Contoh Mind Map Untuk Membuat Perencanaan Kerja

Teknik Mind Map tidak hanya bermanfaat untuk keperluan mencatat.

Salah satu fungsi mind map adalah Anda dapat menggunakannya untuk membuat perencanaan kerja. Secara pribadi, saya telah melakukan ini sejak tahun 2004 ketika saya mulai memasuki dunia kerja.

Dalam artikel berikut ini, saya hendak menunjukkan beberapa contoh penggunaan mind map untuk keperluan perencanaan kerja.

 

1. Mind Map Untuk Perencanaan Kerja dan Pembuatan Check List

Beberapa waktu lalu saya dan tim di Presenta Edu melakukan migrasi server. Sebelumnya server kami terletak di Amerika Serikat dengan duplikasi di beberapa data center seperti Jepang dan Singapura. Agar layanan kepada para pengguna yang mayoritas berada di Indonesia dapat maksimal, maka kami memutuskan memindahkan server tersebut ke Indonesia.

Proses migrasi dari satu server ke server yang lain ternyata bukan perkara mudah. Ada banyak hal yang harus dilakukan secara detil langkah demi langkah.

Oleh karena itu, saya membuat mind map untuk menggambarkan proses migrasi server tersebut.

Dan inilah Mind Map yang berisi check list apa saja yang harus dilakukan sehingga pemindahan data dari server yang satu ke server yang lain berjalan lancar.

Mind-Map-Website-Migration-Checking-update

Seperti Anda lihat, dalam proses migrasi tersebut, ada enam aktivitas utama yang perlu dilakukan: Penataan File, Database, Konfigurasi, melakukan setting DNS, Domain dan terakhir melakukan Testing.

Dengan Mind Map ini, saya dapat memindahkan server secara baik dan berjalan sempurna. Mind Map ini juga menjadi catatan berharga jika suatu saat proses pemindahan server perlu dilakukan kembali.

2. Mind Map Untuk Persiapan Training

Seperti yang Anda tahu, saya adalah seorang trainer di bidang presentasi dan komunikasi bisnis.

Salah satu training legendaris yang menjadi ikon buat Presenta adalah Training Presentasi Memukau. Ada banyak materi yang saya ajarkan di sana.

Namun jika saya diminta secara ringkas menjelaskan seperti apa Presentasi Memukau tersebut, maka bisa digambarkan dalam mind map berikut:

Mind Map - Presentasi Memukau (Doceri)

Anda bisa melihat bahwa materi training yang biasa saya berikan dalam 2 hari bisa diringkas ke dalam selembar catatan seperti di atas. Catatan ini juga berguna untuk memberikan struktur apa saja yang harus saya bicarakan tentang topik tersebut.

 

3. Mind Map Untuk Perencanaan dan Penjadwalan Kerja

Aplikasi Mind Map yang lain adalah membuat perencanaan dan penjadwalan kerja. Biasanya di awal tahun, saya dan tim akan berdiskusi dan membuat perencanaan global apa saja yang hendak kami lakukan di tahun tersebut.

Perencanaan global berfungsi untuk memberikan gambaran besar terkait aktivitas, proyek, dan prioritas-prioritas utama untuk dikerjakan. Setelah selesai membuat perencanaan global, saya dan tim akan menuangkannya ke dalam program bulanan. Dengan cara ini setiap anggota tim tahu apa saja yang perlu diprioritaskan.

Berikut contoh perencanaan yang dipecah ke dalam aktivitas bulanan.

Mind Map Perencanaan Kerja Bulanan Presenta

Mind Map di atas saya buat dengan software Buzan’s iMindMap yang dikembangkan langsung oleh tim Tony Buzan, pencipta Mind Map.

Jika Anda perhatikan, ada tombol minus (-) dan plus (+) yang menunjukkan suatu cabang bisa diperlihatkan detilnya atau hanya ringkasannya saja. Dengan cara ini, Mind Map tersebut menjadi catatan untuk memeriksa progress kerja kami. Tanda centang diberikan untuk menunjukkan tugas tersebut sudah selesai dilakukan.

 

Belajar Mind Map Langsung Dari Ahlinya

Demikianlah tiga aplikasi Mind Map terkait pekerjaan.

Secara pribadi, saya sangat terbantu dengan penggunaan mind map ini. Saya memakainya untuk mempersiapkan presentasi, membuat kerangka penulisan buku, merancang trainig dan sebagainya.

Dalam posting-posting berikutnya saya akan menjelaskan aplikasi-aplikasi tersebut.

Berita baik buat Anda yang ingin belajar Mind Map secara khusus dari saya sendiri dan Pak Djohan Yoga, international licensed trainer of Mind Map dari Buzan. Kami akan tandem membawakan Training Mind Map Indonesia batch ketiga.

Ads-Header-Training-Mind-Map[1]

 

Masih terbuka pendaftaran untuk training ini. Silakan Anda bisa mendaftar di website atau hubungi langsung tim Presenta Edu di 021 – 2963 6731 atau email ke support@presenta.co.id

Anda juga bisa mengundang saya dan Pak Djohan untuk training Mind Map In House di perusahaan atau organisasi Anda.

Selamat belajar menggunakan mind map untuk menjadi profesional handal di bidang yang Anda tekuni.


Training Presentasi Memukau
   
 

 
 

 
 

Comments

  1. Waktu kuliah saya pake tekhnik mindmap ini untuk mencatat pelajaran dari dosen. Ternyata memang sangat membantu.

    Sekarang lagi pengen belajar lagi lebih dalam mengenai mindmap ini pak. Akankah ada training di makassar pak? pengen ikut.

    • Betul sekali. Mind Map cocok untuk mencatat pelajaran. Ada kalanya ketika kita mendengar/belajar informasi baru untuk pertama kali kita belum terlalu paham hubungan materi tersebut dengan materi lainnya. Dengan mind map, kita bisa dengan mudah melihat hubungan tersebut dan menguasai materi pembelajaran dengan lengkap.

  2. Terima kasih informasi yang menarik Pak.

    Apakah metode mind map bisa diterapkan untuk penulisan resensi buku ya?
    Ketika saya akan menulis resensi sebuah buku yang tebal, tentunya akan lebih mudah bila saya bisa membuat resume dengan cepat.
    Mohon advise-nya.
    Thanks

Speak Your Mind

*