Inilah Alasan Saya Menulis Buku Presentasi Memukau

presentasi-net

Saya masih ingat presentasi pertama kali yang saya lakukan dulu ketika masih kuliah. Saat itu saya harus tampil menjelaskan materi kuliah menggunakan slide transparan yang diproyeksikan lewat Overhead Projector (OHP).

Ketika menyampaikan kalimat pertama, keringat dingin muncul dan suara bergetar karena gugup. Menyampaikan presentasi terasa sedemikian sulit dan menakutkan. Walaupun demikian, pengalaman tersebut menjadi guru yang berharga.

 

Memberikan Presentasi Di Tempat Kerja

Setelah bekerja, saya semakin sering memberikan presentasi. Pada awal karir saya sebagai seorang management trainee di perusahaan multinasional, saya diuji tiga kali setiap 3 bulan sebelum bisa dinyatakan lulus sebagai karyawan tetap. Dan ujian itu berbentuk presentasi.

Seorang trainee harus bisa memaparkan hasil kerja dan proyek yang dia dilakukan secara meyakinkan di hadapan para manager senior dan direktur perusahaan. Pada masa itu hari-hari menjelang jadwal presentasi tiba merupakan saat yang menegangkan karena tidak jarang seseorang langsung gagal pada kesempatan pertama. Saat itulah saya mulai mempelajari lebih dalam tentang presentasi.

Apa sebenarnya presentasi itu?

 

Mengapa kita harus memberikan presentasi?

 

Bagaimana menyampaikan presentasi dengan menarik, komunikatif dan memukau audiens?

 

Bagaimana Memahami dan Mendalami Presentasi

Proses pembelajaran selama beberapa tahun membantu saya memahami presentasi secara lebih mendalam. Saya belajar bagaimana menata ide, merancang slide, dan melatih kemampuan berbicara di depan umum. Saya belajar dari orang-orang yang mampu memberikan presentasi secara mengagumkan.

Apa sebenarnya rahasia mereka dalam menyampaikan presentasi?

 

Dapatkah kita belajar dari mereka?

Sampai akhirnya saya menyadari presentasi sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-sehari. Seorang dosen memberikan presentasi ketika mengajar. Seorang manajer menyampaikan presentasi kepada klien-nya. Seorang menteri pun harus memberikan presentasi ketika ingin menjelaskan sebuah kebijakan.

 

Kebanyakan Presentasi Tidak Menarik

Sayangnya, kebanyakan presentasi cenderung tidak menarik, membosankan dan gagal memberi inspirasi kepada audiensnya. Jika Anda sering berada di dalam ruangan mendengarkan presentasi dengan jenuh dan berharap kapan segera selesai, itulah tanda presenter kesulitan mendapatkan perhatian dan keterlibatan dari audiensnya.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa saya menulis buku ini. Untuk membantu Anda memperbaiki kualitas presentasi.

From good to great.

Dari presentasi yang baik menuju presentasi yang memukau.

 

Menjadi Presenter Yang Memukau

Apapun bidang pekerjaan Anda, akan tiba masanya ketika Anda harus tampil menjelaskan sesuatu. Anda harus memberikan presentasi. Ketika itulah Anda harus tahu bagaimana cara memberikan presentasi yang mudah diingat, meyakinkan sekaligus inspiratif.

Buku yang akan Anda baca ini merupakan kumpulan observasi, pengalaman dan praktek langsung yang saya lakukan selama beberapa tahun terakhir. Saya mencoba merekam ulang setiap presentasi yang pernah saya lakukan dan menuliskannya dalam buku ini.

Apakah itu presentasi dihadapan karyawan, presentasi kepada pimpinan tertinggi perusahaan level nasional dan global, maupun ketika harus tampil memberikan presentasi di depan publik.

 

Studi Kasus Menampilkan Presentasi di Forum Besar

Ketika sedang mempersiapkan buku ini, saya mendapat pengalaman berharga tampil sebagai salah seorang presenter di forum TEDx Jakarta 2011 – The Journey to Return. Dengan demikian, saya punya kesempatan untuk menjelaskan studi kasus bagaimana merancang presentasi tersebut dari awal sampai akhir.

Mulai dari mengumpulkan ide, mempertajam pesan, merancang komunikasi visual hingga menyampaikannya di hadapan audiens secara meyakinkan. Dengan demikian, buku ini sekaligus menguji semua prinsip presentasi yang akan saya jelaskan untuk Anda.

 

Teknik Presentasi Obama dan Steve Jobs

Selain pengalaman pribadi, saya juga menggabungkan teknik-teknik yang sering dipakai oleh presenter handal sekaligus literatur yang memiliki pengaruh besar di bidang presentasi.

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan menyaksikan kehebatan komunikasi visual Steve Jobs, keterampilan berbicara tingkat tinggi Barrack Obama, dan teknik berpidato para pembicara publik. Anda bisa menemukan teknik dan rahasia mereka dalam buku “Presentasi Memukau”.

Buku ini akan menunjukkan kepada Anda prinsip-prinsip penting dalam menyampaikan presentasi. Dengan demikian, Anda bisa memperbaiki keterampilan presentasi dari waktu ke waktu. Sampai akhirnya Anda akan menjadi salah seorang presenter yang handal dalam setiap kesempatan.

 

Ciptakan Perubahan Lewat Presentasi Anda

Menguasai keterampilan presentasi, akan membawa perubahan yang besar buat diri Anda pribadi dan masyarakat di sekitar kita.

Bayangkan berapa banyak mahasiswa yang terbantu dengan presentasi yang baik seorang dosen.

Berapa banyak karyawan yang bersemangat dengan presentasi hebat seorang pimpinan perusahaan.

Berapa banyak masyarakat yang tercerahkan dengan presentasi Anda yang memukau dan memberi inspirasi di hadapan publik.

 

Dapatkan Buku “Presentasi Memukau”

Semua cerita di atas akan Anda temukan dalam buku saya yang baru berjudul “Presentasi Memukau – Bagaimana Menciptakan Presentasi Luar Biasa”. Setahun lebih saya mempersiapkan buku ini.

Berita baiknya, buku ini sudah dalam tahap penyelesaian akhir. Saya dan editor handal Herry Mardian sedang melakukan perbaikan akhir sebelum terbit. Dan buku yang akan menjadi referensi penting memberikan presentasi berbahasa Indonesia ini akan tersedia secara gratis buat siapa saja yang ingin menampilkan presentasi luar biasa.

Silakan tunggu di Presentasi.net tanggal terbitnya dan jangan lupa daftarkan diri Anda untuk mendapatkan buku tersebut.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. Tks,bangga ey orang Indonesia yang seperti ini,saya akan praktekkan.

  2. Ahmas Faiz says:

    Wah dapat tambahan ilmu lagi nih, dalam salah satu artikelnya (http://www.presentasi.net/membuat-slide-presentasi-dengan-pendekatan-desain/)

    merujuk pada buku Slide:ologi, ini buku yang mengupas tuntas slide sebagai alat presentasi, saya mengikuti kaidah yang ada dalam buku tersebut menjadikan slide lebih cepat dimengerti audien, beberapa slide dengan mindmap juga memudahkan audien menangkap gambaran umum dari presentasi.

    • Saya juga sangat senang dengan buku Slide:ology dari Nancy Duarte, dia menjelaskan dengan sangat profesional bagaimana mengubah ide ke dalam slide yang komunikatif dengan pendekatan ilmu desain yang sangat kental. Buat sebagian orang, mungkin terkesan terlalu teknis dan memakan banyak waktu. Namun jika menyadari manfaatnya seseorang akan memberi perhatian lebih dalam membuat slide yang efektif.

Speak Your Mind

*