Mind Map tentang Mind Mapping

Ada sebuah Mind Map yang sangat menarik saya temukan di situs iqmatrix.com. Mind Map yang dibuat oleh Adam Sicinski ini menjelaskan dengan sangat lengkap apa itu Mind Mapping mulai dari definisi, manfaat, cara penggunaan, proses, dan panduan penggunaannya.

Jika Anda telah membaca posting saya sebelumnya tentang Teknik Mencatat Kreatif Dengan Mind Mapping, maka kali ini saya ingin menjelaskan isi dari Mind Map buatan Adam tersebut. Isi kedua tulisan masih memiliki kemiripan. Bedanya kali ini saya akan menggunakan contoh aktual sebuah Mind Map yang mampu menjelaskan suatu topik secara komprehensif. Contoh ini sekaligus menggambarkan aplikasi Mind Mapping untuk membuat catatan kompleks yang lengkap, padat, mudah diingat, dan Insya Allah bisa bertahan sampai tahunan.

Perhatian, tulisan ini cukup panjang. Untuk menghindari kebosanan Anda, saya menggunakan banyak gambar untuk membantu penjelasannya tahap demi tahap. Jadi siapkan diri dan waktu Anda untuk membaca tulisan ini dari awal sampai akhir.

Perhatikan Mind Map berikut:

How-to-Mind-Map

Dari Mind Map tersebut, kita melihat 5 cabang utama yang menjelaskan tentang:

  • Definisi Mind Map
  • Manfaat menggunakan Mind Map
  • Aplikasi penggunaan Mind Map dalam berbagai keperluan
  • Proses membuat Mind Map
  • Aturan atau panduan dalam membuat Mind Map

Mari kita bahas satu persatu.

How-to-Mind-Map-mainbranch-clean

Definisi Mind Map

How-to-Mind-Map-definition-clean Mind Map adalah sebuah metode untuk mengelola informasi secara menyeluruh. Secara lengkap Mind Map dapat digunakan untuk:

  • menyimpan informasi
  • mengorganisasikan informasi
  • membuat prioritas
  • belajar memahami informasi dalam konteksnya
  • melakukan review atas sebuah materi pembelajaran
  • mengingat informasi secara lengkap

Agar dapat memenuhi fungsi-fungsi di atas maka informasi dalam Mind Map disajikan dengan cara menggabungkan kata dan gambar. Kata yang dipilih merupakan kata kunci (keyword) yang dapat memberikan efek stimulasi baik dalam logika berpikir maupun secara emosional. Sedangkan gambar yang dipilih disesuaikan dengan asosiasi terhadap kata kunci sehingga berfungsi mengaktifkan kelima indra dan kreativitas. Lewat penggunaan gambar, informasi yang dicatat seolah-olah bisa didengarkan, disentuh, dirasakan, dicium dan dilihat.

Seseorang yang membuat catatan Mind Map dengan baik bisa saja lupa dengan kata kunci yang dia tuliskan. Tapi dia tidak akan pernah lupa dengan gambar yang dibuat. Gambar ini mampu membangkitkan indra sehingga memberi stimulus dan asosiasi untuk setiap kata kunci yang dicatat beserta seluruh penjelasannya. Tidak cukup sampai di situ, Mind Map juga dapat menjelaskan hubungan antara satu persoalan dengan persoalan lainnya baik dalam hal perbandingan, tingkatan, keterkaitan, dan relasi lainnya.

Manfaat Menggunakan Mind Map

How-to-Mind-Map-benefit-clean Ada banyak sekali manfaat yang didapatkan dengan mencatat menggunakan Mind Map. Pertama adalah Mind Map mampu meningkatkan kapasitas pemahaman dengan cara:

  • Melihat gambaran besar suatu persoalan sekaligus melihat informasi secara detail
  • Mengingat informasi yang kompleks lebih mudah. Informasi tersebut telah dikelompokkan sesuai dengan cara seseorang mengingat termasuk hubungannya dengan subjek yang sama atau berbeda.
  • Mengatasi informasi yang membludak karena telah ditata dan dikelompokkan sedemikan rupa. Secara mental hal ini juga membuat seseorang lebih terorganisir dan runtut dalam memahami sebuah persoalan.

Kedua Mind Map juga meningkatkan kemampuan seseorang dalam berimajinasi, mengingat, berkonsentrasi, membuat catatan, meningkatkan minat sekaligus mampu menyelesaikan persoalan. Hal ini dicapai karena Mind Map mengajarkan untuk melihat persoalan secara keseluruhan dan melihat hubungannya satu sama lain. Ini yang paling sulit dilakukan dalam catatan konvensional. Tidak hanya itu, dengan catatan ini maka manajemen belajar pun menjadi lebih mudah. Informasi baru dapat ditambahkan, dihubungkan, dan diasosiasikan kapan saja dengan informasi yang sudah ada sebelumnya.

Manfaat Ketiga dari Mind Map adalah merangsang sisi kreatif seseorang lewat penggunakan garis lengkung, warna dan gambar. Ini membuat sebuah catatan sekaligus menjadi karya seni yang indah. Secara mental akan memudahkan kita untuk mengingatnya. Mind Map akan merangsang kemampuan membandingkan informasi yang ada baik berupa fakta, ide termasuk data statistik.

Manfaat Keempat dari Mind Map adalah membantu seseorang membuat catatan yang menarik dalam waktu singkat. Selain itu, catatan ini mampu membuka pemahaman yang baik dan sisi kreatif dengan merangsang munculnya ide-ide dan insight baru, bahkan pada saat membuat catatan itu sendiri. Mind Map dapat pula menjelaskan sebuah tujuan, rencana, ide, maupun pemikiran secara jelas dan terstruktur.

Aplikasi penggunaan Mind Map dalam berbagai keperluan

How-to-Mind-Map-uses-clean Mind Map dapat digunakan secara luas baik untuk keperluan sekolah, pekerjaan dan keseharian kita.

Aplikasi di sekolah dapat digunakan untuk belajar bahasa dan tata bahasa, mempersiapkan sebuah tugas penulisan atau essay, melakukan brainstorming, dan pemecahan masalah (problem solving). Dengan Mind Map, pekerjaan di atas menjadi lebih mudah dilakukan.

Penggunaan lain di sekolah adalah membantu siswa berpikir secara kreatif sekaligus kritis, mengingat dengan baik materi pelajaran di kelas, memahami buku yang dibaca, dan penugasan lain yang diberikan. Satu hal yang penting adalah Mind Map dapat membantu siswa mempersiapkan presentasi dengan cara mengembangkan ide-ide pemikirannya.

Aplikasi Mind Map di tempat kerja juga sangat beragam diantaranya:

  • Membuat perencanaan bisnis terkait penjualan, pemasaran, maupun penyusunan strategi.
  • Bagi seorang pemimpin, Mind Map sangat membantu untuk menyusun naskah pidato, ceramah ataupun materi yang akan disampaikan secara langsung kepada banyak orang.
  • Mengorganisir sebuah proyek kecil atau besar, termasuk mengorganisir pertemuan (meeting) dengan menetapkan tujuan, agenda, dan poin-poin utama yang akan dibahas.
  • Buat orang yang berhubungan dengan orang banyak, Mind Map dapat difungsikan untuk mengatur networking, menyusun daftar klien, dan pendekatan untuk masing-masing klien.
  • Membuat strategi wawancara, termasuk didalamnya menyusun aspek-aspek utama yang ingin diketahui dari seorang kandidat.
  • Menyusun rencana penelitian atau riset dan berbagai kegiatan bisnis lainnya.

Adapun Aplikasi Mind Map dalam kehidupan sehari-hari bisa digunakan untuk mencatat dan melacak acara-acara penting, merencanakan keuangan, liburan, mencatat diary harian, menetapkan target pribadi, dan mengatur waktu serta acara yang Anda persiapkan.

Proses membuat Mind Map

How-to-Mind-Map-process-clean Membuat Mind Map cukup mudah dan sederhana. Walaupun demikian, diperlukan pembiasaan sampai Anda merasa nyaman menggunakan teknik mencatat seperti ini. Awalnya mungkin terasa aneh menggambar garis, gambar dan menambahkan tulisan yang bercabang-cabang. Seiring dengan waktu, Anda akan dapat melihat betapa berharga dan powerful-nya catatan ini.

Anda membutuhkan sebuah kertas polos untuk Mind Map. Jangan gunakan kertas bergaris karena akan mengganggu. Gunakan kertas HVS putih bersih ukuran A4. Dengan demikian, Anda punya keleluasaan untuk membuat berbagai cabang dan menambahkan gambar.

Gambarlah tema dari catatan di tengah-tengah dan beri judul. Selanjutnya tentukan cabang-cabang utama yang menyebar dari tengah sebagai penjelas tema besar tadi. Gunakan garis-garis lengkung sebagai cabang. Menurut para ahli, penggunaan garis lengkung merangsang sisi kreativitas dan otak kanan. Dari cabang utama, gambarkan cabang-cabang pendukung yang menyebar keluar.

Jika masih dibutuhkan, tambahkan cabang-cabang lainnya. Ada saatnya di mana antar cabang yang berbeda memiliki kaitan. Jika hal itu terjadi, maka Anda dapat membuat hubungannya satu sama lain.

Jangan lupa, ingat kembali panduan utama Mind Map yaitu: Gunakan KATA KUNCI dan GAMBAR. Dengan cara ini akan terbentuk asosiasi yang baik. Pilihlah kata kunci dan gambar yang paling sesuai dengan Anda. Sesuatu yang langsung Anda ingat dengan cepat. Karenanya, kata kunci dan gambar yang digunakan seseorang bisa sangat berbeda dari orang lain meskipun sedang mencatat topik yang sama dari sumber yang sama.

Aturan/Panduan Menggunakan Mind Map

How-to-Mind-Map-rules-clean Saya sebenarnya kurang suka menggunakan kata aturan karena terkesan mengikat dan kaku. Padahal Mind Map adalah catatan yang kreatif. Agar lebih bersahabat saya menyebut bagian ini sebagai panduan menggunakan Mind Map dengan baik agar dapat memenuhi fungsinya yang disebutkan di atas.

Inti dari Mind Map adalah terbentuknya asosiasi. Mind Map yang baik akan selalu menggunakan kata kunci dan gambar. Untuk memperkuat aspek kreativitas dan merangsang daya ingat yang kuat perlu digunakan warna yang beragam. Ini berguna untuk membedakan antar penjelasan yang satu dengan yang lain. Selain itu dapat pula ditambahkan kode-kode tertentu sesuai kenyamanan pembuat Mind Map apakah berupa simbol atau bentuk-bentuk tertentu seperti kotak, lingkaran, segitiga, dan lain-lain.

Karena Mind Map dibuat dan digambar secara bebas, maka dapat digunakan untuk memberi penekanan tertentu untuk membedakan mana inti topik dan mana penjelasannya. Termasuk bisa dibedakan tingkat kepentingan antar informasi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan hirarki berupa huruf atau angka. Beberapa orang memberikan nomor untuk setiap cabang utama Mind Map-nya. Sebagian lain menggunakan hirarki yang menunjukkan urutan dari penjelasan.

Cara memberi penekanan terhadap informasi tertentu dapat pula dilakukan dengan membuat variasi huruf baik font maupun ukuran (size). Termasuk di dalamnya memberi penekanan dengan gambar atau garis. Dengan cara ini, maka penekanan atas suatu subjek tidak hanya menyentuh aspek logika berpikir, melainkan pula kelima panca indra lainnya. Bayangkan jika informasi bisa dirasakan oleh seluruh indra, akan sulit sekali untuk terlupa.

Selain aspek asosiasi dan penekanan, Mind Map juga berfungsi memberi kejelasan atas informasi yang dicatat dengan menggunakan batasan area, penggunaan garis, termasuk penggunakan huruf yang berbeda-beda.

Demikianlah penjelasan saya dari Mind Map Adam Sicinski yang menjelaskan tenatng Apa Itu Mind Mapping. Tentunya penjelasannya bisa lebih panjang lagi jika dijelaskan oleh Sang Pembuat Mind Map itu sendiri. Mudah-mudahan lewat contoh ini Anda dapat melihat bagaimana catatan sederhana satu lembar dapat menjelaskan banyak hal secara lengkap, terstruktur sekaligus menyenangkan.

Buat Anda yang belum pernah mencoba, kenapa tidak mulai membuat Mind Map pertama Anda?

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Dalam tulisan mendatang saya akan mencoba menjelaskan beberapa aplikasi penggunaan Mind Map di pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Anda punya pengalaman atau komentar tentang hal ini? Silakan sampaikan pendapat Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. Terima kasih file e book nya sudah saya terima. Semoga pa Noer sukses selalu

  2. Njelimet….hehe…
    itu kata-kata yang selalu saya dengar dari kawan2 saya dulu ketika saya mencoba memperkenalkan mind map kepada kawan2 SMP saya… kini 12 tahun kemudian, sepertinya semua orang di sekitar saya selalu menggunakan mindmap di mana-mana…… (^_^)v

    saya pakai mindmap setiap saat, kapan saja, terutama apabila sedang di depan desktop…
    catatan penting saya, task yang harus saya kerjakan, bahkan jadwal harian saya saya buat dalam bentuk mindmap …. benar-benar sangat berguna menurut saya…

  3. Sangat menarik. Terimakasih, mas.

  4. iya, perlu pembiasaan ya, mas. tapi mungkin tergantung materi juga ya, mas. sebab kalo materi yg sudah lumyan sy ketahui, grand-theory-nya, lebih mudah pake mind-mapping. tapi kalo materinya masih asing.. belum pede.:D

  5. @ Bayu
    Terima kasih Mas Bayu. Semoga buku yang diberikan bermanfaat.

    @ Rizal
    Menarik pengalaman Mas Rizal dalam penggunaan Mind Map. Kalau punya contoh mind map, boleh jadi penulis tamu juga di blog ini. Ditunggu mind-map nya.

  6. @ HermanTerima kasih Mas Herman. Insya Allah ke depannya saya akan membahas beberapa aplikasi penggunaan mind map dalam kehidupan sehari-hari.@ DianBetul Mbak Dian. Practice makes perfect. Tidak hanya itu latihan yang akan membuat kita nyaman menggunakan catatan seperti itu sekaligus menemukan keindahan dan kekuatan penggunannya.Menurut saya Mind Map tetap bisa dipakai untuk sesuatu yang kita kuasai maupun yang masih asing. Malah keuntungan mencatat yang masih asing adalah kita berusaha mengurai persoalannya secara sistematis sampai ketemu 'aha moment' yang membantu pemahaman baru.

  7. Dulu pas kuliah sering pakai Mind Map. Tapi karena sekarang tak pernah belajar lagi akhirnya terlupakan. Tapi pada akhirnya saya menyadari bahwa penjabaran menggunakan Mind Map lebih mudah karena otak cenderung lebih mudah mengingat dengan struktur Mind Map dibandingkan struktur linier yang selama ini sering dipakai.

  8. noer… makanya bilang sama IT biar boleh install mind mapper di laptop kita :)

  9. @ DimasKelebihan Mind Map terutama memang pada proses recalling yang cepat dan mudah@ AryaniSebetulnya tanpa software juga bisa bu. Langsung aja corat-coret di atas kertas. Sejauh ini saya masih prefer tulis langsung daripada pakai software. Lebih alami :)

  10. tolong bikinkan satu dounk..

  11. Aslkm, artikelnya bagus sekali Mas Noer .. Terima Kasih

    Mas saya lagi belajar bikin mind map, tapi untuk materi di bidang teknik
    Apa ada trik-trik khusus untuk mind map u bidang teknik ? Karena terdapat beberapa rumus2 dalam materinya …

    Mohon sedikit pencerahannya …

    Terima Kasih Banyak sebelumnya
    Sony
    Batam

  12. makasih y bg dah ngupas tuntas mind map. jd punya referensi u/ skripsi ni. hehehe

  13. Saya pernah mempelajari mind map, beberapa tahun lalu. Waktu itu untuk membantu anak saya yang mengikuti program homeschooling, tetapi tetap saja tidak mudah bagi dia untuk mengaplikasikannya. Saya sendiri kurang menggunakannya, jadi memang perlu pembiasaan. Mas, bagaimana kalo mind map bukan untuk tujuan mudah memahami bacaan, tetapi untuk membantu membuat tulisan. Saya sering mentok dalam membuat karya tulis, untuk mengungkapkan pikiran ke dalam tulisan seringkali berat, apalagi kalau pikiran terus jalan tentang materi/ bahan, wah lumayan susah menuangkannya ke dalam bentuk tertulis. Apa Mas bisa bantu.
    Terima kasih

  14. Saya pernah mempelajari mind map, beberapa tahun lalu. Waktu itu untuk membantu anak saya yang mengikuti program homeschooling, tetapi tetap saja tidak mudah bagi dia untuk mengaplikasikannya. Saya sendiri kurang menggunakannya, jadi memang perlu pembiasaan. Mas, bagaimana kalo mind map bukan untuk tujuan mudah memahami bacaan, tetapi untuk membantu membuat tulisan. Saya sering mentok dalam membuat karya tulis, untuk mengungkapkan pikiran ke dalam tulisan seringkali berat, apalagi kalau pikiran terus jalan tentang materi/ bahan, wah lumayan susah menuangkannya ke dalam bentuk tertulis. Apa Mas bisa bantu.
    Terima kasih

    • Salam Bu Eni,

      Mind Map sangat cocok digunakan untuk persiapan menulis. Saya sering menggunakannya juga. Intinya adalah perlu pembiasaan agar pikiran kita terlatih untuk menuangkan ide-ide secara teratur, terhubung dan memiliki kaitan satu sama lainnya. Jika mind-map nya sudah jadi tinggal diubah ke dalam bentuk tulisan.

      Kalau membaca posting saya tentang merancang pelatihan membaca cepat online, maka saya menggunakan mind map untuk menentukan materi apa saja yang akan dibahas dan apa yang tidak. Ini membantu saya untuk mendapatkan gambaran besar apa saja yang perlu dilakukan.

      Semoga membantu.

  15. Mas Nur, mksh E-book nya.
    Semoga Allah membalasa kebaikan mas.
    Slmt berkaya & jng prnh brhnti untuk menerangi INDONESIA.

  16. Ridha Henni Pane says:

    Pak Noer….rencananya saya mau meneliti tentang catatan mind mapping. saya minta masukan dari bapak gimana caranya kita menilai suatu catatan mind mapping.

    • Catatan mind mapping sangat beragam dan khas siapa yang membuatnya. Catatan yang baik adalah yang menerapkan prinsip-prinsip yang mempermudah daya ingat.

  17. yuli tulistiyani says:

    Ma’af mas, dimana saya bisa mendapatkan buku tentang mind mapping??sekarang saya tinggal di malang. Sudah mencari kemana-mana kok belum ketemu..trimakasih

  18. yuli tulistiyani says:

    O….gini ja mas,,,bolehkah saya minta tolong untuk mengirimkan daftar pustaka yang mas Noer pake’ dalam penulisan tentang mind mapping ini..???

  19. efayanti says:

    beda mind mapp dan mind mapping pak

    (buku sumber jg)

    mohon…maksih pak ya..

    • Efa,

      Mind Map dan Mind Mapping sama saja. Tidak ada bedanya. Mind Map nama hasilnya sedang Mind Mapping adalah prosesnya.
      Silakan cek buku How To Mind Map, The Ultimate Book of Mind Map karangan Tony Buzan. Bisa dibeli di Amazon.com atau terjemahannya ada di Gramedia.

  20. efayanti says:

    pak dalam taksonomi bloom mengingat adalah kompetensi paling rendah…yaitu C1…proses kita dlm mind mapping kan menitik beratkan pada mengingat siswa agar lebih baik…jadi bagaimanakah caranya agar mind mapp tidak hanya sampai C1….dimana lebih kita tekankan? agar siswa bisa minimal sampai di C4 …please…makasih ya pak….

    • salam bu Efayanti,

      Mohon maaf saya tidak familiar dengan taksonomi Bloom. Maklum belajarnya belum sampai sana :)
      Dalam pemahaman saya proses mengingat adalah menyimpan apa yang kita miliki dalam ingatan jangka pendek, memindahkannya ke ingatan jangka panjang, kemudian memanggil kembali ingatan tersebut ketika diperlukan.
      Mind map membantu untuk membentuk ingatan jangka panjang tadi dan dengan asosiasi yang baik, maka kita bisa memanggil kembali ingatan tersebut dengan mudah ketika diperlukan.

      Semoga membantu.

  21. Ratih Juliati says:

    Luar biasa. Anda telah membantu mempermudah cara berpikir .
    Semoga anda dimudahkan untuk segala urusan. Good Luck

  22. wah… Jazakalloh ya…. saya sangat terbantu dengan ini. semoga Allah membalas lebih.

  23. Ass W/W

    Pak, makasih byk info mind mappingnya. Manfaatnya besar sekali bagi kami. Mdh2an bisa diterapkan dalam pembelajaran

    W/W

  24. thanks pak

  25. nienie says:

    semoga bisa jadi metode buat judul skripsi saya :)

  26. pak apakah mind map ini jga bisa digunakan untuk mendiskripsikan sesuatu misalnya pemahaman tentang diri pada siswa…..
    mohon bantuannya pak…

Trackbacks

  1. [...] yang banyak. Untuk panduan lengkap membuat Mind Map dapat Anda baca dalam posting terdahulu berisi penjelasan Mind Map secara rinci dan Mind Map sebagai Teknik Mencatat [...]

Speak Your Mind

*