Membangun Kursus Online Berbasis Pengetahuan

Sejak dulu saya sangat mencintai dunia belajar dan mengajar. Itu mengapa saya sangat senang menulis di blog karena bisa berbagi dengan banyak orang. Berbekal pengalaman saya di bidang pelatihan, saya tertarik merancang dan mengembangkan kursus komprehensif untuk topik yang saya kuasai. Tulisan ini akan bercerita, bagaimana saya membuat kursus online dengan cepat menggunakan teknologi online yang gampang dipakai.

 

Memilih Topik

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika Anda ingin membuat pelatihan apapun adalah menetapkan topik. Topik yang baik adalah persinggungan antara minat, keahlian, dan kebutuhan pasar.

Sebagai contoh, saya memiliki minat yang besar di bidang pengajaran, lebih khusus lagi bagaimana membuat proses belajar menjadi mudah sekaligus menyenangkan.

Selanjutnya saya mengidentifikasi beberapa keahlian yang saya punya, diantaranya keahlian membaca cepat, dan kemampuan bagaimana mengajarkannya kepada orang lain dengan cara terbaik.

Terakhir, saya mencoba melihat hubungan antara topik yang akan dipilih dengan kebutuhan orang banyak. Karena setiap orang pasti berurusan dengan aktivitas membaca, terlebih di abad informasi ini, maka topik tersebut memiliki audiens yang sangat luas mulai dari pelajar, sampai profesional.

Dari irisan ketiga hal tersebut lahirlah kursus online Speed Reading for Smart People.

Anda pun bisa mencari tahu apa yang menjadi minat, keahlian dan kebutuhan. Minat akan membuat Anda semangat melakukannya. Keahlian akan membuat Anda merancang pelatihan yang memang berkualitas karena Anda ahlinya. Dan kebutuhan pasar menentukan apakah pelatihan yang Anda rancang dibutuhkan atau tidak.

Membuat Bahan Pelatihan

Pekerjaan terberat yang harus menjadi perhatian utama Anda adalah membuat materi pelatihan yang berkualitas. Di sini sebagai perancang materi, Anda perlu mempertimbangkan apa saja yang akan dibahas dan sejauh apa pembahasan akan dilakukan. Seorang trainer yang baik perlu mengkombinasi jumlah yang pas buat calon audiens. Tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak.

Anda bisa membaca di sini jika ingin mengetahui bagaimana cara saya merancang materi pelatihan.

Ini adalah tugas paling menantang karena Anda dituntut untuk berkonsentrasi, tekun serta memikirkan cara termudah agar peserta kursus mudah memahami apa yang Anda ajarkan. Di sini pula Anda bisa menetapkan apakah akan membuat materi video, audio, PDF dan lain-lain.

Teknologi Online

Berbicara teknologi, jangan pusing dulu. Pekerjaan ini bisa Anda serahkan ke orang lain yang memang menguasai. Tidak perlu dikerjakan semuanya sendiri. Untuk membuat pelatihan online yang sederhana namun powerful, saya menggunakan teknologi mudah:

1. WordPress

Ini adalah Content Management System paling populer dan mudah dipakai. WordPress paling banyak dipakai dalam membuat blog. Walaupun demikian, Anda bisa memodifikasi wordpress dengan berbagai plugins dan themes sehingga bisa dijadikan sebagai rumah untuk pelatihan online Anda.

2. Wishlist Member

Saya menggunakan WishList member yang merupakan plugins berbayar untuk mengelola sistem membership. Dengan bantuan plugins ini, Anda bisa mengatur halaman member, menentukan hak akses, dan melakukan otomatisasi lainnya. Karena sifatnya sebagai plugins, Anda cukup menginstallnya di wordpress dengan mudah tanpa perlu tahu PHP, HTML, CSS dan berbagai bahasa pemrograman web lainnya.

Untuk itu Anda perlu mengeluarkan uang $97 untuk lisensi satu domain atau membeli lisensi multi domain dengan harga $297. Ini jauh lebih murah daripada Anda berusaha sendiri mengotak atik dan mengkustomisasi sistem membership kursus Anda.

Dan selesai.

Berbekal WordPress dan WishList, Anda bisa membuat kursus online seperti yang saya miliki saat ini yakni Kursus Membaca Cepat “Speed Reading for Smart People”.

Saya cukup membuat konten sebagai “halaman” di WordPress dan mengatur proteksi sekaligus hak akses menggunakan WishList.

Jika Anda profesional yang memiliki keahlian dan ingin merancang sebuah pelatihan online yang bermanfaat buat orang banyak, lakukanlah sekarang. Dengan merancang materi pembelajaran online, Anda bisa membuat sesuatu sekali untuk dimanfaatkan selamanya.

Mari membangun Indonesia dengan kursus online berbasis pengetahuan.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Terima kasih info dan inspirasinya,. sejak tahun lalu blog Mas Noer sudah kupasang blogroll dan saat menulis tentang membaca ke buat link di sini walaupun belum ke link artikelnya. Maklum saat akan membuat link koneksi sedang lambat untuk membuka blog Mas Noer sulit sekali. Tetap semagat berbagi kebaikan . Wassalam.

    • Terima kasih Pak Agus. Dalam artikel ini saya ingin bercerita bahwa membangun kursus online sebenarnya tidak terlalu susah asal punya semangat dan kemauan. Tetap semangat.

  2. Menarik sekali…

  3. Salam sukses Pak Nur,
    Terima kasih sudah berbagi. Ilmunya sangat bermanfaat. Saya punya pertanyaan. Bagaiamana caranya kita mengindari hacker dan virus di blog kita? Kalau kita sudah bayar, apakah kita masih punya “wordpress” di nama web kita? Apakah keunggalan website yang dibuat ahli (biasanya kita bayar orang untuk membuat itu) dengan wordpress?

    Terima kasih.

  4. thanks info-nya.
    Bagaimana caranya agar website yang kita bangun banyak pengunjungnya, sehingga peserta kursus jadi banyak?
    Thanks

  5. keren, saya bisa belajar bisnis kursus online, , terimakasih artikel nya.

  6. Imam Syahrobani says

    Salam mas,

    Mw ty, klo saya buat kursus online via email kira2 efektif ga?

Speak Your Mind

*