Buku Di Tahun 2017: Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja

Menulis adalah salah satu kegiatan yang saya lakukan. Dengan menulis, maka saya dapat menyampaikan dan membagikan apa yang ada di kepala saya kepada orang lain. Karier saya sebagai trainer juga berawal dari hobi saya menulis di blog.

Untuk menulis buku, saya memulainya dengan menuliskan buku berjudul ‘Speed Reading for Beginners’. Buku ini lahir dari keinginan untuk berbagi kepada semua pembaca yang ingin mempelajari tentang membaca cepat atau speed reading.

Isi buku itu adalah proses belajar yang saya lakukan selama 12 tahun, lewat uji coba berbagai metode yang paling pas untuk saya pribadi. Teknik-teknik tersebut terbukti berguna untuk saya, sehingga saya ingin pembaca juga mengalami hal yang sama.

Buku ‘Speed Reading for Beginners’ itu terbit pertama kali tahun 2009 dengan format e-book, sebelum akhirnya diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama.

Setelah buku ‘Speed Reading for Beginners’ terbit, saya semakin tertantang untuk menulis buku yang lain. Alhamdulillah, pada tahun 2014, buku saya yang kedua, yaitu ‘Teknik Kreatif Menyajikan Presentasi Memukau’ terbit. Kali ini, buku saya itu diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Lewat buku ‘Teknik Kreatif Menyajikan Presentasi Memukau’ itu saya ingin berbagi pengalaman dengan para pembaca mengenai teknik menyampaikan presentasi.

Selain dalam wujud buku, kedua buku saya itu juga bisa dinikmati dalam format e-book. Anda bisa klik website www.presentasi.net atau www.membacacepat.com untuk bisa mengakses buku tersebut secara gratis.

Kembali Menerbitkan Buku di Tahun 2017

buku baru di tahun 2017 2018 muhammad noer

Hobi saya menulis tidak berhenti sampai di situ. Suatu ketika di bulan Maret 2017, saya mendapatkan tawaran dari penerbit Grasindo, untuk menulis buku. Pihak penerbit ingin agar saya membuat buku mengenai belajar membaca cepat untuk remaja dan pelajar. Dengan adanya buku tersebut, penerbit berharap agar semakin banyak pelajar dan remaja yang menyukai kegiatan membaca.

Padahal saat itu saya sedang menuliskan buku yang bertema tentang manajemen. Dengan adanya tawaran itu, saya merasa harus menghentikan sementara proyek buku tentang manajemen tersebut.

Tapi di sisi lain, saya juga berpikir bahwa tawaran itu adalah sebuah tantangan. Saya memang pernah membuat buku mengenai teknik membaca cepat yang ditujukan untuk pembaca umum atau dewasa. Tentu saja, membuat buku mengenai teknik membaca cepat untuk remaja membutuhkan keterampilan tersendiri. Bahasa yang saya gunakan tidak boleh sama dengan buku membaca cepat saya yang sebelumnya.

Karena terbentur oleh kesibukan saya dengan kegiatan pelatihan-pelatihan yang harus saya lakukan, maka pengerjaan buku membaca cepat untuk remaja itu molor dari waktu yang diminta oleh penerbit. Waktu itu penerbit meminta saya untuk menyelesaikan buku tersebut dalam waktu dua bulan. Kenyataannya, buku tersebut baru dapat saya selesaikan dalam waktu hampir empat bulan.

Dalam penulisan buku Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja itu, saya dibantu oleh editor Iin Susanto.

November 2017: Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja Terbit

buku membaca cepat untuk pelajar dan remaja

Akhirnya, pada awal November 2017, buku ‘Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja’ terbit. Buku ini mengulas tentang teknik-teknik dasar membaca cepat, khusus untuk para pelajar dan remaja. Buku ini dilengkapi dengan ilustrasi bergambar yang menarik, serta contoh-contoh bahan bacaan dengan tema-tema yang pas bagi para remaja.

Lewat buku ‘Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja’ ini, saya ingin mengajak para generasi muda untuk semakin menyukai kegiatan membaca. Jujur saja, saya miris saat membaca berita mengenai minat baca di kalangan anak muda di Indonesia, yang berada jauh di bawah negara-negara berkembang lainnya, seperti Vietnam, bahkan beberapa negara di Afrika.

Padahal, membaca adalah penunjang utama kegiatan belajar, tugas utama para pelajar dan remaja. Ilmu-ilmu bisa mereka dapatkan dari membaca, seperti membaca buku, surat kabar, majalah, atau dari internet. Dengan kemampuan membaca yang baik, selain mendapatkan ilmu, para pelajar dan remaja juga bisa terhindari dari informasi-informasi hoax yang saat ini beredar luas.

Dengan semakin banyak membaca, otak para pelajar dan remaja itu juga akan semakin sehat. Jadi diharapkan, para pelajar dan remaja itu dapat lebih aktif untuk memikirkan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu membangun bangsa dan diri mereka sendiri agar menjadi lebih baik.

Buku ‘Membaca Cepat Untuk Pelajar & Remaja’ ini bisa menjadi alternatif pilihan bagi para orangtua yang ingin memberikan hadiah yang bermanfaat untuk anak-anaknya.

Buku ini dapat diperoleh di toko-toko buku terdekat, atau lewat www.gramedia.com. Anda juga bisa membelinya secara online di sini.

Speak Your Mind

*