Bagaimana Membuat Facebook Bekerja Untuk Blog Anda

Tak dapat dipungkiri, Facebook telah menjadi social network site yang paling banyak diakses oleh pengguna internet. Dan Facebook juga menjadi sumber referensi paling atas untuk blog ini. Dengan kata lain, Facebook menyumbang porsi yang besar mengirimkan traffic ke blog yang sedang Anda baca. Facebook mengalahkan sumber referensi lain seperti sistem mailing list yang saya gunakan maupun website lainnya.

Bagaimana menjadikan Facebook sebagai sumber traffic yang baik buat blog Anda? Berikut cara yang dapat dilakukan agar Facebook bekerja untuk blog Anda. Lebih hebatnya lagi, semua bisa dilakukan secara otomatis tanpa Anda harus bekerja keras mengirim content ke Facebook

1. Ubah RSS Feed Anda Menjadi Notes di Facebook

image Dalam sudut pandang seorang blogger, yang paling penting adalah tulisan Anda sampai ke audiens tanpa memperdulikan darimana mereka membacanya. Apakah mereka membaca langsung dari blog Anda atau membacanya lewat Notes Facebook bukanlah masalah. Justru ketika content tersedia di Facebook, Anda akan mendapatkan viral effect di mana sebuah tulisan bisa beredar luas dengan sangat cepat.

Untuk itu saya membuat setting agar setiap kali posting terbaru muncul maka secara otomatis tulisan tersebut juga menjadi notes di Facebook. Anda dapat melakukannya dengan cara klik bagian Notes –> My Notes –> Edit Import Setting –> Masukkan alamat feed RSS Anda, biasanya dengan format http://www.bloganda.com/feed

Jika Anda kesulitan menemukan setting tersebut, setelah login ke Facebook, coba gunakan alamat berikut http://www.facebook.com/editnotes.php?import

clip_image004

2. Gunakan Tombol Share on Facebook

Facebook menyediakan tombol sederhana agar orang bisa membagi tulisan Anda kepada pengguna lainnya. Dengan adanya tombol tersebut, pembaca yang tertarik pada tulisan Anda dapat dengan mudah membagi tulisan tersebut ke Facebook. Dalam satu kali klik, tulisan Anda akan tersebar dan mempengaruhi teman-teman dari pembaca blog tadi. Jika tulisan Anda menarik dan bermanfaat, maka Anda akan mendapat viral effect dari user Facebook lainnya yang terus menerus men-share tulisan tersebut bahkan tanpa Anda sadari.

clip_image006

Jika Anda perhatikan blog ini, pada setiap awal dan akhir tulisan selalu ada tombol Share on Facebook. Jangan lupa untuk mengajak para pembaca Anda berbagi dengan mengingatkan mereka untuk mengklik tombol tersebut.

Untuk membuat tombol tersebut cukup mudah, Anda tinggal menginstall plugin Facebook Share dari http://www.appointy.com/web/facebookshare. Plugins ini juga memungkinkan Anda mengetahui berapa kali tulisan tersebut telah di-share oleh pembaca seperti screenshot di atas.

3. Update Status Anda Lengkap Dengan Link Ke Tulisan Terbaru

Jangan lupa lakukan update status jika Anda punya posting terbaru. Ini akan memudahkan teman-teman Anda maupun orang lain membaca status tersebut dan mengklik link yang diberikan. Dan tentu saja hal tersebut tidak perlu dilakukan manual. Anda bisa melakukannya secara otomatis tanpa intervensi atau log in ke manapun.

Apa yang saya lakukan adalah mengintegrasikan Twitter dengan Facebook. Caranya cukup install plugins dari www.Tweetmeme.com yang akan melakukan tweet otomatis ke Twitter ketika tulisan terbaru muncul. Selanjutnya lewat Twitter application di Facebook maka tweet tadi secara otomatis akan muncul sebagai status update di Facebook, lengkap dengan link-nya. Praktis bukan?

clip_image008

4. Gunakan Fan Page

clip_image010Fan Page berbeda dari Personal Page atau akun pribadi Anda di Facebook. Fan Page dikhususkan untuk sebuah institusi, atau bisnis Anda. Siapapun bisa menjadi fan dari sebuah halaman tertentu tanpa melalui proses approval. Semakin banyak orang yang senang dengan tulisan Anda, semakin banyak pula yang bergabung sebagai fan. Ini berarti, setiap kali Anda posting tulisan terbaru, maka otomatis akan muncul dalam News Feed seluruh fan Anda.

Tidak hanya itu, dengan fan page Anda bisa berinteraksi dengan para penggemar blog. Anda bisa mengirimkan berita, foto, update penting dan lainnya. Jangan lupa Anda juga bisa membuat posting blog Anda menjadi Notes di fan page.

clip_image012Jika Anda belum menjadi fan blog ini, jangan lupa untuk bergabung di sini.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda pakai agar Facebook bekerja untuk Anda.

Apakah Anda punya cara lainnya?

Silakan berbagi dengan pembaca lainnya.

Jika Anda suka tulisan ini, saya akan berterima kasih jika Anda klik tombol Share on Facebook di bawah agar menjadi populer di kalangan Facebooker 🙂

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. wah infonya sangat bermanfaat. yang dijelaskan itu mungkin masih berlaku, tapi karena semakin banyaknya yang menerapkan metode tersebut maka facebook akan berubah menjadi tempat sampah link.. ketertarikan orang untuk mengeklik link tersebut makin lama makin berkurang

  2. ini menarik, anda membahas semuanya secara lengkap … akan saya terapkan segera ..

  3. mas mo tanya kenapa tombol share facebook di blog saya tidak bisa digunakan dan di-like button-nya tertulis “terjadi kesalahan” mohon pencerahannya, terima kasih

    • Iroel, Saran saya coba dihapus dulu dan diinstall ulang plugins-nya. Kalau masih gagal juga coba pakai plugins yang sama seperti saya sarankan pada tulisan ini.

      Semoga berhasil.

  4. like button tetap error mas, apa ada yang blokir ya

Speak Your Mind

*