Download Panduan Menghadapi Bencana Gempa

Kali ini saya ingin menampilkan posting yang sedikit berbeda. Sahabat-sahabat dari Paramartha menyusun sebuah buku kesiapsiagaan menghadapi bencana yang mungkin saja terjadi di sekitar kita. Baru-baru ini kita mendengar banjir besar yang melanda Pakistan, gempa bumi yang melanda beberapa wilayah di Indonesia sebelumnya.

Negara seperti Jepang secara teratur melatih warganya untuk memahami karakter wilayah mereka yang rawan gempa bumi. Sejak SD anak-anak sudah diberi tahu apa yang terjadi jika tanda-tanda gempa mulai terjadi, bagaimana berlindung dan bagaimana melakukan evakuasi. Dengan demikian, masyarakat menjadi lebih siap dan dampaknya bisa diminimalisir.

INDONESIA merupakan satu-satunya negara yang terletak pada pertemuan tiga lempeng bumi: lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Disadari atau tidak, area pertemuan lempeng tektonik bagaikan ‘tungku raksasa’ yang terus bergejolak (lihat Gambar I). Pada satu sisi, dapat memicu gempa dan tumbuhnya gunung berapi. Tetapi disisi lain, merupakan ‘tungku’ produksi mineral berharga (lihat Gambar 2), dan itu sebabnya Indonesia merupakan daerah yang kaya akan emas, perak, mangan dan bahan tambang lainnya.

image

Gambar 1
Lempeng Eurasia bergerak ke arah selatan; lempeng Pasifik bergerak ke arah Barat; dan Lempeng Indo-Australia bergerak ke arah timur-laut.

image

Gambar 2
Subduksi lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia membentuk Palung Jawa yang dalam di Samudra Hindia, dan rangkaian gunung berapi di sepanjang Sumatra, Jawa, hingga Nusa Tenggara (re-draw from indiaeng.com).

Gempa tidak terjadi tiba-tiba dan bukan tanpa sebab, tetapi lahir dari proses alam. Karena itu sudah saatnya kita semakin mengenali negeri yang kita tinggali ini, memahami segala potensi dan tantangannya, serta memiliki mental siapsiaga terhadap segala ancamannya.

Buku saku “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Gempa Bumi” dari Divisi Manajemen Bencana – Perkumpulan Islam Paramartha, merupakan sebuah sumbangan kecil bagi masyarakat Indonesia untuk semakin mengenal, dan bersiap hidup dalam fitrah alamnya yang unik. Silahkan diunduh, di-print dan disebarkan segara gratis bagi siapapun yang merasa membutuhkannya.

Sinopsis Buku

  • Judul: “Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Gempa Bumi”
  • Bahasa: Indonesia
  • Tebal/ukuran: 48 halaman – 13,65 cm x 19,45 cm
  • Penyusun: Siska Widyawati dan Zaenal Muttaqin (Divisi Manajemen Bencana – Paramartha)
  • Kontributor: Entis Sutisna, Ir. Karsono Purwosudirjo, M.Sc, dr. Nadia Dwi Insani, Sp.A, dr. Nadia Devina Esmeralda, dan dr. Nina Afiani
  • Penerbit: Perhimpunan Islam Paramartha (Edisi I – Agustus, 2010)

Link Download Buku (PDF):

Versi untuk layar monitor:

Versi untuk cetak printer:

Acrobat (PDF) Reader bisa didownload secara gratis di:
http://get.adobe.com/reader/

Hak Cipta

Diizinkan untuk menyalin, memperbanyak dan/atau mendistribusikan buku ini sesuai syarat-syarat GNU-Free Documentation License versi 1.3 atau yang lebih tinggi.

Semoga bermanfaat buat Anda semua.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. Noer, saya juga ijin mengutip beberapa kalimat. Btw sudah ada juga link videonya, boeh diupdate.

  2. Syarifuddin Sufri says:

    Buku panduan ini tentunya sangat bermanfaat, apalagi kami tinggal di daerah patahan. Terima kasih mas Noer.

  3. Thanks atas infonya,jadi lebih mengerti akan letak geografis negara kita dan menjadi siap siaga.thank a lot.

  4. Thanks bgt, semua info dari Noer pasti bermanfaat………bukankah Tuhan menganjurkan kita menjadi manusia yg bermanfaat bagi orang lain…..sukses to Noer.

  5. linknya udah mati semua bos bisa diupdate lagi nggak

Speak Your Mind

*