Mind Map Untuk Membuat Perencanaan Kerja

Dalam tulisan sebelumnya, saya telah menjelaskan salah satu aplikasi penggunaan Mind Mapping untuk membantu pekerjaan, antara lain:

  • Membuat perencanaan bisnis terkait penjualan, pemasaran, maupun penyusunan strategi.
  • Bagi seorang pemimpin, Mind Map sangat membantu untuk menyusun naskah pidato, ceramah ataupun materi yang akan disampaikan secara langsung kepada banyak orang.
  • Mengorganisir sebuah proyek kecil atau besar, termasuk mengorganisir pertemuan (meeting) dengan menetapkan tujuan, agenda, dan poin-poin utama yang akan dibahas.
  • Buat orang yang berhubungan dengan orang banyak, Mind Map dapat difungsikan untuk mengatur networking, menyusun daftar klien, dan pendekatan untuk masing-masing klien.
  • Membuat strategi wawancara, termasuk didalamnya menyusun aspek-aspek utama yang ingin diketahui dari seorang kandidat.
  • Menyusun rencana penelitian atau riset dan berbagai kegiatan bisnis lainnya.

Berikut ini adalah contoh Mind Map yang saya buat sendiri dalam merencanakan proses launching ebook “Speed Reading for Beginners” beserta aktivitas promosinya. Anda dapat klik gambar-gambar dalam tulisan ini untuk memperbesarnya.

Speed Reading for Beginners Promotion

Seperti biasa, Mind Map dimulai dengan judul di tengah menjelaskan tema sentral yang hendak dibahas. Saya memberi judul “Speed Reading for Beginners Promotion”.

Selanjutnya ada lima cabang utama yang menurut saya penting untuk promosi tersebut yaitu:

  • Prepare – bagaimana melakukan persiapan sebelum launching dilakukan
  • Time – kapan proses launching akan berlangsung dan berapa lama
  • Strategy – taktik dan strategi yang digunakan agar ebook ini dapat disebarkan ke sebanyak mungkin orang lewat jalur komunikasi yang tersedia
  • Result – target dari hasil yang hendak dicapai lewat proses pre-launch dan launch itu sendiri
  • Post – terkait posting-posting yang mendukung persiapan launch dan pre-launch

Persiapan

Speed Reading for Beginners Promotion - Prepare Jika kita lihat pada cabang pertama yaitu Prepare, saya membuat beberapa item yang harus dipersiapkan yaitu:

  • Membuat form. Form ini berguna bagi calon subscriber untuk mendaftarkan diri baik lewat website ataupun langsung dari posting saya di Social Media dan email. Form ini nantinya akan dikembangkan lebih jauh untuk meningkatkan efektivitasnya lewat Squeeze Page – yakni halaman khusus yang mengarahkan lalu lintas browsing ke satu tempat untuk mendaftar. Saya memberikan gambar dua buah kotak dengan tanda panahnya untuk mengingatkan kata kunci tersebut.
  • Membuat draft email. Saya perlu mempersiapkan teks email yang akan dikirimkan ke beberapa milis termasuk kepada subscriber yang sudah ada.
  • Membuat Posting. Agar proses Pre-Launch berlangsung dengan baik, maka perlu dibuat serangkaian posting yang membuat minat pembaca semakin tinggi terhadap buku yang akan diluncurkan.
  • Mengambil beberapa kutipan. Beberapa bagian dari buku dicuplik untuk disampaikan kepada para pembaca sekaligus memberikan gambaran bagaimana buku asli nantinya.

Waktu

Speed Reading for Beginners Promotion - Time Bagian ini cukup sederhana, saya menetapkan dua tanggal yaitu 30 Juli 2009 sebagai launching kepada seluruh subscriber. Proses ini akan terus berlangsung sampai tanggal 6 Agustus 2009 dapat diakses langsung oleh pengunjung umum tanpa harus mendaftar terlebih dahulu.

Strategi

Speed Reading for Beginners Promotion - Strategy Bagian ini paling luas karena saya merancang strategi promosi dengan menggunakan berbagai jalur yang bisa dimanfaatkan sekaligus menciptakan traffic yang tinggi yaitu:

  • Email – Saya memiliki beberapa sahabat yang juga blogger dan meminta bantuan mereka untuk ikut mempromosikan buku ini baik sebagai posting di blog masing-masing, maupun sebagai review yang akan dimasukkan ke dalam buku sehingga berfungsi sebagai testimonial atau endorsement.
  • Lewat email saya juga meminta bantuan beberapa sahabat yang memiliki pengaruh luas untuk meneruskannya kepada teman-teman yang lain.
  • Kepada para subscriber yang sudah ada di blog ini saya mengirimkan beberapa email dan posting sekaligus mengajak mereka ikut sharing kepada calon pembaca lainnya.
  • Terakhir adalah memanfaatkan milis terutama yang berhubungan dengan kegiatan membaca, klub buku dan sejenisnya. Dapat dipastikan orang-orang di dalamnya adalah anggota yang tertarik untuk belajar Membaca Cepat seperti ditawarkan dalam buku yang dibuat.
  • Posting – Ada beberapa strategi posting yang dipersiapkan mulai dari audio (podcasting), video blog, sekaligus posting regular berupa tulisan dan gambar yang menceritakan sebagian isi buku termasuk fitu-fitur dan keunikan di dalamnya.
  • Grup – yakni memanfaatkan grup untuk memperluas jangkauan penyebaran buku. Hal ini dilakukan lewat social media Facebook lewat pembuatan badge, fans page, grup maupun event. Selanjutnya adalah membuat forum yang dapat diakses oleh siapa saja untuk memperbincangkan topik tersebut. Terakhir adalah membuat mailing list yang membahas topik membaca cepat.
  • Iklan – Iklan termasuk dalam strategi promosi di mana saya membuat iklan di Facebook dengan menetapkan segmentasi pembaca tertentu yang memiliki minat di bidang pendidikan, pelatihan, serta senang membaca. Target market ini berjumlah sekitar 600 ribu orang dari tiga negara: Indonesia, Malaysia dan Singapura karena buku yang dibuat berbahasa Indonesia.

Hasil

Speed Reading for Beginners Promotion - Result Cabang utama berikutnya adalah target hasil yang didapatkan dari kegiatan Pre-Launch dan Launch. Dari Facebook saya menargetkan setidaknya 100 orang teman saya akan ikut serta, ditambah 100 orang tambahan dari orang lain yang ikut membaca Notes saya yang dishare oleh orang lain. Sedangkan dari iklan saya menargetkan pembaca baru 500 orang.

Adapun target dari kurang lebih 10 milis diharapkan masing-masing bisa menarik 100 calon pembaca baru dengan total 1000 orang.

Posting

Speed Reading for Beginners Promotion - Post Bagian ini sebenarnya merupakan lanjutan dari sub cabang Post pada cabang persiapan. Karena tempatnya tidak cukup dan perlu dieksplorasi lebih jauh saya membuatnya sebagai cabang tersendiri.

Pasca launching akan dilanjutkan dengan serangkaian follow-up email untuk mengingatkan pembaca mendownload buku tersebut, memberikan komentar, sekaligus sharing hasil tes kemampuan baca cepatnya. Pasca launching ini juga akan dibuat squeeze page yang dioptimasi secara khusus menggunakan Search Engine Optimization (SEO) sekaligus dibuatkan video dan halaman perbandingannya untuk melakukan Split Test.

Terakhir adalah dengan membuat forum yang membahas topik Speed Reading sehingga para pembaca bisa saling berdiskusi, bertukar informasi sekaligus saling belajar satu sama lain.

Penutup

Dari contoh di atas, Anda dapat melihat bagaimana Mind Mapping sangat baik digunakan untuk membuat sebuah perencanaan. Dalam kasus ini, Mind Map dapat membantu munculnya ide-ide baru, mirip ketika kita melakukan brainstorming. Untuk membuat Mind Map seperti ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Selebihnya Mind Map ini terus saya jadikan panduan untuk aktivitas yang akan dilakukan sambil menambahkan detailnya di sana sini.

Insya Allah pada kesempatan berikutnya saya akan menunjukkan penggunaan Mind Map untuk berbagai aktivitas lain.

Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. DJOHAN YOGA says:

    Mas Noer, Mind Map yang sangat bagus dan kalau boleh saya ingin memperkuat sedikitnya dgn ilmu Mind Map yang saya miliki yaitu :

    1. Warna garis unk setiap cabang utama (BOI – Basic Ordering Idea) sebaiknya berbeda dan diarsir unk memperkuat efeknya

    2. Kata kunci unk setiap BOI sebaiknya KAPITAL

    3. Unk memperhalus Mind Map ada teknik baru yaitu WIMAGE (Word Image) dengan cara mengganti salah satu kata dgn sketsa gambarnya (misalnya kalau tulis kata OTAK maka huruf O diganti sketsa gambar otak dll. Teknik WIMAGE ini sedang dikembangkan oleh sekelompok Buzan Licensed Instrutor – BLI dari beberapa negara termasuk kami sendiri dan diendorse langsung oleh Tony Buzan.

    4. Sebaiknya seluruh kata dan image berada di atas garis sehingga memperkuat efek Kategorisasi dan Hierarkinya.

    Sekian sedikit masukan dari saya dan sekali lagi saya katakan bahwa Mind Map ini sangat bagus.

    Salam Mind Map : SINGKAT, PADAT dan MENCERDASKAN

    Djohan Yoga, BLI

  2. Salam Pak Djohan,

    Terima kasih banyak atas masukannya. Senang sekali saya mendapat masukan dari pakarnya Mind Map seperti Bapak.

    Saran-saran tersebut akan menjadi masukan saya untuk pembuatan Mind Map selanjutnya.

    Mau tanya, seandainya seseorang tidak terlalu pintar menggambar (misalnya saya, sering kesulitan menggambarkan image dengan baik sehingga gambar sekedarnya), adakah tips agar membuat mind map dengan baik dengan tetap mengasosiasikannya ke gambar tertentu (asumsi mind Map ditulis tangan, bukan lewat software komputer).

    Terima kasih sebelumnya.

  3. Dengan mind map semua jadi terpetakan n lebih simple shg perencanaan kerja benar2 terrealisasikan.selamat atas buku " SPEED Reading for Beginners". Sangat bermanfaat…:-)

  4. Noer, kalo mind mapping diterapkan ke bk2 serius (teks book) sptnya mudah…tp sy ingin merangkum eh membuat mid mapping dr novel2 yg sudah pernah sy bc (kan penting banget tuk memetakan bk Taiko kira2 800hal; yg membahas jalan hidup n tipe kepemimpinan 4 jenderal besar Jepang di abad 16 (saat ini sy hny mengingat Ieasyu (jenderal ningrat yg lemah lembut); Nobunaga (jenderal ningrat yg temperamental, cerdas; menyelesaikan mslh dgn pedang) dan Hideyosi (sang Taiko; si monyet yg "membuat burung perkutut berbicara":). Satu lg siapa ya?? nah khan, ms harus bc bk yg dl pernah kubaca di thn 97an?Ngga ada waktu…

  5. @ GagusTerima kasih Gus. Akhirnya buku tsb bisa selesai juga.@ SobarMembuat catatan Mind Map dari Novel menarik sekali. Bisa melihat personality dari tokoh-tokohnya dengan lengkap. Silakan dicoba Mbak Sobar. Mudah-mudahan kalau ada kesempatan saya mau buat contohnya.

  6. sip mas, tulisan sampean apik. bukan cuma buat saya. semoga gak bosan dan tetep berkarya. semoga bermanfaat buat para pembacanya. amin

  7. Terima kasih Dias.
    Senang jika tulisan ini bisa bermanfaat. Insya Allah lain waktu akan saya lanjutkan kembali topik Mind Mapping.

  8. adji hassan arief says:

    Bersyukur dapat tambahan pengetahuan baru tentang Mind Map. Sekarang lagi mencoba mempraktekannya, berdasarkan tulisan mas MNoer ditambah dengan masukan dari Master Mind Map Djohan Yoga
    Terima kasih mas MNoer

  9. Sebelumnya saya haturkan terima kasih kepada Mas M.Noer yang telah bersedia berbagi pengetahuan dan untuk Topik Mind Mapping, saya jadi teringat dengan proses mengingat yang kalau saya gak salah istilahnya “titian keledai.” Adanya petunjuk Mind Mapping ini sangat membantu sekali dalam mencatat dan mengolah informasi kembali dalam mengikuti meeting.

  10. Bagus sekali tulisannya, saya mulai mencoba bikin Mind Map.
    hanya saja mind map yg kita bikin ini kan sepertinya hanya kita saja yg ngerti,
    bgmn dg orang lain yg melihatnya? apakah mereka juga bisa mengerti ?
    Saya lagi mencoba agar bisa mengajari anak saya sehingga lebih gampang mengingat pelajarannya.
    Terima kasih.

  11. sigit cahyono says:

    mas penulis, coba anda tuangkan juga bagaimana mengoperasikan mind manager supaya saya tambah ilmunya. thanks

  12. syafii says:

    mas tolong tulis bagaimana contohnya mind mapping ini diterapkan didunia pendidikan.misalnya untuk PTK. saya rencana mau menerapkan mind mapping untuk PTK.

  13. Menarik nih, harus langsung dipraktekkan. Thanks Mas, semoga tambah sukses.
    Salam kenal yach

Trackbacks

  1. [...] artikel tentang Teknik Mencatat Kreatif Dengan Mind Mapping, saya mulai terpikir bahwa banyak aplikasi dari Mind Map yang telah saya gunakan dan bisa saya ceritakan atau tuliskan untuk memberi manfaat kepada orang [...]

Speak Your Mind

*