Singapura, Orchard Road, dan Banjir Besar

Setelah beberapa kali menulis tentang topik Speed Reading, kali ini saya ingin bercerita topik yang lebih ringan yakni kepindahan saya ke Singapura.

Mungkin tidak banyak yang tahu, tak lama setelah launching kursus membaca cepat Senin, 21 Juni 2010 yang lalu, tepat dua hari setelahnya 23 Juni 2010 saya resmi pindah ke kantor baru di Unilever Asia Private Limited di Singapura. Perpindahan ini cukup mendadak karena saya diperlukan untuk melakukan studi organisasi di beberapa negara. Ini akan menjadi tugas yang berat sekaligus menantang buat saya. Semoga saya diberi kekuatan dan kemudahan untuk menjalankannya dengan baik.

 

Proses Kepindahan

Alhamdulillah proses kepindahan berjalan lancar, meskipun waktu terbatas untuk mempersiapkan diri. Hampir saja saya tidak mendapatkan tiket dan masih status cadangan sampai sehari sebelum keberangkatan. Namun akhirnya saya berhasil berangkat tepat waktu.

Kedatangan saya yang kelima kali di negeri pulau ini sedikit berbeda. Jika sebelumnya saya hanya berkunjung untuk 1-3 hari, maka kali ini saya akan menetap untuk beberapa bulan lamanya sampai proyek selesai.

 

Tempat Tinggal dan Orchard Road

Saat ini saya masih bertempat tinggal di hotel, persis di jantung keramaian Singapura, Orchard Road yang ramai sejak pagi sampai tengah malam. Dari jendela kamar saya bisa melihat keramaian di daerah ini sepanjang hari. Jalanan ini sempat banjir cukup hebat beberapa waktu lalu namun bisa diatasi dalam tempo 1-2 jam saja.

IMG_0521

Seharusnya saya menempati apartemen, namun sayang semuanya full booked. Saya masih menunggu sampai pertengahan Juli nanti. Apa mungkin karena dipakai orang Indonesia yang lagi liburan? Sebab hampir di setiap tempat yang saya kunjungi saat ini cukup banyak orang Indonesia lagi liburan dan sibuk berbelanja.

Jarak dari hotel ke kantor cukup dekat sehingga setiap hari saya berjalan kaki sekitar 10 menit pulang pergi. Trotoar di sini lebar-lebar dan sangat menghargai para pejalan kaki. Ada banyak kursi-kursi di sepanjang trotoar untuk sekadar santai atau istirahat. Posting yang sedang Anda baca ini saya tulis sambil bersantai di pedestrian area persis depan Mandarin Gallery, Orchard Road.

IMG_0523

 

Apa Yang Saya Sukai Dari Singapura

Ada 3 hal yang paling saya suka di sini. Pertama, akses informasi yang mudah. Sejak dari bandara, pusat perbelanjaan, maupun hotel, Anda akan mendapatkan informasi seputar Singapura dengan mudah. Mulai dari rute MRT, bus, tempat-tempat menarik yang perlu dikunjungi, maupun informasi penting lainnya. Bahkan jika Anda baru pertama kali datang sekalipun, selama Anda bisa membaca peta dan instruksi yang diberikan, Anda bisa melancong sendirian tanpa harus banyak tanya sana sini.

Kedua, akses internet yang cepat dan mudah. Ya, Singapura terkenal memiliki infrastruktur IT yang sangat baik di Asia. Tak jarang penyedia jasa internet besar membuka server-nya di negeri ini untuk melayani negara-negara Asia Pasifik. Saya sendiri bisa menikmati koneksi broadband yang cepat. Seluruh video seri membaca cepat dengan ukuran file asli sekitar 30 MB per video dapat diupload dengan cepat kurang dari 1 menit setiap videonya. Karena itu, saya mengupload semuanya ke Facebook sebagai alternatif buat yang tidak biasa menggunakan YouTube. Tidak hanya itu, sebagai pengguna mobile internet, saya memiliki ketergantungan akses internet buat handphone. Berbekal SIM Card dari SingTel seharga SGD 10, saya bisa menikmati akses wireless gratis dari Wireles@SG untuk iPhone saya hampir di semua tempat di negeri ini. Dengan demikian, saya bisa membalas segera email-email penting atau sekedar update status via Twitter.

Ketiga, akses transportasi yang mudah dan efisien. Di sini kita tidak akan mendapati kemacetan yang berarti karena transportasi publik dipakai semua orang. Mulai dari pekerja biasa sampai direktur perusahaan naik bus dan kereta api bawah tanah (MRT). Dengan cara ini, kita bisa pergi kemanapun dalam waktu yang singkat paling lama 1 jam saja. Tidak hanya itu, jam operasional juga bisa kita lihat dengan mudah di setiap stasiun MRT atau perhentian bus. Ini berbeda dengan KRL Jakarta yang kadang telat berjam-jam di mana saya pernah menjadi penumpang setianya.

 

Apa Yang Akan Saya Lakukan Di Sini?

Selama di Singapura, saya akan melakukan proyek khusus terkait bidang Human Resources (HR) lebih spesifik lagi HR untuk manufacturing. Saya akan melakukan studi buat beberapa negara untuk melihat kesiapan organisasi mereka. Tugas ini sangat menarik karena jauh berbeda dari pengalaman selama ini yang lebih banyak di pabrik dengan urusan Industrial Relations-nya. Sekarang saya dapat kesempatan menganalisa organisasi dalam konteks yang lebih luas. Ada banyak negara yang akan dipelajari mulai dari Asia, Afrika dan sebagian Eropa.

 

Bagaimana Dengan Blog Ini dan Kursus Membaca Cepat?

Jangan khawatir, saya akan tetap aktif menulis di blog MuhammadNoer.com setelah usai jam kerja. Blogging sudah menjadi kebutuhan saya untuk sharing dan mengasah pemikiran. Sudah banyak judul tersedia di kebun ide saya siap untuk dituliskan.

Di samping itu, saya akan tetap menjalankan kursus membaca cepat online – Speed Reading for Smart People yang kini telah diikuti lebih dari 80 member. Karena akses internet yang lebih cepat, kini saya akan lebih mudah meng-upload video dibandingkan sebelumnya di mana komputer harus ditinggal semalaman sampai proses upload selesai.

Itulah laporan singkat 5 hari terakhir saya di Singapura. Jika Anda punya rencana berkunjung dalam waktu 2-3 bulan ke depan, just let me know. Mungkin kita bisa ngobrol santai sambil minum kopi di Orchard Road :). Berikut video singkat yang sempat saya rekam di pinggir jalan sambil membuat posting ini.

 

[quicktime]http://noer.s3.amazonaws.com/mandarin.mp4[/quicktime]

Muhammad Noer

 

STOP PRESS:

Pendaftaran kursus membaca cepat online – Speed Reading for Smart People akan ditutup 1 Juli 2010. Buat Anda yang tertarik namun belum sempat mendaftar, lakukan sekarang sebelum terlambat. Setelah ini saya akan berkonsentrasi pada grup pertama kursus dan belum bisa memastikan kapan pendaftaran dibuka kembali. Diskon khusus 50% masih berlaku sampai 30 Juni 2010, don’t miss it.

Silakan klik link berikut untuk bergabung http://www.membacacepat.com/daftar/

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Sugiantoro says

    Selamat atas pekerjaan barunya. Bagi saya, jadi meningkat referensinya, nich. Selamat.

  2. Selamat menjalani aktivitas baru di negeri tetangga pak, sukses untuk smua proyek bapak 😀

  3. agustpatty says

    saya bangga dengan anda p”nur krn tugas yg anda emban merupakan bukti bahwa sumber daya manusia indonesia yg berkualitas telah mendapat pengakuan yg luas dari berbagai negara. maju terus, kami mendukung kerja anda secara moral.

  4. Trisila Wuriyanto says

    Selamat siang Pak, saya Trisila
    saat ini juga berniat untuk mendalami HR, sebelumnya saya bekerja sebagai maanager produksi selama 8 tahun, dan saat ini sedang tertrik pada HR, kalau ada yang baik di HR tolong bisa di kasih ke saya .
    Terimkasih dan sukses selalu.

    • @ Trisila

      Selamat mendalami bidang HR dengan pengalaman di produksi selama 8 tahun saya yakin tidak akan sulit beradaptasi. Terutama jika yang ingin didalami adalah HR berhubungan dengan Supply Chain/Manufacturing.

      Jika belajar topik HR lainnya seperti knowledge management, organisational development, remuneration dll perlu banyak baca referensi karena selalu ada hal-hal baru. Saran saya coba sering browsing ke http://www.workforce.com

  5. selamat bekerja dan berkarya, mas noer. semoga Allah senantiasa memberikan yang terbaik buat mas noer dan keluarga. meski di negeri seberang, bukan berarti harus kehilangan komunikasi dg rekan2 sejawat di tanah air, kan? kursus membaca cepatnya jalan terus, sementara mas noer juga terus bersemangat utk tetap berkarya. salam sukses.

  6. Priyono Hs says

    Selamat Cak Nur,
    Tulisan seperti ini yang dapat memotivasi kami,
    Terus… tuangkan apa yang Cak Nur rasakan, biarkan mengalir dan kami pembaca yang akan memetik hikmahnya, semoga apa yang Cak Nur lakukan menjadi ladang amal bagi Cak Nur dan menjadi hikmah bagi kami.

    Salam.

  7. Terima kasih sahabat-sahabat semua atas dukungan dan doanya. Semoga saya bisa bekerja dan belajar dengan baik di sini.

    Buat Pak Sawali, insya Allah kursus akan tetap berjalan dengan baik Pak. Saya bahkan baru membeli 5 buku untuk referensi modul-modul berikutnya 🙂

    Salam,
    M. Noer

  8. wah luar biasa mas, bisa ke singapore jadi ngiri neh hehehehe,,,,salut bisa multitasking gitu tetapi blogging juga lancar 🙂 btw, nice artikel mas, salam kenal dari makassar 😀

    http://pengembangandiriku.blogspot.com/2010/07/download-e-book-gratis-kata-kata.html

  9. Sebelumnya hanya dengar – dengar saja sehingga tidak penuh ceritanya…so, by reading this out..help me that much to get to know more about ur role up there pak…
    em Proud of u pak!
    All the best…yaa!

  10. Dafid Jefrizal says

    salam kenal mas nur………
    saya banyak membaca artikel di blog anda yg banyak membantu saya untuk belajar………terutama speed reading. terima kasih ya
    semoga semua hidup berbahagia……..amien

Speak Your Mind

*