Teknik Mencatat Kreatif dengan Mind Mapping

Mind Map Learning Organisation

Pernahkah Anda mendengar Mind Mapping atau Peta Pikiran? Mind Mapping adalah sebuah cara mencatat dengan memanfaatkan bagaimana otak bekerja. Teknik ini diperkenalkan oleh Tony Buzan, seorang ahli dan penulis produktif di bidang psikologi, kreativitas dan pengembangan diri.

Menurut Buzan, otak bekerja dengan gambar dan asosiasi, dan cara mencatat Mind Mapping juga mengandalkan gambar dan asosiasi tersebut.

Saya mengenal Mind Mapping pertama kali pada tahun 1995 ketika duduk bangku SMU dan sejak itu menjadi pengguna rutin teknik mencatat yang kreatif ini. Pada awalnya mencatat dengan cara ini terasa aneh karena menggunakan gambar dan kata-kata yang singkat. Tapi setelah terbiasa, cara ini sangat nyaman dan bisa disesuaikan dengan preferensi Anda. Berdasarkan pengalaman pribadi, saya bisa mencatat 1 bab materi teks book yang cukup kompleks terdiri dari sekitar 30 halaman dalam satu lembar catatan Mind Map ukuran A4.

 

Bagaimana Memori Bekerja

Sebelum melihat lebih lanjut tentang Mind Mapping, saya ingin menjelaskan bagaimana daya ingat bekerja. Secara sederhana, daya ingat terkait dengan persepsi, perhatian yang Anda berikan (attention), dan proses berpikir atau memahami (reasoning).

Informasi yang Anda terima akan dikaitkan dan saling terhubung dengan informasi yang sebelumnya telah diketahui atau dialami. Dengan demikian, secara alamiah manusia memilih informasi apa yang disukainya untuk diingat dan informasi apa yang tidak ingin disimpan.

Proses memanggil kembali informasi ini bergantung kuat pada asosiasi yang dibentuk. Semakin kuat asosiasi sebuah informasi akan semakin mudah diingat dan dipanggil kembali.

Selain itu aspek emosi juga memegang peranan penting dalam daya ingat. Itu kenapa informasi yang memiliki aspek emosi akan lebih mudah diingat dan cenderung sulit dilupakan.

Masih ingatkah Anda ketika bertemu belahan hati yang sekarang sudah menjadi istri?

Masihkah Anda bisa mengingat getaran-getaran asmara pada saat itu?

Bagaimana Mind Mapping Bekerja

Setelah Anda mengetahui cara memori atau daya ingat bekerja, sekarang kita akan melihat hubungannya dengan Mind Mapping. Pada teknik Mind Mapping, Anda akan mencatat menggunakan kata kunci (keyword) dan gambar.

Perpaduan dua hal tadi akan membentuk sebuah asosiasi di kepala Anda dan ketika Anda melihat gambar tersebut maka akan terjelaskan ribuan kata yang diwakili oleh kata kunci dan gambar tadi.

Berikut contoh sederhana: Coba bayangkan kata “jeruk”. Ketika Anda membayangkan sebuah jeruk, maka Anda melihat buah yang berwarna kuning, rasa yang kadang manis dan kadang sedikit asam, atau segelas jus jeruk yang menyegarkan.

Pernahkah ketika mendengar kata jeruk yang terbayang di benak Anda adalah huruf-huruf J-E-R-U-K? Kecil kemungkinan hal itu yang Anda bayangkan. Demikianlah dalam Mind Mapping, Anda cukup menuliskan kata kunci yang mewakili dan gambar yang paling sesuai dengan asosiasi dan preferensi Anda.

Dalam membuat Mind Mapping juga disarankan menggunakan warna. Cara ini akan mempermudah Anda untuk menyusun pokok pikiran yang berbeda serta memperkuat efek asosiasi yang dibentuk oleh kata kunci-gambar-warna.

how-brain-works

Dengan demikian Mind Mapping menjadi cara mencatat yang mengakomodir cara kerja otak Anda secara natural. Berbeda dengan catatan konvensional yang ditulis dalam bentuk daftar panjang ke bawah, maka mind mapping mengajak Anda untuk membayangkan suatu subjek sebagai satu kesatuan yang saling berhubungan.

Jika menggunakan catatan konvensional, Anda harus menghafal daftar panjang yang Anda buat dan seringkali ada yang terlewati.

Sebaliknya dengan mind mapping, secara mental Anda membangun sebuah gambar yang dapat dibayangkan. Ketika gambar tersebut muncul dalam benak Anda, maka seluruh penjelasan yang terkandung di dalamnya akan terjelaskan.

Membuat Catatan Mind Map Pertama Anda

Untuk membuat mind map tidak sulit. Yang Anda butuhkan adalah:

  • Kertas putih bersih. Disarankan menggunakan kertas yang cukup lebar kira-kira ukuran A4. Jangan gunakan kertas bergaris karena akan mengganggu gambar yang Anda buat
  • Pensil, spidol warna-warni
  • Kreativitas dan imajinasi Anda

Pada contoh berikut saya mencoba merangkum buku berjudul “The Ultimate Book of Mind Map” setebal 230 halaman karangan Tony Buzan.

Maka langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Tulis judul di tengah-tengah kertas dan beri gambar yang sesuai untuk memudahkan mengingat judul tersebut.
  • Buat cabang utama terkait topik tadi misalkan apa definisi mind map, bagaimana otak bekerja, apa itu kesuksesan, latihan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana aplikasinya.
  • Teruskan dengan membuat cabang-cabang utama lainnya dan gunakan warna berbeda.
  • Ingat beri label setiap cabang hanya dengan kata kunci saja. Semakin sedikit semakin baik. Anda mencatat bukan untuk menghafal melainkan untuk memahami dengan bahasa Anda sendiri.
  • Selanjutnya dari tiap cabang buat sub cabang untuk hal-hal yang saling berhubungan.
  • Gunakan garis-garis lengkung dan alur yang nyaman buat Anda. Tidak ada aturan khusus dalam membuat mind mapping sebab Anda-lah sang seniman.
  • Jika ada hal-hal yang berhubungan pada sub yang berbeda, Anda bisa menarik garis sebagai pengingat adanya kaitan antara kedua hal tersebut.
  • Selesai

Berikut contoh catatan akhir yang saya buat untuk merangkum buku ke dalam selembar catatan.

Dengan catatan ini Anda akan dengan mudah mengingat ada lima pokok yang harus dibahas dalam buku tersebut. Dengan alur-alur yang diberi label kata kunci tertentu dan gambar Anda dapat membayangkan dan memahami keseluruhan catatan yang Anda buat tanpa harus menghafal. Menarik bukan?

Beberapa Contoh Mind Map

Berikut beberapa contoh Mind Map yang saya buat ketika kuliah dulu di bidang Ekonomi dan Marketing sekitar 10 tahun yang lalu. Mohon dimaafkan mind map ini kurang mengikuti kaidah penggunaan warna karena saat itu saya tidak punya pensil warna warni.

Setiap lembar catatan tersebut merupakan rangkuman 1 bab yang saya pelajari. Ketika akan menjalani ujian, saya cukup mengandalkan beberapa lembar catatan tadi dan melakukan review 30 menit sampai 1 jam ketika banyak orang lain akan begadang semalaman untuk mempersiapkan diri.

muhammadnoer-advertising-mindmap

muhammadnoer-inflation-mindmap

muhammadnoer-Economic-Growth-mindmap

Dan jika harus menjelaskan kembali isi dari catatan tersebut setelah sekian tahun, Insya Allah saya masih bisa melakukannya dengan runtut dan lengkap. Mudah-mudahan ini memotivasi Anda untuk membuat catatan yang kreatif dan bertahan seumur hidup.

Pada posting lain saya menjelaskan bagaimana merangkum bahan bacaan Anda ke dalam satu lembar catatan mind map. Anda bisa membaca posting lengkapnya di sini dan melihat simulasi videonya di sini. Saya juga akan membahas bagaimana menggunakan mind map untuk berbagai keperluan misalkan: catatan untuk sebuah pidato atau presentasi, brainstorming, dan masih banyak lagi.

Dan sekarang, Anda juga bisa belajar mind map diajarkan langsung oleh ahlinya.

Selamat mencoba.

Comments

  1. Herman Soetomo says:

    Salaam.

    Senang sekali membaca artikelmu tentang Mind-Mapping. Keep on the good works.

  2. inspiratif.
    Sayang, walaupun udah baca bukunya, tetap aja sampai sekarang blom sukses menggunakan mind mapping.

  3. Mas,kuunduh ke tempatku ya 🙂

  4. nah ini yg enak di unduh 🙂

  5. Wah bagus Pa Noer..sring kirim ya…he heMakasih banyak

  6. knapa your succes secret br dibuka skrng pa, bukannya 10 thn lalu?

  7. Kunjungan perdana Mas,…. Artikel yang sangat bermanfaat,…. segera akan dipraktekin,…

    • Terima kasih untuk support semuanya. Setelah sekian lama, baru sekarang saya menulis tentang Mind Mapping ini. Insya Allah topik ini masih akan terus berlanjut.

  8. @ Nurul NoerSilakan diunduh say, sorry baru bisa balas.@ Djafar @ IwanInsya Allah topik ini akan masih terus berlanjut@ Nur KhotimahTidak bermaksud menahan informasi, cuma dimudahkan untuk menuliskannya kembali untuk konsumsi publik baru bisa setelah 10 tahun lalu.

  9. Good point there. Tony Buzan emang kreatif. Kalo saya ada juga punya metode food mapping, bikin peta tempat makan paling enak di sekitaran samarinda, hehe..

  10. trima kasih mas… artikel seperti ini untuk pengusaha pemula sangatlah berguna… keep write best article…

    salam kenal juga

  11. kelemahan dari mind mapping apa ya ?

    • @ Hera
      Mind Mapping menurut saya cara yang baik untuk mencatat.
      Jika ditanya kelemahan, mungkin buat yang belum terbiasa relatif lebih sulit untuk memulainya dan menata mind mapping sehingga mudah dipahami. Tapi seiring dengan kebiasaan, maka kelemahan tersebut akan teratasi dengan sendirinya.

  12. Cucu Sutisna says:

    Salam kenal. Nama saya Cucu Sutisna. Sudah berkali-kali di berbagai tempat saya melatihkan cara membuat mind mapping. Dalam waktu dekat ini juga saya akan mentraining guru-guru di Majene Sulbar, diantaranya tentang Mind Mapping. Tulisan Mas Muhammad Noer akan menambah lengkapnya bahan dan presentasi saya, mudah-mudahan. Sekali lagi terima kasih. Oh ya, saya sendiri sudah (agak) terbiasa mencatat dengan mind mapping dan hasilnya sangat membantu memori saya dalam mengingat.

  13. Entien says:

    Saat pelatihan menulis oleh Farid Gaban, saya di ajari membuat Mind Mapp untuk memudahkan dalam membuat outline untuk sebuah tulisan.Memang top markotop, jadi lebih lancar, namun saya masih jarang menggunakannya.Artikel ini memacu saya untuk menggunakannya lagi.thanks..mas noer

  14. @ Cucu Sutisna
    Salam kenal juga Pak atau Ibu ya? Senang sekali Anda mengajar para guru. Saya juga mencintai dunia pengajaran. Mungkin kapan-kapan bisa berkolaborasi.

    @ Entien
    Betul sekali Mbak, mind mapping sangat berguna untuk pembuatan Outline, termasuk untuk pekerjaan kreatif misalnya brainstorming atau mengumpulkan berbagai ide liar ke dalam satu lembar catatan. Practice make perfect. Sering-sering dilatih biar makin lancar. Saya pribadi hampir semua catatan saya mulai dari urusan kantor sampai pribadi memakai mind mapping.

  15. salam kenal…..
    saya ega……
    mahasiswa universitas negeri medan (uimed)
    trimakasih atas atas artikel yg anda buat………….

    kbetulan tugas akhir saya sangat berkaitan dengan mind map……….
    alhamdulilah dosen- dosen say sangat menyukai tugas akhir saya……….

    terima kasih…………

  16. nurbaiti says:

    asslm.
    salam kenal y,,,
    saya mahasiswi UIN Ciputat
    sng bgt baca artkel anda…sblm’a ud pernh dgr si dari dosen n k2 klas.tp sya blm merasa puas sprti pnjlasan anda.saya akn m’coba m’praktikan’a mdah2an sgt b’mnfaat. amiin
    mksh y…

  17. Salam kenal Ega, Nurbaiti,

    Senang sekali jika tulisan tersebut bisa bermanfaat buat Anda. Silakan dipraktekkan nanti akan merasakan dampaknya termasuk dalam prestasi belajar.

    Untuk Ega, jika berkenan, tugas akhirnya bisa dishare ke saya jika sudah jadi.

  18. wah..
    makasih mas, membantu sekali artikel ini..

    salam kenal.
    ^-^

  19. ming mapping itu kita baca dulu keseluruhan dulu kan…..atau sebari baca sebari buat mind mapping? atau mind mapping itu di buat pada saat kita mendengarkan sebuah hal yang emang pengen kita ingat

    • Neri, membuat mind mapping bisa dua pendekatan.
      1. Kuasai materinya, buat mind map.
      Dengan cara ini, mind map bisa lebih terstruktur dengan baik
      2. Sambil menguasai bahan bacaan, sambil membuat mind map
      Cara ini kadangkala membantu memahami topik yang sulit dengan mencoba mengurai apa-apa yang sudah diketahui lebih dahulu tentang topik tsb. Dengan cara ini mind mapping pertama mungkin perlu direvisi supaya lebih baik.

      Selamat mencoba.

  20. Assalamulaikum…
    niy kebetulan saya lagi penelitian comparative antara mind mapping and word list..tapi lagi kesulitan refeensi mind mapping nich…
    ada gak pengalaman yang relerevan dalam dunia mengajar menggunakan mond mapping…
    mohon bantuannya….

    • Setahu saya saat ini sedang dikembangkan oleh teman-teman BLI (Buzan Licensed Instructor) dengan mengajarkan para guru menggunakan mind mapping di depan kelas. Para guru akan langsung menjelaskan materi pelajaran dengan membuat mind mapping-nya di papan tulis sehingga memudahkan siswa memahami pelajaran sekaligus mencatat. Salah satu tokohnya di Indonesia adalah Pak Djohan Yoga.

  21. Rongky famdale says:

    Wah senang baca email anda.
    Penelitian saya tahun 2005 juga tentang Mind Mapping
    Judulnya
    Pengaruh Variasi Teknik Mencatat (Mind Mapping VS Catatan Konvensional) dengan sikap siswa terhadap hasil belajar mengingat konsep.
    dan hasilnya
    Mereka yang mencatat dan belajar menggunakan Mind Mapping mempunyai hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan catatan konvensional

    • Salam Pak Rongky,

      Jika hasil penelitian tersebut boleh diketahui oleh umum, saya bersedia untuk memuat artikel Anda di blog ini. Silakan bisa dikirim ke email saya.

      Salam,
      M. Noer

    • muhammad says:

      apakah ada kendala yang serius yang dihadapi siswa dlam menggunakan mind mapping????

  22. Rongky famdale says:

    Jika ada yang tertarik pada Mind Mapping, dan ingin mengadakan penelitian
    saya bersedia membantu yang saya bisa. ok. email saya di rongky_famdale@yahoo.com atau rongky_famdale@telkom.net

  23. Tulisannya bagus dan bermanfaat, terimakasih.

  24. Assalamualaikum …
    Terima kasih atas postingnya. sangat bermanfaat dan membantu.
    semoga makin semangat bagi bagi ilmu.

    Terima kasih.

  25. ary bagus octora says:

    wah susah amat yah buat mind map…tapi semoga informasi ini berguna buat saya ..terima kasih!

  26. good artikel, thanks for information how to make good maid map

  27. terima kasih atas ilmunya..
    salam kenal..

  28. jannah says:

    Trimakasih atas artikelnya, saya share ya ke kawan2…

  29. farisan says:

    thanks very much for all

  30. dhani kusuma says:

    assalamualaikum.
    makasih mas Noer.akan coba saya terapkan.
    moga anda mendapat balasan dari ALLAH atas tulisan anda
    yg bermanfaat ini.
    TETAP CEMANGAT.
    wassalam

  31. dhani kusuma says:

    assalamualaikum.
    makasih mas Noer.akan coba saya terapkan.
    moga anda mendapat balasan dari ALLAH atas tulisan anda
    yg bermanfaat ini.
    TETAP CEMANGAT.
    wassalam

  32. muhammad says:

    senang bisa membaca artikel yang bapak tulis…
    rencananya saya ingin menggunakan pendekatan mind mapping untuk PTK dalam rangka penyelesaian studi S.1.bisakah pendekatan ini saya pake dibidang studi fisika???terus sekarang sy berada diwilayah makassar, sy mencari buku yang khusus membahas mind mapping tapi belum ketemu…sya sdh cari digramedia tp tdk ada
    mohon bantuanya

  33. Salam kenal mas Noer,

    Tulisannya sangat memberikan inspirasi buat saya… dan sekarang saya sedang mencoba untuk melakukan mind mapping untuk berbagai hal…. hasilnya luarrr biasa….

    Thanks ya mas…

    Wassalam…

  34. ada tugaz nhe disruh bikin mind mapping,,,
    ribet banget, apa lgi tentang kimia “ikatan kimia”..
    yg bisa jadi bhan gambarnya apa ya…????
    masuk sekolah dikit lagi dah,…
    aduh …aduh…

    jadi curhat deh…
    wkwkwkw

  35. salut saya dg bapak.tulisan bapak sangat membantu dan menginspirasi saya. Pak, saya lagit berencana menyusun tesis,pengennya tema saya tentang mind mapping. kira2 cocok tidak klau judul saya “penerapan mind mapping ini terhadap kemampuan berfikir kreati dan hasil belajar”?Trima kasih

    • Menurut saya judulnya menarik Mbak Desi. Jika ingin dilakukan seperti itu, maka saran saya perlu dilakukan pengujian terhadap sekelompok siswa yang sudah belajar dibandingkan dengan yang belum.

  36. M. Noer penjelasan kamu gampang bgt di mengerti,…saya butuh bgt ini,thanks ya….sukses terus…

  37. Houwen Lie says:

    Pak,, Apapun buku anda saya nantikan,, tapi mnurut saya yang paling interrest itu Presentasi efektif & Mind Mapping…

    Saya nantikan ya

  38. Salam kenal…
    saya lagi wat srkipsi tentang mind mapp, mo tanya membuat lembar observasi kreativitas dari mind mapp tu indikatornya pa ja???
    maksute indikator kreativitasnya mind mapp tu yang gimana???apakah yang gambarnya bagus, warnanya banyak ato gimana??? q bingung,
    thanks…

  39. Senang sekali baca tulisan bapak, ini mengingatkan saya tentang pelatihan bersama buzan’s mind map setahun yang lalu. Sekarang kami sudah menerapkan metode mind mapping dlm pembelajaran, tetapi guru menggunakan software jadi mempermudah penggunaannya di depan kelas. Trims atas sharingnya ya pak…:)

    • Salam Bu Rita,

      Senang sekali bisa berkenalan dengan Guru seperti Anda. Mungkin ibu bisa share juga bagaimana penerapan metode tersebut di ruang kelas.

  40. fiyah kembar says:

    salam kenal. pak bisa bantu ndak ya????
    sy lagi mau ngajukan skripsi PTK metode mind map untuk pelajaran Pend Agama Islam.
    bisa kasih referensi????

  41. syera syahira says:

    mind mapnbagaimanakah pling berkesan?????

  42. makasih mas saya donlot yah

  43. demi armenda says:

    bagus sekali mass, makasih

  44. prima Dini says:

    Ini Ilmu yang bermanfaat.Saya mau coba,dan ajarkan ke anak.Semoga mas muhammad sehat terus agar dapat memberi ilmu yang bermanfaat ke semua orang.

    tx buat ilmunya

  45. Houwen Lie says:

    Adakah ada perbedaan mind map hand made dengan free mind dalam hal hasil ?

    • Mind Map dengan tulisan tangan langsung tentu bisa lebih kreatif dibandingkan menggunakan software free mind. Sesekali perlu juga membuat mind map buatan tangan langsung untuk melatih aspek kreativitas tersebut dan membuat mind map yang beda dari kebanyakan.

  46. Wah…briliant…

  47. terimakasih postingannya pak, dari kemarin mencari tulisan tentang mind mapping dalam bahasa indonesia, biar lebih ngerti 🙂

  48. aynu;yaqin says:

    thanks tas artikel nya,klo bsa bahasa dan contoh dr keseharian kita, lbh jelas dan padat yar lbh mdh dpahami bgi yg lain

  49. MUHAMAD IQBAL HIDAYATULLAH (XI IPA ) says:

    ASSALAMUALAIKUM..
    SAYA MAU BERTANYA APAKAH buku berjudul “The Ultimate Book of Mind Map” setebal 230 halaman karangan Tony Buzan ITU TERSEDIA DI TOKO BUKU SEPERTI GARAMEDIA?????

  50. saya sdh mempraktekkan Mind Mapping kpd anak didik saya yg masih SD, mereka suka dgn metode ini
    mereka lebih semangad dan kreatif dlm menerima materi yg diberikan
    ijin share ke blog saya pak

Speak Your Mind

*