Menebar Keterampilan Membaca Cepat Buat Indonesia

Saya tidak pernah menyangka akan menjadi salah seorang pengajar membaca cepat diantara sedikit orang yang secara khusus mendalami bidang tersebut.

Semuanya berawal ketika saya membaca sebuah buku saku sederhana yang akhirnya mengantarkan saya belajar dan mengajarkan membaca cepat yang masih asing di Indonesia.

Inilah kisahnya bagaimana saya berkenalan dengan topik tersebut sampai akhirnya membuat Kursus Online Membaca Cepat pertama di Indonesia dan kini menghadirkan pula Training Membaca Cepat Tatap Muka buat masyarakat Indonesia.

Buat Anda yang belum familiar apa itu membaca cepat, silakan simak video berikut yang akan memberikan gambaran singkat dan cepat tentang manfaat membaca cepat.

 

Perkenalan Saya Dengan Membaca Cepat

Seperti yang pernah saya ceritakan di buku Speed Reading for Beginners maupun artikel blog, perkenalan saya dengan membaca cepat terjadi tidak sengaja.

Suatu hari ketika saya duduk di kelas 1 SMU, saya menemukan sebuah buku saku berjudul “Rahasia Sukses Belajar”. Buku ini sebenarnya sederhana saja namun membantu menciptakan semangat belajar yang tinggi buat saya saat itu.

Selain menjelaskan tentang pentingnya belajar yang teratur dan belajar dengan porsi jam yang sedikit namun frekuensi yang rutin, buku tersebut juga membahas membaca cepat.

Tidak banyak yang disampaikan. Hanya sekitar 4-5 halaman saja.

Saya pun belum bisa menerima konsep membaca cepat saat itu. Dalam pikiran saya, bagaimana mungkin membaca 3 sampai 4 kali lipat lebih cepat dari kemampuan saya saat ini?

Meskipun demikian, saya tetap mencoba mengikuti saran dari buku tersebut dengan cara membagi sebuah halaman menjadi beberapa kolom dan melatih pergerakan mata.

Setelah beberapa bulan mencoba, saya mulai merasakan ada perbedaan. Ya, saya sekarang bisa membaca dengan pergerakan mata lebih cepat dan mulai memahami dengan cepat pula apa yang saya baca.

 

Menulis Blog dan Artikel Tentang Membaca Cepat

Ketika memutuskan membuat blog pengembangan diri, maka membaca cepat menjadi salah satu topik yang saya bahas secara khusus.

Mengapa?

Karena saya yakin dan percaya keterampilan membaca cepat membuat proses belajar menjadi lebih cepat dan menarik. Kekhawatiran untuk membaca buku-buku tebal menjadi sirna karena kita tahu buku tersebut dapat diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.

Akhirnya tidak terasa puluhan artikel sudah saya tulis untuk topik membaca cepat. Adapun artikel pamungkas yang mencoba merangkum dengan lengkap tentang membaca cepat dapat Anda simak di sini:

>>> Teknik Dasar Membaca Cepat

Tulisan itulah yang menjadi sumber traffic tinggi buat blog yang sedang Anda baca ini.

 

Menulis Buku dan Membuat Kursus Online Membaca Cepat

Karena respon luar biasa dari para pembaca, maka saya pun merangkum seluruh artikel tentang membaca cepat menjadi sebuah buku berjudul “Speed Reading for Beginners”.

Buku yang edisi digitalnya saya bagi gratis sudah didownload sedikitnya 30.000 orang. Adapun edisi cetaknya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama yang bisa Anda dapatkan di toko buku Gramedia seluruh Indonesia.

Dari sanalah muncul ide untuk membuat kursus online membaca cepat.

Mengapa online?

Sebab saya sendiri secara pribadi bekerja sebagai profesional di perusahaan multinasional dengan kesibukan yang lumayan. Mengajar secara tatap muka merupakan tantangan tersendiri untuk mengatur jadwal. Adapun lewat training online, saya bisa menyiapkan materinya di waktu senggang dan bisa menjadi pembelajaran buat banyak orang di manapun mereka berada.

Sekarang sekitar 1000 orang dari berbagai penjuru dunia telah mengikuti kursus online tersebut. Kursus tersebut diakses oleh warga Indonesia dari berbagai daerah bahkan yang terpencil sekalipun.

Termasuk warga Indonesia yang sedang berada di luar negeri seperti Prancis, Mesir dan di Kepulauan Pacific. Beberapa sahabat dari negara jiran seperti Malaysia dan Singapura pun turut belajar.

 

Membangun Training Membaca Cepat Tatap Muka buat Masyarakat Indonesia

Akhirnya, setelah beberapa tahun, saya pun berkesempatan memberikan training tatap muka membaca cepat.

Berawal dari kesempatan yang saya dapatkan untuk tampil di forum TEDx Jakarta memberikan presentasi berjudul “Bagaimana Membaca 52 Buku Dalam Setahun” akhirnya saya pun berkesempatan memberikan training tatap muka buat para editor penerbit Erlangga.

Sejak itu, training publik mulai saya kembangkan bersama tim. Dan Insya Allah, training batch ketiga akan diadakan kembali pada hari Sabtu, 23 Mei 2015 di hotel Millenium Jakarta.

training-membaca-cepat

Buat Anda yang ingin bertemu langsung dan belajar, silakan mendaftar di sini.

Anda juga bisa menghubungi Bapak Amar Widiyanto di nomor 0821 25970455 dan email support@membacacepat.com untuk pendaftaran.

Saya sungguh berharap training ini dapat memberikan sumbangsihnya buat Indonesia. Mengajak masyarakat Indonesia membaca lebih efektif dan efisien.

Membangun budaya membaca dan belajar untuk menjadikan Indonesia bangsa yang maju.

 

 
 
 

 
 

 
 

Comments

  1. thanks atas informasinya. sekalian mau nanya nih. anak usia berapa sudah bisa diajari untuk membaca cepat?

    • Membaca cepat bisa diajarkan pada usia di mana anak sudah lancar membaca secara biasa. Dalam hemat saya sekitar kelas 3 atau 4 SD saat yang pas untuk mulai belajar teknik membaca cepat.

Speak Your Mind

*