Cara Mudah Menabung Secara Rutin

Pernahkah Anda berniat untuk menabung tapi selalu merasa kesulitan menjalankannya?

Apakah Anda merasa memiliki pendapatan yang cukup tapi tidak pernah bisa menabung secara rutin?

Apakah Anda telah berusaha menyisihkan sejumlah dana untuk ditabung tapi akhirnya dana tersebut terpakai lagi dan niat menabung pun menjadi gagal?

Jika Anda menjawab ya pada salah satu pertanyaan di atas, maka Anda perlu menyimak tulisan berikut.

Menabung secara rutin menjadi tantangan bagi setiap orang. Banyak orang yang memiliki pendapatan cukup besar tapi kesulitan untuk menyisihkan uang guna ditabung. Sementara ada orang yang berpenghasilan relatif lebih kecil namun mampu menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

Berikut adalah cara mudah agar Anda dapat membiasakan diri menabung:

1. Segera menabung setelah Anda menerima penghasilan

Ya, begitu Anda gajian, menerima komisi, menerima honor atau apapun bentuk penghasilan Anda, segera sisihkan sebagian untuk ditabung. Cara ini menghindarkan Anda dari menunda menabung dan memastikannya sebagai sebuah prioritas.

2. Pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan

Agar menabung dapat berjalan efektif dan Anda dapat memonitor perkembangannya, pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan. Rekening tabungan dapat Anda buat pada bank yang sama sehingga tidak perlu membayar biaya transfer untuk menabung. Saya juga menyarankan untuk tidak membuat kartu ATM untuk rekening tabungan Anda. Dengan demikian, uang yang sudah masuk sebagai tabungan tidak akan dengan mudah diambil sehingga menghindari Anda tergoda dan menghabiskan kembali uang yang sudah susah payah ditabung. Jangan menggabungkan rekening tabungan dengan rekening belanja karena akan berakibat Anda kebingungan berapa jumlah yang sudah ditabung dan berapa jumlah yang boleh dibelanjakan.

3. Tentukan sejumlah uang yang ingin Anda tabung

Berdasarkan penghasilan Anda saat ini, tentukan nilai tabungan yang wajar yang dapat Anda lakukan. Sebagai panduan angka 10% adalah minimum yang berarti Anda menyisihkan sejumlah tersebut untuk tabungan. Jika Anda masih bujangan dan tidak memiliki pengeluaran lain yang cukup besar. Angka persentase ini dapat ditingkatkan sampai 30% atau bahkan 40% dari gaji. Dengan sisa 60% lainnya Anda masih akan dapat membiayai kebutuhan reguler dan sedikit bersenang-senang dengan penghasilan Anda. Dalam perencanaan keuangan pribadi, buat budget untuk tabungan reguler ini dan lakukan secara tertib.

4. Anggap tabungan sebagai pengeluaran dan lupakan

Setelah Anda menentukan sejumlah uang yang ingin Anda tabung setiap bulan, maka anggap jumlah tersebut sebagai pengeluaran wajib setiap bulan dan setelah segera lupakan setelah Anda melakukannya. Secara mental ketika mengganggap tabungan sebagai pengeluaran maka Anda akan dapat melakukannya dengan tertib dan rutin sebagai sebuah kewajiban. Dengan melupakan bahwa Anda telah menabung akan menghindari Anda berpikir bahwa ada kelebihan dana di tabungan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan.

5. Atur budget Anda dan tabung setiap kelebihan di akhir bulan

Jika Anda sudah menerapkan penyusunan budget bulanan, maka pada akhir bulan periksa budget Anda. Jika ada kelebihan dana, maka simpan kelebihan tersebut sebagai tambahan tabungan bulan berjalan.

6. Secara bertahap naikkan persentase uang yang akan Anda tabung

Setelah Anda terbiasa dengan pola menabung secara rutin, maka Anda bisa menaikkan nilai persentase penghasilan yang ditabung misalnya dari 10% ke 20%, 30% dan seterusnya. Cara ini akan semakin memperbesar jumlah yang ditabung dan menjadikan Anda orang yang lebih hemat.

7. Jangan pernah menabung mengandalkan “jika masih ada sisa”

Jika Anda mengandalkan sisa uang dari penghasilan setelah dipakai berbagai keperluan untuk ditabung, maka kemungkinan besar tidak akan ada sisa. Kalaupun ada, biasanya jumlahnya sangat kecil dan tidak sebanding dengan penghasilan Anda.

Demikian beberapa cara mudah menabung yang dapat saya share kepada Anda. Kesalahan banyak orang dalam menabung adalah mengandalkan sisa dana yang tersisa untuk kemudian ditabung jika masih tersisa. Percayalah, jika Anda melakukannya dengan cara tersebut, tidak akan pernah ada sisa sisa uang yang dapat ditabung dan Anda pun tak akan pernah mulai menabung.

Godaan untuk menggunakan dan menghabiskan uang sangat besar sehingga perlu suatu tekad yang kuat dengan cara menabung di depan, segera setelah Anda mendapatkan penghasilan.

Selamat menabung demi kebutuhan hari depan.

Anda punya tips lainnya dalam menabung? Silakan sampaikan pendapat Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. Formula 1234, 10% penghasilan untuk amal, 20% penghasilan untuk ditabung, 30% penghasilan untuk investasi dan pengembangan diri, 40% penghasilan untuk konsumsi/kebutuhan sehari-hari.

  2. Terima kasih Bu Anna atas tips dan formula-nya.

  3. sigh…emang perlu usaha untuk saving.sekarang aja masih bingung bikin pembukuannya..apalagi saving.any tips untuk keuangan di 2 kota ga mas?perlu niy…

  4. Tips sederhananya adalah mulai mencatat. Mungkin belum ada perencanaan, tapi setiap pengeluaran dicatat dulu. Nanti akan ada pola yang muncul.

  5. Mas..makasih sharenya, ijin copy paste ya untuk dimasukkan keblog ku
    biar tambah manfaatnya :)

  6. Silakan Mbak Umi. Jangan lupa dilink ke URL aslinya juga ya.

  7. thanks tipsnya..bisa buat sharing bareng istri

  8. Terima kasih tipsnya. Jadi termotivasi untuk terus menabung. Salam sukses.

  9. Sebetulnya kuncinya ada kemauan (niat) & disiplin yang kuat. Sisihkan uang Rp. 100.000 (Setiap Bulannya) jangan lihat kecilnya nominal kita menabung, tapi lihat hasilnya 5 tahun kemudian. Selain itu mulailah berlatih untuk hidup hemat, hidup sederhana dan hidup apa adanya. Saya sudah mencobannya (walaupun awalnya sangat berat dan perlu perjuangan yang kuat…)… ALHAMDULLILAH…. Semua ada HASILNYA….

  10. thanks for sharing mas, sangat bermanfaat buat kita yang susah menabung :D

    salam,
    http://tokokeripik.multiply.com

  11. salju hati sinaga says:

    thanks ya!!!
    sy akn mulai menabung deh!!

  12. neti herawati says:

    wah makasih tipsnya…tipsnya mbak ana 1234 ok juga, insya Allah barokah harta kita…karena kekayaan tidak hanya sekedar mengandalkan logika matematika…

  13. masya Allah, bagus banget mas tips menabungnya.
    terima kasih banyak ya.
    :)

  14. salam kenal, artikel yang bagus, menabung adalah merupakan pendisiplinan diri untuk hidup hemat, sukses untuk kamu

  15. Eko sehati says:

    Selamat mencoba

  16. Yasirman Hassan says:

    Assalamu’alaikum wr.wb. oke artikel sudah saya baca, langkah selanjutnya adalah “action”. trimakasih mas Noer

  17. Nice…thanks tipsnya mas noer :)

  18. I like this article…sukses dah buat mas Noer :)

  19. Noorzef_Wan says:

    T’kasih… Ilmunya begitu bermanfaat mas…

  20. Tips Sederhana Menabung Saya…
    1. Suruh Ayah/Ibu untuk menyimpan uang tabungan saya.
    2. Tabunglah Rp.7000/hari kepada mereka.
    3. Setelah 1tahun, mintalah ibu/ayah untuk membelikan Laptop menggunakan uang tabungan kita itu…
    Hahaha,… :D

  21. ibnu hajar says:

    Dear Bang Muhammad Noer

    saya ingin membuat susunan presentasi mengenai membuat suatu procjet atau suatu perencanaan pekerjaan misalnya membuat menara
    saya harus mulai dari mana tolong diuraikan

    terima kasih

    ibnu hajar

  22. Tipsnya cukup menarik. Saya akan mulai mencobanya. Syukron,

    Haris eF

  23. Retta T. says:

    Thanks yach buat tipsnya,aku akan nyobain

  24. Sory ya sblum bagus top . Ya saran saya jangan ada hutang juga . Tnks

Trackbacks

  1. [...] bisa bertahan dengan gaya hidup sebelumnya, maka itulah yang akan dilakukan. Selisihnya bisa untuk menabung dan membantu anggota keluarga lain yang [...]

Speak Your Mind

*