Bagaimanakah Cara Merangkum Satu Bab Buku Dalam Selembar Catatan Mind Map?

Mind Map How Advertising Works

Di zaman yang serba sibuk ini, kita perlu catatan yang ringkas namun mampu merangkum banyak hal. Bagaimanakah cara mencatat secara efektif sekaligus kreatif yang dapat membantu Anda menjelaskan kembali apa-apa yang sudah Anda pelajari?

Jawabannya adalah gunakan mind map atau peta pikiran.

Mind Map adalah teknik mencatat yang memungkinkan Anda mendapatkan gambaran besar dari sebuah persoalan. Dengan Mind Map Anda dapat mencatat pelajaran termasuk merangkum sebuah bab buku teks ke dalam selembar catatan saja.

Tidak percaya?

Berikut adalah catatan Mind Map yang aslinya saya buat ketika kuliah di Fakultas Ekonomi UI sekitar tahun 2000-2001. Catatan ini merupakan rangkuman sebuah bab dari buku tentang Advertising yang saya beri judul “How Advertising Works”, Bagaimana Iklan Bekerja.

Catatan ini saya tulis ulang dan saya jadikan video buat Anda semua pembaca setia blog ini.

Nantinya saya juga akan membuat video-video serupa untuk membantu siapa saja belajar teknik mencatat yang efektif ini. Video tersebut sekaligus menjadi pengantar untuk Training Mind Map Online Pertama Di Indonesia yang akan saya buat bersama Pak Djohan Yoga, pakar mind map Asia yang sekaligus Licensed Trainer Mind Map yang belajar langsung dari pencipta Mind Map, Tony Buzan.

Silakan nikmati video berikut ini. Anda juga dapat mengunduhnya. Jangan lupa klik share untuk berbagi dengan rekan-rekan Anda dan menyampaikan komentar serta masukan Anda.

 

Download Video Ini:

Artikel Menarik Lainnya:

 

 

 


 

Comments

  1. salam hormat..
    permisi..saya ingin jalankan program fast reading techniq di malaysia..
    persoalan saya, bolehkah kami ingin mengundang bapak ke sini..?
    bagaimana prosedurnya..?adakah bapak sudi?hubungi saya nanti ya..

  2. saya adalah reader anda dulu saya baca teknik membaca cepat… sekarang saya dapat ilmu untuk mengingat.. terima kasih. bg.

  3. Dede Lukman says:

    Assalamu’alaikum wr wb, Terima kasih ya Kang, Jazakallah,… sangat bermanfaat mudah-mudahan dunia dan akhirat, Aamiin,..

  4. mau share sedikit tentang salah satu perangkat lunak yang menawarkan fasilitas pembuatan model mindmapping dengan cepat, sederhana dan mudah.. yaitu menggunakan VYM (View Your Mind)

    http://walidumar.wordpress.com/2013/06/02/buat-mindmapping-dengan-vym-view-your-main/

    semoga artikel diatas bermanfaat untuk kita semua.

  5. Mediazas says:

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Saya baru belajar2 soal Mind Mapping.
    Maaf, menurut saya judul dari tulisan diatas “Cara Merangkum Satu Bab ….” kurang tepat. Karena setelah saya lihat videonya, tidak menunjukkan caranya tetapi lebih menerangkan tentang membuat ringkasan dari buku yg dibahas (dalam hal ini “How Advertising Works”). Mungkin akan lebih sesuai jika yang diterangkan adalah seperti tips/teknik mengambil kesimpulan tentang apa yang akan kita tempatkan sebagai Cabang Utama di peta “mind mapping” tersebut. Karena sebagai pemula; saya kesulitan untuk menentukan apa yg seharusnya saya tulis pada cabang2 utama tersebut. Apakah mengambil murni dari Sub Judul yg ada pada tulisan di Bab buku yg sedang kita baca, atau bebas saja tergantung dari apa yang kita pikirkan.
    Demikian saja saran (atau pertanyaan) dari saya.. Anyway saya sangat berterimakasih sekali dg adanya tulisan2 anda mengenai MindMapping.

Speak Your Mind

*