Bagaimana Meringkas Sebuah Buku dalam Selembar Mind Map

image

Libur Lebaran yang lalu, saya menyelesaikan buku The Ultimate Book of Mind Map karangan Tony Buzan - tokoh pencipta Mind Map. Ini adalah buku Mind Map kedua yang saya baca dari pengarang yang sama setelah How To Mind Map.

Jika pada buku “How To Mind Map” Tony Buzan menjelaskan dasar-dasar Mind Map dan bagaimana membuatnya, maka pada “The Ultimate Book of Mind Map” pembahasan ditekankan pada aspek sejarah, tokoh dan bagaimana Mind Map digunakan sebagai alat pembelajaran. Di dalamnya banyak diceritakan bagaimana para tokoh mencatat mirip Mind Map menggunakan diagram, grafik, gambar dan teknik asosiasi lainnya. Tokoh tersebut diantaranya: Leonardo Da Vinci, Charles Darwin, Thomas Alfa Edison dan masih banyak lagi. Buku tersebut juga membahas lebih jauh struktur dan kemampuan otak, bagaimana melakukan latihan buat otak serta bagaimana kebugaran dan aktivitas fisik yang baik akan mendukung kemampuan berpikir, menganalisa serta mengambil keputusan. Pembahasan ditutup dengan aplikasi Mind Map dalam berbagai bidang kehidupan mulai pribadi, pembelajaran dan bisnis.

Karena saya ingin memahami buku ini secara mendalam, maka saya mencoba membuat catatan Mind Map pribadi. Catatan ini akan berguna untuk menguji pemahaman sekaligus membantu mengingat kembali apa-apa yang telah saya pelajari. Sebelumnya saya terbiasa meringkas satu bab buku dalam selembar Mind Map dan sekarang saya mencoba mencatat seluruh buku dalam satu lembar Mind Map saja. Dan inilah selembar catatan yang mampu merangkum buku setebal kurang lebih 230 halaman.

buzan_ultimatemindmaps

Jika Anda perhatikan catatan ini cukup sederhana. Pertama, saya memulainya dengan menuliskan topik utama yakni judul buku itu sendiri. Kedua, saya menentukan cabang utama yang merupakan pokok pikiran buku tersebut. Dalam hal ini setiap bab mewakili satu cabang utama. Ketiga, saya menentukan pokok pikiran penting dan detail tertentu dari setiap bab yang perlu saya ingat untuk jangka panjang.

Seperti yang diceritakan di depan, ini merupakan pengalaman pertama saya meringkas keseluruhan buku dalam selembar Mind Map. Sebelumnya saya terbiasa meringkas buku teks kuliah per bab, satu lembar setiap babnya. Anda bisa melihat catatan model ini pada posting sebelumnya tentang Mind Map.

Tantangan utama yang saya rasakan dalam membuat Mind Map untuk keseluruhan buku adalah bagaimana memberikan ruang yang cukup untuk melakukan eksplorasi pokok pikiran utama di setiap bab. Ada kalanya cabang dalam satu bab memakan tempat cukup banyak sehingga menyisakan tempat terbatas untuk bab lain.

Ada yang menarik ketika berusaha meringkas buku ke dalam Mind Map yaitu Anda harus memahami buku tersebut terlebih dahulu. Mind Map merupakan catatan aktif dengan mengandalkan pokok pikiran yang dikaitkan satu sama lain. Seseorang tidak akan bisa membuat Mind Map sebelum dia sendiri memetakan dalam kepalanya apa yang hendak dicatat. Dengan demikian, proses mencatat sekaligus menjadi proses belajar. Ketika menentukan kata kunci yang dipakai, sebenarnya kita juga sedang memilih kata yang memiliki asosiasi paling kuat sehingga mampu mengingatkan kembali pada pembahasan dalam buku. Ini adalah kekuatan penting Mind Map yang menjadikannya sebuah alat untuk belajar, sekaligus alat untuk mengingat. Dengan membuat Mind Map pribadi, sebenarnya kita tidak hanya memiliki catatan di atas kertas, tetapi juga catatan di dalam kepala lengkap dengan seluruh asosiasinya.

Hal ini jauh berbeda dengan catatan konvensional di mana orang bisa mencatat tanpa harus memahami. Mungkin Anda masih ingat masa-masa sekolah dulu ketika diminta mencatat apa-apa yang ada di papan tulis atau didiktekan oleh pengajar. Dengan demikian, sering terjadi orang mencatat apa-apa yang tidak dipahaminya. Masalah muncul ketika catatan tersebut dibaca kembali, ternyata tidak dimengerti.

Adapun aspek penting lainnya ketika membuat Mind Map adalah Anda berusaha merumuskan pemahaman dan pengertian sendiri tentang buku yang dibaca. Ini sangat penting karena yang dicatat adalah pemahaman kita sebagai orang yang sedang belajar, bukan semata-mata apa yang dituliskan oleh pengarang. Karena kita yang membuat, maka isinya adalah bahasa internal yang biasa kita pakai sehingga sangat mudah diingat dan di-recall kembali ketika diperlukan.

Dengan mencatat pemahaman, tak jarang kita akan mengalami a-ha moment, yakni saat-saat di mana kita mendapat inspirasi atau pengertian baru dari apa yang dicatat. Ibarat seorang yang sedang mendiktekan pemahaman kepada dirinya sendiri, tiba-tiba muncul suatu pengertian, pemahaman, ataupun hubungan antara topik yang dibahas dengan tema-tema berkaitan yang pernah dipelajari sebelumnya. Mirip kisah Newton menemukan inspirasi hukum gravitasi ketika melihat buah apel jatuh dari pohon. Inilah kekuatan penting yang sangat berharga jika Anda membiasakan mencatat dengan cara seperti ini.

Buat Anda yang belum pernah mencoba, saya sarankan untuk mulai mencobanya mulai sekarang. Insya Allah Anda akan merasakan manfaat yang banyak. Untuk panduan lengkap membuat Mind Map dapat Anda baca dalam posting terdahulu berisi penjelasan Mind Map secara rinci dan Mind Map sebagai Teknik Mencatat Kreatif.

Anda punya pengalaman mencatat menggunakan Mind Map? Silakan berbagi pengalaman di kolom komentar.

Download versi detail Mind Map “The Ultimate Book of Mind Map” (PDF 2 MB) (klik kanan dan save as)

 

UPDATE:

Untuk memudahkan Anda melihat bagaimana proses membuat catatan dari awal sampai akhir, saya menulis ulang catatan ini dan merekamnya dalam video untuk Anda. Silakan simak dan download videonya di sini.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. Khalid Abdullah says:

    wah saya juga punya pengalaman dalam merangkum pelajaran dasar2 bisnis di internet dan juga merangkum kerangka buat blog ku. bisa menggunakan mind map itu menimbulkan rasa bahagia dan puas,ditambah berguna buat qt lagi! pokoke mindmap asik lah! salut buat blog mas noer!

  2. DJOHAN YOGA says:

    Mas Noer telah mendemonstrasikan salah satu dari manfaat Mind Map yg dapat digunakan baik dalam bisnis, pendidikan maupun pribadi. Sebuah buku dapat disarikan menjadi selembar Mind Map saja dan kebetulan buku The Ultimate book of Mind Map ini merupakan salah satu buku terbaik karangan Tony Buzan serta menjadi salah satu dari 5 buku wajib bagi peserta yang ingin menjadi International Buzan Licensed Instructor.

    4 Buku wajib lainnya (semuanya karangan Tony Buzan)adalah :

    1. Use Your Head
    2. The Book of Mind Map (full-colour illustrated edition)
    3. The Buzan Study Skills Handbook
    4. Mind Map at Work

    Salam Mind Map : Singkat, Padat, Mencerdaskan

    Djohan

    • Salam Pak Djo,

      Terima kasih atas komentarnya. Saya sependapat buku ini berbeda dari buku Mind Map lainnya yang ditulis Tony Buzan. Lebih mendalam dan membahas filosofi di balik penggunaan mind map itu sendiri. Bagaimana kegiatan training Mind Mapnya Pak? Semoga lancar dan sukses selalu.

    • mas,,,
      kalau mw beli buku the ultimate book of mind maps karangan tony buzan dimana yaa??

      saya butuh banged buku itu untuk sumber skripsi saya,,
      terima kasih sebelumnya…

  3. Mahardika Adhi says:

    Salam luar biasa!
    Mas Noer dan Pak Djohan saat ini saya berada di Yogyakarta, dimanakah saya bisa “belajar” cara belajar yang luar biasa ini, adakah pelatihan dalam waktu dekat ini kapan dan dimana? terimakasih.

    • Salam Mas Mahardika Adhi,

      Insya Allah saya akan membuat versi video dari Mind Map ini sehingga siapapun akan bisa dengan mudah belajar. Selain itu saya juga sedang mempersiapkan video training Speed Reading. Mudah-mudahan bisa segera di launch dalam waktu dekat.

      Pak Djo mungkin bisa sharing kapan ada di Yogya untuk memberi pelatihan?

  4. Nur Wachid says:

    Terima kasih banyak mas nur,.

    Tulisan anda banyak bermanfaat dan mendidik,..
    jangan pernah berhenti berkarya.,,.

    saya mau tanya mas,.
    saya suka menulis juga,.
    tapi saya agak bingung bagaimana cara untuk menyalurkan karya saya,..
    toLong bantuan mas nur,

  5. Salam Mas Nur Wachid

    Terima kasih atas apresiasinya. Jika Mas suka menulis, ada baiknya dituliskan dalam blog. Tidak mesti harus serius dulu. Yang penting ada tempat dan wadah untuk menampung tulisan-tulisan tersebut. Saran saya coba buka account di wordpress.com dan mulai mengisinya dengan tulisan yang sudah ada. Selamat mencoba.

  6. Wisnu Pancara says:

    Sore Mas Muhammad Noer saya mengucapkan banyak terima kasih atas sesuatu yang sangat berharga sekali untuk saya pribadi dan harapan saya untuk semua orang, mudah2an ilmu yang saya dapat ini nantinya dapat saya amalkan juga untuk orang lain, karena saya yakin “Ilmu tanpa laku nggak ada manfaatnya” …. Sukses selalu ya Mas. Salam

  7. Ass. salam kenal mas Noer. Saya lagi ng-browse mind mapping, alhamdulillah ketemu website ini. Iya nih saya juga otodidak belajarnya mas. Sekarang ini saya mencoba mind mapping untuk pelajaran sains di alam. Pekan lalu saya coba untuk anak SD kelas satu. Waktu itu, saya mengajak nya untuk membahas binatang cicak. Cukup antusias juga anak tersebut, ketika saya suruh gambar cecak dan bagian-bagian tubuhnya dan uraian detailnya dalam bentuk mind map.

  8. Armand Rambah says:

    Saya mengucapkan terimakasih buat Mas Nur atas berbagai tulisannya yang sangat bermanfaat ini. Mudah-mudahan Mas Nur tidak bosan memberikan pengalamannya kepada kita semua dan diberikan kesehatan yang baik oleh Allah. Amin…

  9. Dari mana buku ini bisa dibeli, it’s interrest :)

  10. maaf pak noer mau tanya bagaimana cara mengembangkan / menerapkan mind mapping untuk peningkatan pemahaman membaca bhs . Inggris di SMP terima kasih atas bantuan dan informasinya mohon maaf

Trackbacks

  1. […] Langkah 2011 October 4 by Muhammad Noer Tweet Dua tahun lalu, saya menulis bagaimana meringkas sebuah buku dalam selembar catatan mind map. Lewat tulisan tersebut saya menjelaskan langkah demi langkah bagaimana memadukan keterampilan […]

  2. […] posting lain saya menjelaskan bagaimana merangkum bahan bacaan Anda ke dalam satu lembar catatan mind map. Anda bisa membaca posting lengkapnya di sini dan […]

  3. […] posting lain saya menjelaskan bagaimana merangkum bahan bacaan Anda ke dalam satu lembar catatan mind map. Anda bisa membaca posting lengkapnya di sini dan […]

  4. […] posting lain saya menjelaskan bagaimana merangkum bahan bacaan Anda ke dalam satu lembar catatan Mind Map. Anda bisa membaca posting lengkapnya di sini dan […]

Speak Your Mind

*