Belajar Pendidikan Anak di Rumah Inspirasi

rumah-inspirasi

Salah satu blog Indonesia yang mengangkat tema pendidikan adalah Rumah Inspirasi. Blog ini dikelola oleh Sumardiono atau akrab dipanggil Aar, seorang tokoh di bidang home-schooling. Bersama istrinya Lala, Aar mendidik anak mereka belajar secara mandiri dari rumah.

Jangan bayangkan home schooling identik dengan belajar di rumah saja. Lewat kreativitas, kita bisa mengajak anak untuk belajar banyak hal menggunakan media internet, materi pelajaran online, maupun beraktivitas langsung di rumah dan alam sekitar.

Sebagai seorang yang juga memiliki perhatian di bidang pendidikan, saya sangat suka melihat konten rumah inspirasi yang sering memberikan ide-ide bagaimana mengajak anak belajar secara kreatif sambil bermain. Dengan demikian, hampir semua aktivitas sehari-hari di rumah bisa dijadikan bahan belajar. Ini membuat anak belajar dengan nyaman karena bahkan mereka tidak merasa sedang belajar secara khusus.

Setidaknya ada beberapa tema besar yang ada di blog ini yang bisa Anda jelajahi:

 

1. Parenting

Menjadi orangtua bukan pekerjaan yang mudah. Dan kebanyakan orangtua tidak pernah belajar secara khusus bagaimana menjadi orangtua yang bijak buat anak-anak mereka. Karena itu, belajar ilmu parenting akan membuka wawasan kita bagaimana berinteraksi dengan anak, membina kedekatan dan hubungan batin, serta mendidik anak lewat cara-cara yang sesuai dengan usia mereka.

 

2. Home Schooling

Bagi sebagian orang, pendidikan buat anak merupakan hal yang sedemikian penting. Ada berbagai metode pendidikan yang berkembang di sekolah-sekolah formal. Dan sebagian orang memilih untuk terjun langsung mendidik anak mereka.

Saya pribadi tidak menjalankan home schooling. Tiga orang anak saya belajar di sekolah formal dan ditambah dengan belajar di rumah. Walaupun demikian, belajar metode-metode home schooling membantu orangtua bagaimana mendidik anak mereka di rumah. Sebab bagaimanapun orangtua adalah guru pertama buat anak-anaknya. Tentu tidak pantas jika seluruh aspek pendidikan anak diserahkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab guru dan sekolah.

 

3. Materi Belajar Berbagai Subjek

Rumah Inspirasi juga membantu Anda untuk melihat materi belajar berbagai subjek: matematika, bahasa, komputer dan banyak lainnya. Selain materi belajar yang umum ada di sekolah, website ini secara unik juga membahas materi belajar yang tidak biasa untuk anak seperti sulap, memasak, dan musik.

Jika Anda tertarik dengan materi yang lebih khusus, Rumah Inspirasi juga menyediakan materi belajar lewat flash card maupun matematika online.

Saya sangat menyarankan buat Anda para orangtua, pendidik, guru, maupun belajar untuk berkunjung dan belajar dari sana. Ini adalah salah satu blog berkualitas Indonesia yang secara khusus membahas tema pendidikan dan mengemasnya dengan cara yang tampil beda.

Dengan belajar dunia pendidikan, kita sebagai orangtua bisa turut berperan serta dalam mendidik anak-anak di rumah dengan lebih baik lagi. Bukankah itu salah satu kewajiban sebagai orangtua?

Selamat belajar dan bereksplorasi.

Comments

  1. endang sudarmaji says:

    Subhanallah, luar biasa. Sungguh informasi yg bermanfaat terkait dunia pendidikan & tips belajar mengajar bg ortu & anak. Saya sangat suka dg ringkasan & refrensi ttg blog rumah inspirasi ini. Semoga semakin banyak blog-blog & pengelola situs bermanfaat si negeri kita. Terima kasih Mas Noer semoga info & apa yg sdh dilakukan selama ini menjadi amal shalih yg bermanfaat bg sesama & jadi tabungan kebaikan di adi akhirat kelak. Salam buat teman2 pencinta blog sehat & bermanfaat. Amin.

  2. setuju pak,

  3. program home schooling seperti ini sangat cocok sekali untuk lebih mendekatkan antara orang tua dan anak…
    Sangat harmonis sekali sepertinya jika setiap orang tua mampu menerapkan program ini.. ^_

  4. trims infonya tapi sayang anak2 q sudah besar, kenapa g’ dari dulu ada iternet ya

  5. Terima kasih mas Nur atas artikel dan apresiasinya. Semoga apa yg kami sajikan bermanfaat bagi keluarga2 Indonesia. Semoga kita bisa bersinergi dalam karya utk Indonesia yang lebih baik.

  6. Dari pada internet untuk hal yang kuramng pentings eperti bermain game online mending mengarahkan anak untuk menyelami situs tersebut ya..
    trims mas atas info situs yang menarik ini dan sukses selalu buat anda

  7. tulisan anda benar benar luar biasa…informasi sangat bagus, menjadikan inspirasi buat saya sebagai orang tua..mohon kirim lagi tulisan anda yang bagus bagus, buat tambah wawasan saya. mks ya…

  8. Mas Noer tulisan Anda keren2, apa ga mau di bukukan?

  9. Sri Rahayu says:

    Manfaat Belajar di Rumah

    Perhatian Khusus
    Salah satu yang paling penting dari semua manfaat dari homeschooling adalah bahwa anak Anda bisa mendapatkan satu perhatian khusus. Satu perhatian khusus tidak hanya akan membantu anak Anda, tetapi juga akan membantu Anda dalam memenuhi semua kebutuhan pendidikan dan perkembangan anak Anda. Hal ini juga akan memberikan Anda berdua cukup ruang untuk saling memahami dan membangun hubungan yang sangat penting antara guru dan siswa.

Speak Your Mind

*