Mengajarkan Anak Anda Membuat Mind Map Dalam 6 Langkah Sederhana

Mengajarkan anak Anda membuat mind map (peta pikiran) bukanlah sesuatu yang sulit. Dalam contoh berikut saya membuat tutorial mind map sederhana yang bisa diikuti oleh anak-anak tentang liburan keluarga.

Untuk tulisan lengkap tentang apa itu mind map dan mengapa mind map lebih unggul dibanding cara mencatat lainnya, silakan simak posting berikut.

Dalam tutorial sederhana ini, kita akan membuat catatan tentang liburan keluarga. Untuk itu persiapkan kertas HVS kosong ukuran A4 dan pensil  atau spidol berwarna. Ajak anak Anda untuk membuatnya bersama-sama.

1. Buat Judul

Langkah pertama buatlah judul di tengah-tengah catatan yang hendak kita buat. Gunakan warna yang disukai anak Anda. Dalam contoh ini saya membuat judul “Liburan Keluarga” berwarna merah kemudian member bingkai di sekeliling judul. Anda juga bisa mengajak anak Anda untuk memberi gambar pada judul.

mind-map-anak-1

 

2. Buat Cabang-Cabang Utama

Selanjutnya, ajak anak Anda untuk berimajinasi hal apa saja yang terkait dengan liburan keluarga kita?

  • Apa aktivitas yang mau dilakukan?
  • Apa saja perlengkapan yang perlu dipersiapkan?
  • Siapa saja yang akan diajak ikut serta?
  • Ke mana saja tujuan perjalanan liburan kali ini?

Dalam contoh berikut, kita membuat 4 cabang utama yang terdiri dari: aktivitas, perlengkapan, orang, dan jalan-jalan. Setiap cabang sebaiknya menggunakan warna yang berbeda-beda untuk memudahkan asosiasi. Setiap cabang karena merupakan cabang utama juga dibuat tebal.

mind-map-anak-2

 

3. Mengembangkan Cabang “Aktivitas”

Ketika membahas cabang pertama, apa saja aktivitas yang hendak dilakukan, ajaklah anak Anda untuk berpikir dan berimajinasi. Bisa jadi mereka akan menyampaikan berbagai aktivitas menarik seperti:berkuda, berenang, belanja dan bermain bola.

Jangan lupa untuk setiap aktivitas tambahkan gambar atau ilustrasi untuk memudahkan asosiasi terhadap setiap cabang aktivitas tadi.

mind-map-anak-3

 

4. Mengembangkan Cabang “Perlengkapan”

Setelah selesai dengan aktivitas, sekarang minta anak Anda untuk menyebutkan perlengkapan apa saja yang perlu dibawa untuk liburan keluarga kita?

Mereka mungkin menyebutkan berbagai perlengkapan seperti sepatu, kaos, pakaian renang, sandal, topi dan perlengkapan lainnya.

Buat cabang-cabang dari perlengkapan menggunakan warna yang sama dengan cabang utamanya. Jangan lupa memberikan gambar untuk membuat catatan ini lebih menarik sekaligus mudah diingat.

mind-map-anak-4

 

5. Mengembangkan Cabang “Orang”

Setelah itu, kita berpindah ke cabang berikutnya yakni siapa saja orang-orang yang ingin diajak ikut serta dalam liburan?

Minta anak Anda menyebutkan siapa saja yang ingin mereka ajak.

Mereka mungkin menyebut ayah, ibu, paman, sepupu atau teman-temannya. Untuk setiap orang yang diajak ikut serta buat masing-masing cabang dan tuliskan siapa saja mereka. Jangan lupa menambahkan gambar.

mind-map-anak-5

 

6. Mengembangkan Cabang “Jalan-Jalan”

Pada cabang terakhir, mintalah anak Anda untuk menyebutkan ke mana saja mereka ingin pergi selama liburan. Apakah itu ke pantai, ke mall, taman, atau water park.

Untuk masing-masing tujuan, buat cabang dan tambahkan gambar yang menjadi asosiasi dari masing-masing tujuan tadi.

mind-map-anak-6

 

Demikianlah catatan mind map sederhana yang bisa Anda buat bersama putra-putri tercinta.

Cukup mudah bukan?

Dengan membuat catatan seperti ini, anak Anda akan berlatih berpikir secara radial sekaligus bisa melihat sebuah persoalan secara keseluruhan.

Semakin sering digunakan maka proses pembuatannya akan menjadi lebih mudah dan natural.

Anda juga bisa melihat demonstrasi langsung membuat sebuah mind map secara lengkap dari awal sampai akhir.

Selamat mencoba bersama putra-putri Anda.

Jangan lupa sampaikan pengalaman Anda di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. fatonah says:

    syukron katsier atas kiriman tulisan Mind Map, menambah wawasan materi bimbingan konseling buat peserta didik. saya …..

  2. SURATMAN says:

    TERIMA KASIH, INI TERMASUK ILMU BARU BUAT SAYA SEMOGA MENAMBAH WAWAN MATERI BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK SAYA….
    TERPENTING….SEMOGA JADI AMAL BAIK SEBAGAI INVES UNTUK HARI AKHIR….

  3. SURATMAN says:

    ERIMA KASIH, INI TERMASUK ILMU BARU BUAT SAYA SEMOGA MENAMBAH WAWASAN MATERI BAHASA INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK SAYA….
    TERPENTING….SEMOGA JADI AMAL BAIK SEBAGAI INVES UNTUK HARI AKHIR….

  4. info yang bagus sekali mas Noer, bagi yang perlu toolnya mungkin bisa di download disini http://www.thinkbuzan.com/intl/account/downloads.
    terima kasih

  5. Great Posting. Alhamdulillaah saya sudah lama memperaktekkan MInd Map ini. Hampir semua catatan saya dikemas dlm bentuk Mind Map. Termasuk dalam Raker mtaeri rapat saya tulis dan bagikan dalam bentuk Mind Map. SImple dan efektif. Saatnya guru, siswa, orang tua dan anak merubah cara menulis jadulnya dengan MInd Map seperti yang diposting Mas Nur ini.

  6. makasih pak nur. informasi yang bagus..

  7. yeni lidia says:

    kereeennn .. info yang telah telah lama kucari… ini hrs ku praktekan untuk ke 4 anak2ku trims banyak buat mas Noer ditunggu info terbarunya

  8. makasih bnyk mas noer atas informasinya, sgt bermanfaat untuk klrg jg untuk anak didik dsklh. mdh2n mjd ladang amal untuk mas noer kelak . aamiin….

  9. Mas itu warna menggunakan spidol atau krayon ? Kalau spidol, rasa-rasanya hebat sekali, bisa tampak sebagus itu.

  10. erny astiti says:

    Menarik n gampang dlakukan….bs membantu mngembangkan imajinasi ǎиǎǩ n mpermudah saya berkomunikasi dgn ǎиǎǩ (jd tau apa yg mereka inginkan) tks

  11. Wah ini nih keren.. perlu di-bookmark dan dilakukan nih..

  12. Harry M says:

    Terimakasih Mas Noer ats ilmunya semoga bermanfaat bagi kita semua

  13. Saya pernah lihat di gramedia yenyang buku yang mengulas mind map. Waktu itu saya nggak terlalu ngeh mas tapi setelah membaca postingan anda saya jadi pengen belajar banyak tentang mind map ini terutama untuk membantu anak dalam mengembangkan kreatifitas dan imajinasinya.

  14. wah bgus skali mas , jd kebayang apa saja yg akan saya tulis. mksh

  15. menarik kebetulan lagi mencari cara agar siswa lebih mudah mengerti tentang alur praktikum

  16. trimakasih mas, sangat bermanfaat sekali, mudah2an dapat ditransfer ke anak didik kami, selamat berkarya kembali demi kemajuan bangsa, sukses

Trackbacks

  1. [...] Noer Tweet Dalam posting sebelumnya saya telah menjelaskan langkah demi langkah bagaimana mengajak anak Anda membuat mind map. Dalam catatan tersebut, Anda mengajak anak untuk berimajinasi dan membuat catatan mereka tentang [...]

Speak Your Mind

*