Kerjasama Harmonis Speed Reading Dengan Mind Mapping

Alhamdulillah, setelah bekerja keras week end minggu lalu, akhirnya saya berhasil menyelesaikan modul ketujuh atau modul terakhir buat member Kursus Membaca Cepat Online – Speed Reading for Smart People gelombang pertama. Ini adalah modul pamungkas di mana saya memadukan kemampuan membaca cepat dengan teknik mencatat aktif kreatif menggunakan mind map.

Modul ini merupakan modul tercepat yang saya buat dibandingkan modul-modul sebelumnya. Ini disebabkan gagasan modul tersebut menggunakan mind map yang pernah saya buat sebelumnya. Tantangan yang saya hadapi adalah bagaimana mengubah sebuah mind map menjadi animasi langkah demi langkah untuk memandu para peserta memahami proses pencatatan kreatif.

Mind Map pertama yang saya gunakan adalah “How Advertising Work”. Mind Map ini diambil dari catatan pribadi saya ketika kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tahun 1999. Saya merangkum bab pertama buku teks Advertising menjadi catatan berikut:

How Advertising Works Hand Made

Anda mungkin bertanya, bagaimana cara membuatnya?

Pembuatan Mind Map seperti ini sebenarnya cukup mudah. Kita tinggal menetapkan judul utama dan memberi gambar. Selanjutnya membuat cabang-cabang utama yang menjadi pokok pikiran dilanjutkan dengan mengembangkan masing-masing cabang. Alhasil akan didapatkan mind map seperti ini. Mudah bukan?

Berikutnya saya juga mengajarkan bagaimana merangkum sebuah buku ke dalam selembar catatan. Tantangan dalam membuat catatan seperti ini adalah bagaimana kita memanfaatkan struktur buku sebagai cabang-cabang utama dan memanfaatkan sub pembahasan buku menjadi pengembangan dari mind map tersebut. Dalam video kursus saya menjelaskan tahapan ini langkah demi langkah mulai dari mengenali struktur buku, membuat judul mind map dan cabang utama, mengembangkan masing-masing cabang, dan terakhir membuat kaitan antara bagian yang satu dengan lainnya.

MindMap_TheUltimateBookOfMindMaps

Menarik bagaimana kita bisa menggabungkan speed reading dengan mind mapping. Meskipun seseorang telah menguasai kemampuan membaca yang cepat, namun jika tidak dibarengi dengan kemampuan mencatat yang efektif, maka tidak mudah mengulang kembali apa-apa yang pernah dibaca. Oleh karena itu, saya menutup kursus Membaca Cepat Online ini dengan memberi tools terakhir yakni bagaimana merangkum apa-apa yang sudah dibaca ke dalam catatan yang mudah diingat sepanjang masa.

Jika Anda tertarik untuk belajar bagaimana menggabungkan keahlian speed reading dan mind mapping, silakan mendaftar di VIP Notification List kursus ini karena saya akan segera membuka kembali kelas pelatihan Gelombang kedua pada akhir bulan ini.

mind map

Anda punya pengalaman menggabungkan speed reading dengan mind mapping?

Jangan lupa tinggalkan komentar Anda.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. Djohan Yoga says:

    Artikel yang sangat menarik, karena Mind Mapping – MM dan Speed Reading – SR merupakan suatu kesatuan yg tidak mungkin bisa dipisahkan dalam hal Note-Taking. SR merupakan langkah awal dari MM karena dengan SR lah kita mencari Key-words yang akan dituliskan dalam MM.

    Sebagai Mind Map International Licensed Instructor for Asia, saya selalu memberikan SR dalam ribuan workshop MM saya di berbagai negara Asia. Dalam Note-taking (mencatat atau meringkas seperti yang telah ditampilkan dengan sempurna oleh Mas Noer) tidak mungkin seseorang dapat membuat MM kalau dia tidak menguasai SR dengan baik. Pada dasarnya SR adalah aktifitas pendahuluan dari MM karena pada tahap inilah kita mencari intisari dari suatu bacaan atau buku.

    Dalam metode Buzan Speed Reading, setidaknya ada 3 metode SR yang sering saya ajakrkan kepada peserta workshop MM saya yaitu Back Browsing, Skimming and Scanning. Metode2 SR ini sangat efektif digunakan untuk menangani materi yang sangat padat seperti texbooks dll.

    Saya ucapkan selamat kepada Mas Noer unk artikelnya yang (seperti artikel2 yang sebelumnya) ringkas, padat dan mencerdaskan sehingga dapat memberi manfaat yang maksimal kepada para pembacanya.

    Salam

    Djohan Yoga

    • Salam Pak Djo,

      Terima kasih kembali untuk komentar Bapak yang selalu menambah wawasan baru buat saya dan para pembaca blog ini.
      Saya mempelajari beberapa teknik mencatat termasuk speed reading. Hampir semua jenis pernah saya coba dan saya punya catatannya.

      Mudah-mudahan suatu saat saya akan membuat semacam perbandingan teknik mencatat dan perpaduannya dengan speed reading.

      Salam,
      Muhammad Noer

  2. TERIMAKASIH ATAS INFO MAS M.NOER INI INSYAALLAH BERMANFAAT DAN SAYA AKAN SHARE KE TEMAN-TEMAN. WASSALAM

  3. Sri Sujiatmi says:

    Terima kasih atas artikel yang telah M.Noer berikan. Sepertinya harus bisa menguasai materi dulu dulu ya sebelum membuat mind mapnya.Saya ingin membuat PTK dengan menggunakan konsep mind mapping dalam pembelajaran matematika, bolehkah dikirimkan ke saya contoh-contoh mind mapping dalam matematika.

  4. Sri Sujiatmi says:

    Terima kasih atas artikel yang telah M.Noer berikan. Sepertinya harus bisa menguasai materi dulu ya, sebelum membuat mind mapnya.Saya ingin membuat PTK dengan menggunakan konsep mind mapping dalam pembelajaran matematika, bolehkah dikirimkan ke saya contoh-contoh mind mapping dalam matematika.

  5. mina syanti says:

    salam pak Muhammad Noer
    pak, saya saat ini sedang menyelesaikan tugas akhir perkuliahan kebetulan judul saya itu ada membahas tentang mind mapping. kendala saya adalah pada software mind mappingnya. dimanakah saya bisa mendapatkan software tersebut?

Speak Your Mind

*