akan ada pengertian yang hilang karena sedang terjadi penyesuaian. Lama kelamaan, koordinasi mata, otak dan konsentrasi Anda akan semakin baik dan kecepatan tidak lagi mempengaruhi kurangnya pemahaman isi bacaan, malah bisa memperbaikinya.

3. Hindari kebiasaan buruk dalam membaca seperti gerakan bibir atau vokalisasi

Jika Anda membaca posting sebelumnya tentang Hambatan Dalam Membaca Cepat dan Cara Mengatasinya, maka gerakan bibir dan vokalisasi akan menyebabkan kecepatan baca turun drastis menjadi setara kecepatan bicara. Hindari hal tersebut. Cara mudah untuk mengurangin gerakan bibir dan vokalisasi adalah dengan meletakkan pensil diantara kedua bibir Anda. Jika mulut mulai berbicara, Anda akan merasakan pensil yang jatuh dan ulangi terus sampai kebiasaaan tersebut hilang.

4. Latih kemampuan mengenali ide pokok

Dalam setiap bahan bacaan, selalu ada ide pokok yang menjiwai keseluruhan isi. Ketika Anda membaca, berhenti sejenak dan perhatikan baik-baik judulnya. Coba Anda duga isi tulisan dengan mengandalkan judulnya. Setelah itu mulailah membaca dan kenali ide pokok. Anda akan merasakan kemampuan mengenali poin-poin utama atau ide pokok meningkat. Nantinya Anda bahkan bisa menceritakan kembali tulisan yang Anda baca dengan bahasa Anda sendiri.

5. Jangan pernah mundur kebelakang (regresi)

Seringkali membaca menjadi lambat karena sebentar-sebentar Anda ingin membaca kembali apa yang telah dilewati sebelumnya. Misalkan Anda membaca dua baris pertama dan kemudian mulai membaca baris ketiga. Pada saat itu Anda merasa kurang paham akan isi bacaan mengulang kembali baris pertama dan kedua tadi. Cara ini akan sangat mengganggu kecepatan baca Anda. Paksakan untuk tidak mundur ke belakang dan yakinkan diri kalaupun Anda belum mengerti pasti ada kalimat lanjutannya yang menjelaskan. Kalaupun Anda sangat ingin mundur ke belakang dan mengulang lagi baris-baris sebelumnya, lakukan setelah Anda menyelesaikan bacaan tersebut secara keseluruhan.

6. Cintai kegiatan membaca dan jadikan sebagai kebiasaan

Orang yang hobby membaca secara relatif akan memiliki kecepatan baca jauh lebih baik meskipun tanpa latihan khusus membaca cepat. Mengapa demikian? Dengan rajin membaca, perbendaharaan kosa kata Anda akan semakin kaya. Tidak hanya itu, Anda juga mengetahui lebih banyak hal dan pengetahuan tersebut akan membantu untuk memahami buku atau bahan bacaan yang baru dengan lebih cepat. Dengan rajin membaca Anda juga akan mengenali jenis bacaan yang berbeda dan cara membacanya secara efektif. Misal membaca koran tidak sama dengan membaca novel. Membaca artikel juga berbeda dengan membaca text book yang berat. Semakin terbiasa Anda akan merasakan perbedaannya dan pendekatan yang tepat untuk tiap jenis bahan bacaan. Apakah Anda siap melaksanakan keenam tips sederhana di atas? Mulailah dari sekarang dan rasakan perbedaannya. Untuk teknik-teknik membaca cepat lainnya, dapat Anda temui pada kategori Speed Reading.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. saya sudah mencoba membaca setiap hari surpaya kecepatan membabaca saya bisa ceta but selang beberapa menit membaca mata saya kok suka melek nya terkadang langsung tidur.gimanaya cara mengatasinya.thank you

    • @ain

      Mata yang tertidur setelah beberapa menit biasanya ketika kita kurang konsentrasi dan kurang berminat terhadap bahan bacaaan. Hal ini kadang diperparah dengan kelelahan.

      Untuk membaca dalam waktu yang agak panjang misal 1-2 jam pada awalnya memang ada tahap motivasi naik turun termasuk aspek mengantuk tadi. Tapi setelah fase tertentu (kurang lebih setengah jam pertama) konsentrasi mulai membaik dan minat terhadap bacaan meningkat, maka rasa mengantuk maupun mata yang tiba-tiba tertutup akan menghilang.

      Tipsnya adalah bangkitkan motivasi sebelum mulai membaca. Tanyakan pada diri Anda apa yang ingin dipahami dari bahan bacaan dan mengapa bahan tersebut penting bagi Anda.

      Semoga membantu.

  2. Hehehe…. Moga aja bisa jadi kutu bukuer!!! :D

  3. Makasih banyak mas atas artikelnya ^_^

  4. MAZ MACAM says:

    Yang saya maksud adalah membaca ABC atau lebih tepat Metode Mengenal Huruf dan belajar membaca CEPAT

  5. Hari F Day says:

    Thx banget buat info nya mas… jujur blog mas udah nambah pengetahuan saya tentang bagaimana tips baca yang efektif… mudah2an share artikelnya menjadi berkah :)

  6. Stefanus says:

    Terimakasih banyak….. semua kelemahan saya dalam membaca terjawab oleh artikel ini….. ^_^ thank___You… Succes,,…

  7. zurrahman says:

    saya suka membaca, tapi tidak sering karena cepat bosan, terkadang kalau membaca hari ini dalam waktu lama, besoknya ada kemauan untuk membaca tapi lebih besar malasnya daripada kemauan,, mudah2an dengan tips dari ikhwan M. Noer bisa merubah saya untuk rajin membaca.
    ijinkan saya untuk mengkopi artikelnya ya..
    zurrahman, Aceh

Speak Your Mind

*