Belajar Presentasi Hebat Dari TED Conference

TED

Dalam beberapa minggu terakhir ini, saya asyik belajar presentasi dari situs TED.com. Saya mengenal TED pertama kali dari buku Nancy Duarte berjudul Slideology: The Art and Science of Creating Great Presentations. Dalam buku tersebut, beberapa kali Duarte menyebut tentang presentasi TED dan menyarankan untuk menyaksikan video yang ada di sana. Nancy Duarte adalah konsultan komunikasi yang membantu Al Gore merancang slide dalam film dokumenter An Inconvenient Truth yang fenomenal itu.

Apakah TED itu?

TED merupakan singkatan dari Technology, Entertainment, Design. TED adalah sebuah organisasi non profit yang mengumpulkan para tokoh inspiratif dari berbagai bidang untuk tampil memberikan presentasi dalam sebuah konferensi. Motto mereka adalah “Ideas worth spreading”. Seperti namanya, maka presentasi yang tampil di TED sangat menarik karena disampaikan oleh tokoh yang kompeten di bidangnya. Meskipun awalnya fokus pada tiga bidang yakni Technology, Entertainment dan Design, namun sekarang Anda juga bisa menyaksikan ide-ide brilian dari tokoh pada bidang yang berbeda seperti Politik, Pendidikan dan Kesehatan.

Mengapa Belajar Presentasi Dari TED?

Ada beberapa alasan mengapa saya suka belajar dari TED dan menyarankan Anda melakukan hal yang sama:

1. Inspiratif

Semua presentasi TED memberi inspirasi baru. Anda bisa menemukan berbagai subjek yang menarik perhatian. Anda bisa menyaksikan bagaimana Al Gore menyampaikan presentasi tentang Perubahan Iklim, Bill Gates yang membahas hubungan antara nyamuk, malaria dan pendidikan, Sebastian Seung sang pakar neuroscience menjelaskan hubungan menarik antara sel syaraf yang satu dengan lainnya dan memberi istilah connectome, atau Tom Chatfield yang bercerita bagaimana dunia game menjual harta imajiner lewat produk virtual.

2. Efektif

Presentasi TED disusun secara ringkas dan padat. Seorang pembicara akan mengurai sebuah subjek hanya dalam 20 menit atau kurang. Bahkan sebelum Anda merasa bosan, presentasi menarik itu telah selesai. Meskipun Anda sedang menyaksikan subjek yang sama sekali baru diluar bidang yang Anda minati selama ini, Anda akan belajar bagaimana seorang pembicara cerdas mampu menarik perhatian audiensnya sekaligus membuat mereka mengerti apa yang sedang dibahas.

3. Slide Yang Kuat

Saya paling anti dengan slide yang rumit dan membuat pusing kepala. Sebuah slide seharusnya menjadi alat bantu visual yang bisa membantu memberi gambaran atas apa yang disampaikan oleh seorang presenter. Setiap pembicara yang tampil dalam TED Conference akan menampilkan slide-slide sederhana yang kebanyakan berupa gambar diiringi beberapa kata saja. Anda juga bisa belajar dari beberapa presenter bagaimana mereka menampilkan animasi dan video yang begitu informatif sehingga mampu menjelaskan konsep yang rumit menjadi mudah.

4. Teknik Presentasi Kelas Dunia

Presentasi TED disampaikan dalam panggung terbuka. Anda akan belajar dari para presenter bagaimana mereka membuka presentasi, mengajukan pertanyaan, membangun rapport dengan audiens, menyelipkan humor, menggunakan gesture dan visualisasi, menjelaskan lewat alat peraga, dan menutup presentasi secara meyakinkan. Daripada belajar teori presentasi yang rumit, di sini Anda bisa menyaksikan secara langsung bagaimana seorang presenter hebat melakukannya di atas panggung.

5. Transkrip

Setiap presentasi TED dilengkapi transkrip lengkap kata demi kata. Tersedia transkrip dalam berbagai bahasa termasuk Indonesia. Setelah saya pelajari, terjemahan disusun sedemikian rupa layaknya terjemahan profesional. Bukan diterjemahkan oleh mesin. Tidak hanya itu, Anda bahkan bisa menampilkan subtitle sesuai bahasa yang diinginkan ketika menonton video presentasi yang ada.

6. Gratis

Semua presentasi TED gratis dan bisa Anda download dan putar di komputer sepuasnya. Buat Anda pengguna mobile device seperti iPad bahkan bisa mendownloadnya sebagai podcast lewat iTunes. Dengan demikian, Anda akan memiliki koleksi video presentasi hebat secara portabel yang bisa disaksikan kapan saja dan di mana saja. Saya suka menyaksikan video presentasi ini sambil memanfaatkan waktu dalam perjalanan. Anda bisa menyaksikan salah satu video TED dengan klik tombol play berikut ini menampilkan Stefano Mancuso yang menjelaskan tentang kecerdasan tanaman.

[flv width=”446″ height=”326″ image=http://images.ted.com/images/ted/tedindex/embed-posters/StefanoMancuso-2010G.embed_thumbnail.jpg]http://video.ted.com/talks/dynamic/StefanoMancuso_2010G-medium.flv[/flv]

Saksikan TED di Jakarta Secara Langsung

Selain konferensi resmi yang diadakan beberapa kali dalam setahun di Amerika dan Inggris, ada juga TEDx yakni kegiatan mirip TED yang diselenggarakan secara independen oleh para sukarelawan atas lisensi dari TED. Salah satunya adalah TEDxJakarta yang akan menampilkan event dalam waktu dekat 12 Maret 2011 di Pacific Place, Jakarta. Ada 16 pembicara dari berbagai bidang yang akan tampil mulai pukul 10.00 sampai selesai. Beberapa diantaranya adalah Bill Gates pendiri Microsoft, Salman Khan pendidik online lewat situsnya yang terkenal khanacademy.org dan Indra Nooyi CEO Wanita PepsiCo. Mohon dicatat bahwa acara ini merupakan video streaming live dari California, jadi bukan pembicara yang langsung hadir secara fisik di depan Anda. Walaupun demikian, Anda akan bisa merasakan pengalaman langsung mendengarkan presentasi TED secara live.

TEDxJakarta

Insya Allah jika tidak ada halangan, saya berencana hadir pada acara ini untuk belajar langsung dari para tokoh handal tersebut. Saya menyarankan Anda yang memiliki waktu luang dan tinggal di Jakarta untuk tidak melewatkan kesempatan ini. Jika Anda adalah pembaca setia blog ini dan kita bertemu di sana, jangan lupa untuk saling bertegur sapa. Mungkin kita bisa memanfaatkan waktu break untuk ngopi bersama.

Selamat belajar memberikan presentasi yang inspiratif dan menuangkan gagasan dalam komunikasi publik bersama TED. Dan jadilah presenter yang lebih baik dengan ide yang layak disebarluaskan.

Jangan lupa klik Share on Facebook atau tombol Like untuk berbagi informasi ini bagi sahabat Anda.


Training Presentasi Memukau
   
 

 
 

 
 

Comments

  1. Infonya bagus dan sangat bermampaat terima kasih

  2. terimakasih mas noer.. iki sudah sebulan terakhir ini saya sedang mencari bahan2 untuk meningkatkan interpersonal skill saya salah satunya public speaking..

    tentu saja ini sangat membantu..

  3. Terima kasih infonya Mas Noer. Cukup lama tak berkunjung ke blog ini, semoga sukses selalu. Wassalam.

  4. makasih Gan Infonya Selama Ini….Sangat Bermamfaat.

  5. infonya bermanfaat sekali mas nur,
    jadi nambah pengalaman dan sedikit harus bisa bahasa inggris juga, jadi mau ngga mau harus belajar bahasa inggris …

    thanks ….

  6. Banyak Atikel di blog ini yg begitu bermanfaat…
    Terima kasih

Speak Your Mind

*