Teknik Dasar Membaca Cepat: Mengenali Kata dan Gerakan Mata

UPDATE:

Ada dua video seri Membaca Cepat yang terkait dengan tulisan ini yakni:

Video 7 – Teknik Membaca Cepat: Membaca Beberapa Kata Sekaligus

Video 8 – Teknik Membaca Cepat: Bagaimana Mempercepat Gerakan Mata


Membaca cepat adalah keterampilan yang bermanfaat untuk dimiliki semua orang. Dalam posting sebelumnya, saya telah membahas hambatan dalam membaca cepat dan cara mengatasinya. Anda dapat membacanya di sini.

Jika Anda baru membaca tulisan ini, ada baiknya Anda membaca terlebih dulu tulisan sebelumnya untuk memberikan gambaran umum tentang membaca cepat pada posting Speed Reading – How Fast Can You Read?

Selanjutnya saya akan membahas dua teknik dasar dalam membaca cepat yakni:

  • Menangkap dan mengenali kata
  • Mempercepat gerakan mata

Mari kita bahas satu per satu. 

1. Menangkap dan mengenali kata

Dalam proses membaca, mata bertindak sebagai indra yang menangkap kata-kata dalam bahan bacaan. Kata-kata tersebut kemudian dikirim ke otak untuk dikenali sebagai sebuah kosa kata, kelompok kata, maupun pemahaman sebuah kalimat.

Ternyata otak manusia mampu memproses kata-kata dengan baik bahkan ketika urutannya dibolak-balik. Coba Anda simak teks berikut:

Kmaemuapn mbecmaa cpeat trkeiat eart dngean kmaemuapn mngelnaei ktaa. Mnuasia mngenelai breabgai ktaa lweat bkuu dan tlisaun ynag dbiacaayn. Ktaa-ktaa tbuesret dsimiapn dlaam mmorei oatk dan aakn dinalkei lbeih cpeat ktikea dtemuikan kmblaei pdaa baahn baacan ynag brau.

Libeh habet lgai tnyatera uturan ktaa tdiak tlaleru ptineng aslaakn psoisi hruuf preatma dan trekahir tdiak bruebah. Adna hnaya ckuup mngelnaei hruuf preatma dan trekahir tdai kmeduian dnegan kmemapaun laur baisa aakn mngeanilnya sbegaai sbeauh ktaa spereti ynag Adna bcaa skeranag. Ini mneuurt rsiet ynag prenah dlikaukan Uinvertisas Cmabrigde, Ingrigs.

Sekarang bandingkan dengan teks aslinya

Kemampuan membaca cepat terkait erat dengan kemampuan mengenali kata. Manusia mengenali berbagai kata lewat buku dan tulisan yang dibacanya. Kata-kata tersebut disimpan dalam memori otak dan akan dikenali lebih cepat ketika ditemukan kembali pada bahan bacaan yang baru.

Lebih hebat lagi ternyata urutan kata tidak terlalu penting asalkan posisi huruf pertama dan terakhir tidak berubah. Anda hanya cukup mengenali huruf pertama dan terakhir tadi kemudian dengan kemampuan luar biasa akan mengenalinya sebagai sebuah kata seperti yang Anda baca sekarang. Ini menurut riset yang pernah dilakukan Universitas Cambridge, Inggris.

Apa yang Anda rasakan ketika membaca kedua teks tadi? Kebanyakan orang tidak akan mengalami kesulitan berarti untuk membaca teks pertama. Mungkin kecepatannya akan lebih lambat karena teks tersebut dibolak-balik. Walaupun demikian teks tersebut masih cukup mudah dibaca dan dikenali sebagai kosa kata yang telah kita kenali sebelumnya.

Tulisan yang dibolak-balik tadi sekaligus menjadi bukti bahwa Anda mampu membacanya. Inilah prinsip yang akan kita gunakan dalam membaca cepat yakni mengenali kata demi kata dengan kecepatan tinggi sehingga Anda bisa terus berpindah ke kata berikutnya sambil membangun pemahaman dan konteks bahan bacaan.

Dalam membaca cepat kemampuan mengenali kata adalah dasar. Ketika Anda melihat sekumpulan huruf lewat mata dan mengirimkan ke otak, maka akan ada proses pengenalan terhadap kata-kata tersebut terlebih jika Anda pernah mengenal kosa kata tersebut sebelumnya. Itu mengapa orang yang rajin membaca memiliki kecepatan yang relatif lebih cepat dibandingkan orang yang jarang baca karena kekayaan kosa kata yang telah dimiliki sebelumnya. Dalam teknik membaca cepat, kita akan melatih kecepatan mengenali berbagai kosa kata tersebut.

Berikut latihan yang dapat Anda lakukan. Coba lihat tulisan pada kolom pertama (paling kiri) kemudian temukan kata yang sama pada 4 kolom berikutnya. Lakukan proses ini dengan cepat dan sekali lirik. Semakin cepat dan akurat Anda mengenalinya berarti semakin cepat pula kemampuan asosiasi Anda terhadap kata-kata tersebut.

1. Latihan mengenali kata

latihan_kata

Lakukan latihan tersebut dengan cepat. Rasakan mata Anda berpindah cepat dari kolom acuan ke kolom yang harus ditemukan.

2. Latihan mengenali kelompok kata

Latihan kedua adalah mengenali kelompok kata (frasa). Anda telah mengenal kata-kata ini sebelumnya. Sama seperti latihan sebelumnya lakukan dengan cepat untuk menemukan frasa yang sama pada kolom pertama di ketiga kolom lainnya.

latihan_frasa

Latihlah kedua hal di atas sampai Anda dapat mengenali dengan cepat sebuah kata dan kelompok kata (frasa). Dengan demikian, ketika proses membaca cepat dilakukan, pengenalan kata tidak tertinggal. Ibarat seorang pembalap, meskipun berkendara dengan kecepatan tinggi, Anda tetap awas atas apa-apa yang ada di depan, kiri dan kanan.

Kedua latihan di atas dapat Anda download dalam versi PDF di latihan-mengenali-kata-dan-frasa

2. Latihan Mempercepat Gerakan Mata

Setelah Anda melatih kecepatan mengenali kata dengan akurat, sekarang kita akan mulai berlatih mempercepat gerakan mata. Dalam proses membaca seseorang melakukannya dengan menangkap kata per kata atau bahkan suku kata per suku kata.

Perhatikan contoh berikut. Inilah yang biasanya dilakukan banyak orang ketika membaca.

fiksasi-1b

Tidak hanya itu kadangkala proses membaca bisa menjadi jauh lebih lambat jika ada proses mengeja per suku kata. Ini yang biasanya dilakukan ketika seorang anak mulai belajar membaca.

fiksasi-3

Dalam membaca cepat kita akan melatih menangkap dua, tiga, empat atau bahkan lima kata sekaligus sehingga mempercepat proses pembacaan.

fiksasi-2b

Ini adalah yang saya lakukan ketika berlatih membaca cepat sekitar tahun 1997 dulu. Caranya adalah dengan membuat garis lurus vertikal di buku atau bahan bacaan. Dengan demikian, keseluruhan teks akan terbagi menjadi beberapa bagian. Cara ini baik dipakai untuk melatih membiasakan mata melihat sekelompok kata sekaligus.

Perhatikan contoh tulisan berikut yang diberi garis putus-putus sehingga membaginya menjadi empat kelompok. Untuk tulisan lengkap dapat Anda download di sini dalam format PDF.

tulisan_4_fiksasi

Sumber: Republika, Rabu, 28 April 2004
Penulis: Yuswohady, Chief of Corporate & Strategy Practice MarkPlus&Co

Cara membacanya adalah paksakan mata Anda mengikuti kelompok yang dibuat oleh garis tadi. Dengan demikian, ketika pada baris pertama, Anda akan membaca kata “fenomena pria” sekaligus pada kolom pertama, kata “metroseksual yang kini” pada kolom kedua, kata “melanda seluruh dunia” pada kolom ketiga, dan kata “termasuk di kota-kota” pada kolom keempat. Lakukan hal yang sama pada baris-baris berikutnya.

Dengan cara ini, Anda akan memaksa mata melihat kelompok kata sesuai lebar garis yang Anda tentukan. Lakukan pergerakan tersebut dengan berirama sampai Anda terbiasa dengan pola 4 kali melihat dalam satu baris. Selanjutnya jika Anda sudah merasa mantap, jangkauan bisa diperlebar dengan melihat 3 kali dalam satu baris. Lakukan terus menerus sampai Anda dapat membaca dengan pola seperti itu tanpa perlu dibantu garis.

Sampai nantinya Anda bisa melakukannya dalam 2 kali lihat per baris atau bahkan beberapa orang bisa membacanya cukup 1 kali lihat perbaris. Cukup menantang bukan?

Contoh berikut ini mirip seperti tadi, bedanya tulisan dibagi dalam tiga kelompok saja. Artinya Anda harus mampu menangkap lebih banyak kata sekaligus dalam setiap kali pergerakan mata. Untuk tulisan lengkap dapat Anda download di sini dalam format PDF.

tulisan_3_fiksasi

Sumber: Republika, Rabu, 23 April 2003
Penulis: Mamang Pratidina

Semakin Anda konsisten melakukan latihan tersebut, maka secara bertahap Anda juga telah melatih otot-otot mata untuk bergerak dengan cepat dan teratur. Hal ini secara perlahan akan meningkatkan kecepatan baca sampai Anda menemukan kecepatan yang dirasakan pas.

Dalam kesempatan berikutnya, saya akan menjelaskan cara-cara melatih pergerakan mata ini agar bergerak lebih cepat, teratur dan berima. Dengan demikian proses pembacaan cepat akan menjadi lebih alami dengan tingkat pemahaman yang tinggi.

Selamat berlatih menjadi pembaca cepat. Anda punya pengalaman atau pendapat tentang hal ini? Silakan berbagi pengalaman.

File Latihan:

UPDATE:

Ada dua video seri Membaca Cepat yang terkait dengan tulisan ini yakni:

Video 7 – Teknik Membaca Cepat: Membaca Beberapa Kata Sekaligus

Video 8 – Teknik Membaca Cepat: Bagaimana Mempercepat Gerakan Mata

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. muhammad says:

    ternyata para sahabat nabi itu memiliki kecepatan baca yang sangat tinggi buktinya menghatamkan alquran dalam sebulan lebih 30 kali, begitu pula para ulama diantaranya imam syafiie mampu khatam 30kali dalam sebulan.kira kira KPM-nya berapa ya? saya yakin ini melebihi kecapatan baca john f kenedy.

    • muhammad says:

      yang benar imam syafiie adalah 60 kali khatam alquran dalam sebulan.dasyat man.

  2. bisa menambah ilmu pengetahan…..dan aku juga di suruh PR buat kata teknik cara membaca cepat

  3. Pak, izin download ya? untuk tambahan referensi, terima kash

  4. Apakah saya bisa memperoleh telpon untuk mendaftarkan kursus atau dimanakah saya dapat mendaftarkan diri pada kursus Membaca Ceepat. Terima kasih.
    Salam,
    DonoNN

    • Salam Mas Dono,
      Pendaftaran akan dibuka pada tanggal 5 Oktober 2011. Seluruh informasi lengkap tentang kursus online dan mekanisme pendaftarannya akan dijelaskan.
      Jika tertarik untuk sementara bisa daftar di VIP Notification list http://www.membacacepat.com/daftar/

      Sampai bertemu di member area bersama ratusan peserta yang sudah bergabung lebih dulu.

  5. Muhammad Taqiuddin says:

    Saya sudah selesai membaca e-book speed reading. Ianya banyak membantu saya membaca dengan lebih cepat bila saya latih diri saya membaca seperti yang disaran dalam e-book tersebut. Namun bila saya baca dengan cepat saya kurang memahami kandungan yang saya baca. bagaimana mengatasi hal tersebut?

    • Pada proses awal belajar membaca cepat memang akan terasa kita kurang memahami. Namun ini adalah proses pembiasaan sampai otak dan mata kita terbiasa berkoordinasi dengan kecepatan tinggi. Setelah melewati tahap tersebut, dengan membaca cepat pemahaman malah akan lebih baik dibanding ketika membaca lambat. Untuk itu saran saya terus dilatih sampai terbiasa.

  6. Salam kenal, Mas Noer terima kasih atas ebook “Speed Reading” nya. Saya sudah baca semuanya, latihannya juga enak dan mudah diikuti mudah-mudahan dapat meningkatkan kecepatan baca saya. Tks juga atas diperbolehkannya menyebarkan ebook tersebut, semoga saja dengan tersebarnya ebook ini masyarakat kita menjadi pembaca yang baik. Sepertinya di sekolah kita perlu juga ada kurikulum membaca cepat…jadi guru atau dosen bukan cuma bisa nyuruh baca tanpa memberikan bagaimana cara membaca yang efektif dan efisien…Sekali lagi terima kasih banyak, sukses Mas Noer!

  7. RISNANTO says:

    Mas saya mau tanya bagaimana membimbing anak kelas VII yang kesulitan membaca dia kesulitan membaca kalau menemukan kata menggunakan dua konsonan berurutan macet membacanya terima kasih bantuannya

  8. membaca cepat.. itu bagus.. saya pun bisa melakukannya.. tapi yang jadi persoaalan adalah.. ketika membaca cepat, materi yang saya baca sulit saya tangkap, caranya untuk mengatasi hal tersebut bagaimana ya..? thanks

  9. Hilal Uchihagami says:

    cara meningkatkan aspek kognitifnya gmn maS..?

    btw Thanks for ..E-booknya..

    semoga negara ini jadi lebih baik

  10. papa xena says:

    Alhamdulillah.. suatu pencerahan lagi dalam belajar, insylaAllah dg ilmunya ini membaca mnjadi kegiatan yg mudah dan menyenangkan.
    terimakasih kang Muhammad Noer :)

  11. ternayata bukan hanya mata yang terlatih tapi cara cepat anda menyebut kosa kata juga mempengaruhi kecepatan anda dalam membaca dan terimakasih buat admin alhamdullilah saya sudah sedikit paham terimkasih sekali lagi dan sukses selalu for admin and friend

  12. Mantap, membagi ilmu adalah ibadah, double thumb!

  13. terimakasih informasi yang disampaikan

  14. thanks telah berbagi ilmu, semoga bisa membaca cepat dan menggemari membaca lebih lagi

    • saya sudah membaca ebook membaca cepat stelah sebelumnya mebaca buku lain tentang speed reading. sepertinya sama dengan yg direferensi anda yg membaca efektif. kecepatan membaca saya sekarang di kisaran 540 kpm

      tapi masalah saya,ketika saya baca cepat itu ,cenderung ada yg dilupakan,sehingga terpaksa regresi..

      apalagi sekarang saya pakai belajar baca materi kuliah.saya kesulitan melakukan “speed reading” untuk proses belajar

      apa yang harus saya lakukan??

Trackbacks

  1. [...] Teknik Dasar Membaca Cepat: Mengenali Kata dan Gerakan Mata [...]

  2. [...] Langkah Membaca Cepat Teknik Dasar Membaca Cepat: Mengenali Kata dan Gerakan Mata Hambatan Dalam Membaca Cepat dan Cara [...]

  3. [...] cepat dilakukan dengan mengenali beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat. Jika kebanyakan orang membaca kata per kata, maka usahakan agar Anda membaca [...]

  4. [...] cepat dilakukan dengan mengenali beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat. Jika kebanyakan orang membaca kata per kata, maka usahakan agar Anda membaca [...]

  5. [...] Teknik Dasar Membaca Cepat: Mengenali Kata dan Gerakan Mata [...]

Speak Your Mind

*