Membaca Cepat – Seberapa Penting Buat Anda?

Berapa banyak buku yang Anda baca dalam setahun?

Berapa waktu yang Anda habiskan untuk menyelesaikan buku 300 halaman?

Sejauh mana pemahaman Anda terhadap buku yang telah dibaca?

Di dunia informasi seperti sekarang, tak jarang seseorang terjebak dalam tumpukan informasi. Ratusan email yang harus dibaca, puluhan proposal yang harus direview, serta buku-buku berharga yang ingin dinikmati.

Jika kecepatan baca Anda seperti rata-rata orang kebanyakan yakni pada kisaran 250 kata per menit, maka dibutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menyelesaikan buku sederhana sebanyak 100 halaman. Namun, banyak orang yang membutuhkan waktu lebih lama lagi bahkan beberapa hari sampai seminggu.

Dalam beberapa waktu ke depan, saya akan menerbitkan e-book “Speed Reading for Beginners” yang akan memberi panduan baca cepat dengan mudah dan ringan.

Bayangkan jika Anda mampu meningkatkan kecepatan baca sampai dua kali lipat saja, itu berarti Anda menghemat setengah dari waktu yang Anda gunakan. Sisa waktu tersebut bisa Anda pakai untuk aktivitas lain yang bermanfaat atau membaca buku-buku lainnya lebih banyak lagi.

Membaca cepat tidak sulit jika Anda rajin berlatih. Dalam tempo 2 minggu, perubahan kecepatan baca sudah mulai Anda rasakan. Dengan latihan terus menerus, kemampuan baca tersebut akan terus meningkat dan menjadi keterampilan baru dalam diri Anda.

Dalam beberapa waktu ke depan, saya akan menerbitkan e-book “Speed Reading for Beginners” yang akan memberi panduan baca cepat secara sederhana dan ringan. Jika Anda ingin memperbaiki kemampuan membaca yang lebih baik, silakan daftar email Anda untuk mendapatkan buku tersebut secara gratis sekaligus mendapatkan update setiap posting baru dari blog ini.

Enter your email address: Delivered by FeedBurner

Selamat berlatih menjadi pembaca cepat.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Salam kenal

    nice blog,
    Pada saat ini waktu merupakan hal yang esensial, terutama bagi mereka yang mempunyai jam kerja padat. Padahal kebutuhan akan pengetahuan informasi sangatlah esensial untuk menunjang pekerjaan bahkan kehidupan sosial. Tengoklah, bagi mereka yang benar-benar sibuk atau sedang diburu deadline, pasti pernah terpikir betapa cepatnya waktu berlalu. Oleh karena itu bahasan mengenai membaca cepat benar-benar memberi salah satu solusi bagi banyak orang.
    Cuma hal yang perlu diingat adalah seberapa efektif membaca cepat ini dalam mendukung penyerapan materi dari buku yang sedang dibaca. Tentunya konsentrasi tinggi sangat dibutuhkan di sini, kecuali untuk beberapa individu yang memang mempunyai kelebihan.
    Salah satu trik untuk membaca cepat yang pernah saya dapatkan dari seorang teman adalah dengan hanya melihat bagian atas dari serangkaian huruf-huruf dalam kalimat. Memang hal ini terbukti untuk menambah kecepatan membaca. Namun, pada awalnya memang agak tidak nyaman. Tetapi yang perlu diingat adalah melalui banyak latihan pasti hal itu akan menjadi hal yang biasa.

    • Salam kenal juga Mbak Yoel,

      Pada awal latihan membaca cepat tingkat pemahaman mungkin akan drop. Hal ini merupakan penyesuaian ke kecepatan yang baru. Pada dasarnya otak manusia diciptakan Allah sangat hebat sehingga informasi yang banyak sekalipun secara prinsip bisa dikelola dengan baik. Nantinya pemahaman baca cepat akan setara dengan baca lambat bahkan bisa lebih baik karena membaca cepat membantu fokus dan konsentrasi.

      Ide dasar dari membaca cepat adalah memperbesar proses masukan data yang akan diolah oleh otak dan hati menjadi sebuah pemahaman.

  2. salam kenal mas,

    Perkenalkan saya eki mas, saya mau tanya seberapa efektif membaca yang dipaksakan mas? soalnya saya ingin sekali membaca cepat dan efektif tetapi untuk memahami sebuah kalimat bahkan suatu teks membutuhkan banyak waktu.
    bagaimana menyikapi itu mas? agar membaca bisa efektif dan efisien.
    email eki.robbi@gmail.com

    • Salam kenal Mas Eki,

      Membaca cepat harus bertahap, tidak bisa dipaksakan.
      Pada awal belajar memang akan kesulitan memahami kalimat karena antara kecepatan gerak mata dan koordinasi otak untuk memahami belum sinkron. Namun dengan latihan rutin dan pembiasaan, pemahaman akan jauh lebih baik dan bisa melihat persoalan dalam konteks lebih besar.

      Jadi jika mulai belajar membaca cepat, naikkan kecepatannya sedikit demi sedikit. Mirip seperti naik mobil. Sampai didapat tenaga yang optimal baru ditingkatkan lagi.

      Selamat mencoba.

Speak Your Mind

*