Bagaimana Meningkatkan Jumlah Subscriber Blog Secara Signifikan

heart,email,mail,message,letter,envelop,valentine,loveKurang lebih sudah hampir 2 tahun saya nge-blog. Alhamdulillah, pada saat posting ini terbit, jumlah subscriber blog ini sudah mencapai 5000 orang. Angka ini cukup menggembirakan sekaligus membanggakan buat saya. Ini membuktikan apa yang saya lakukan di blog ini “on track” sesuai harapan dan target ketika blog ini didirikan. Dengan tingkat pertambahan subscriber yang saya miliki sekarang, maka diperkirakan total subscriber blog ini akan mencapai lebih 7000 orang pada akhir tahun nanti.

Tidak mudah meyakinkan seorang pembaca menjadi subscriber. Orang hanya akan mau mendaftar jika dia memang merasa perlu untuk mendaftar. Pada awal nge-blog, saya butuh waktu lama hanya untuk memiliki 100 subscriber pertama. Namun setelah melakukan beberapa perubahan pada blog ini dan menerbitkan ebook online pertama saya, jumlah subscriber meningkat cukup pesat. Saat ini secara reguler saya bisa mendapatkan sekitar 30 subscriber baru setiap harinya. Jumlah ini akan meningkat tajam ketika periode launch seperti pada saat saya meluncurkan Kursus Membaca Cepat Online beberapa waktu lalu. Ketika itu rata-rata subscriber bisa mencapai 50-100 orang per hari.

Subscriber berbeda dari pengunjung biasa. Seorang pengunjung bisa saja sampai ke blog Anda secara tidak sengaja lewat browsing dan searching di sana-sini. Boleh jadi mereka menyukai blog Anda dan ingin berkunjung kembali. Namun tak jarang pengunjung tersebut gagal menemukan blog Anda kembali karena lupa melakukan bookmark dan mereka bukan subscriber. Akhirnya, pembaca potensial itu pun menghilang.

Dengan mengubah pengunjung menjadi subscriber, Anda akan memiliki basis pembaca yang kuat. Mereka secara setia dan rutin mengikuti apa-apa yang Anda tuliskan. Secara perlahan, sebagai blogger Anda membangun relasi yang kuat dengan para subscriber dan pembaca. Hubungan yang kuat ini pula yang akan membantu meyakinkan mereka untuk membeli jika Anda memiliki produk atau jasa yang dijual secara online.

Lantas, apa rahasianya agar blog Anda memiliki subscriber yang terus bertambah? Berikut hal-hal yang saya lakukan sehingga blog ini bisa memiliki tambahan subscriber sekitar 30 orang setiap harinya.

1. Menulislah dengan “passion”

Jika Anda ingin memiliki blog yang maju dan menjadi referensi banyak orang, maka menulislah dengan penuh dedikasi. Tunjukkan passion Anda pada blog yang Anda buat. Pembaca akan bisa merasakan semangat yang dimiliki seorang blogger. Ketika Anda menulis dengan penuh hasrat, maka tulisan Anda akan memiliki kekuatan sehingga orang datang untuk membacanya. Mereka akan membagi tulisan tersebut kepada orang lain. Dan tentu saja mereka pun akan menjadi subscriber karena ingin mendapatkan update dari posting terbaru Anda.

Posting reguler yang berkualitas akan mempertahankan subscriber yang sudah ada sekaligus meningkatkan pertambahan subscriber baru dari waktu ke waktu.

2. Beri insentif untuk mendaftar

Pengunjung butuh insentif untuk mendaftar atau menjadi subscriber. Mereka akan bertanya,

“Mengapa saya harus mendaftar ke blog Anda?”

“What is in it for me?”

Jawablah pertanyaan ini dengan memberikan sesuatu yang bermanfaat sebagai hadiah buat pengunjung blog Anda. Anda bisa memberikan ebook seperti yang saya lakukan atau membuat newsletter via email. Mungkin Anda berpikir, membuat ebook khan tidak mudah, lantas apa yang harus saya berikan? Tidak perlu bingung, pilihlah posting-posting terbaik dari blog Anda. Rangkum dalam sebuah dokumen, dan jadikan bunga rampai tulisan yang bisa didownload dalam format PDF. Anda juga bisa berkreasi dengan bentuk lainnya misalnya template presentasi yang Anda buat sendiri, desain gambar yang Anda ciptakan, dan lain-lain. Apapun bentuknya, jika seseorang merasa apa yang Anda berikan cukup berharga, mereka akan senang mendaftar ke blog Anda.

3. Buat form pendaftaran yang mudah terlihat

Jika Anda menawarkan orang untuk bergabung sebagai subscriber, maka buatlah form pendaftaran atau opt in pada tempat yang strategis dan mudah terlihat. Kebanyakan blogger menempatkannya di pojok kanan atas blog mereka. Buat headline dan desain yang memberi perhatian khusus pada tempat tersebut. Minta pengunjung Anda untuk mendaftar sebagai subscriber.

Mengapa harus meminta? Karena banyak pengunjung tidak mengerti bahwa sebenarnya mereka bisa mendaftar. Mereka suka blog Anda namun tidak tahu bagaimana caranya agar secara rutin mendapat update dari blog tersebut. image

4. Tempatkan form pendaftaran pada tempat strategis lainnya

Setiap blog memiliki posisi strategis di mana secara alami orang akan melihatnya. Selain area sidebar, akhir sebuah posting merupakan tempat strategis untuk meletakkan form pendaftaran. Dalam kasus blog ini, tempat tersebut berkontribusi pada tingkat jumlah subscriber harian yang hampir setara dengan form pendaftaran di sidebar. Mengapa bisa setinggi itu? Karena segera setelah pengunjung selesai membaca sebuah posting dan tertarik dengan blog Anda, mereka segera melihat form pendaftaran tanpa harus mencarinya ke mana-mana.

image

5. Gunakan autoresponder

Jika Anda salah seorang subscriber blog ini, tentu Anda mendapatkan email balasan segera setelah mendaftar. Email ini berisi ucapan terima kasih atas kesediaan Anda bergabung sekaligus link untuk mendownload ebook yang saya bagi secara gratis. Secara periodik, Anda juga akan mendapat follow up email yang menjelaskan mengapa saya membuat blog ini, tema-tema besar yang saya sajikan, sekaligus posting-posting terbaik yang pernah muncul.

Siapakah yang mengirimkan email ini untuk Anda? Apakah saya mengirimkannya satu per satu?

Tentu saja tidak. Semuanya dilakukan secara otomatis lewat autoresponder. Saya cukup menulis beberapa email follow up dan mengaturnya kapan harus dikirimkan. Dengan demikian blog ini bisa mengirim email update posting terbaru yang personalized kepada 5000 subscriber-nya secara otomatis.

Memang Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk itu. Saya menggunakan layanan berbayar dari Aweber yang banyak direkomendasikan blogger besar dunia dengan biaya sekitar USD 59 per bulan untuk mengelola 10.000 subscriber. Awalnya angka tersebut terlalu mahal hanya untuk mengelola email saja. Namun sekarang saya menilai harga tersebut pantas untuk kualitas dan hasil yang didapatkan.

Seluruh biaya yang dikeluarkan terbayar lunas ketika autoresponder yang sama membantu saya menciptakan hubungan yang personal buat subscriber blog ini. Sebagian dari mereka bergabung dalam kursus online Speed Reading beberapa waktu lalu. Autoresponder yang sama juga membantu istri saya menjalankan bisnis cloth diapers sekaligus membina relasi dengan pelanggan serta calon pelanggan.

Bagaimana dengan layanan gratis seperti email Feedburner dari Google? Bukankah memiliki kemiripan dengan autoresponder? Dalam hemat saya Anda bisa menggunakannya sebagai tahap awal membangun subscriber. Namun jika ingin tampil serius dan profesional, gunakanlah autoresponder berbayar seperti Aweber atau Getresponse. Saya sendiri sempat memiliki sekitar 2000 subscriber via Email Feedburner sebelum memutuskan pindah menggunakan autoresponder. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh autoresponder daripada sekedar email Feedburner. Salah satu yang terpenting adalah Anda bisa mengirimkan email secara langsung kepada subscriber pada waktu yang Anda tentukan, secara personalized.

Itulah 5 cara yang saya lakukan untuk meningkatkan jumlah subscriber blog ini secara signifikan. Jika Anda seorang blogger, sudahkah memulai membangun subscriber dan menciptakan basis pembaca yang kokoh buat blog Anda?

Jika Anda belum mendaftar untuk bergabung dengan blog ini, mengapa tidak melakukannya sekarang? Silakan mendaftar lewat form di bawah untuk mendapatkan update posting terbaru dari blog ini.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. wan muhamad salahudin says

    penulisan anda di blog sangat matang, gaya bahasa yang digunakan adalah tersususn dan sangat baik. dalam post ini, saya mendapati anda meletakkan link aweber.com dan juga getresponse.com sebagai. Saya ingin mencadangkan anda meletakkan url atau link affiliate anda dengan aweber dan getresponse. Ini mungkin akan memberikan sedikit keuntungan kepada anda memandangkan jumlah trafik yang banyak di blog anda.

    • Muhammad Noer says

      @Wan Muhamad

      Terima kasih atas komentarnya. Link yang saya sampaikan bukan link afiliasi. Mungkin nanti kalau saya jadi affiliate bisa dicantumkan.

  2. wah saya sangat terinspirasi dengan posting ini mas noer, terus terang saya juga sedang berusaha ke arah itu namun bagaimana meningkatkan pembaca blog jika blog kita masih gratisan mas?mohon pencerahannya 🙂

    • Untuk blog gratisan masih bisa mengikuti tips no 1-4. Tinggal membuat form pendaftaran yang mudah terlihat dan insentif bagi pengunjung untuk bergabung.

  3. Saya setuju dengan informasi Anda. Setiap responden akan bertahan pada blog Anda karena ada sesuatu yang bermanfaat. Namun, sampai saat ini saya belum memiliki blog karena saya belum memiliki waktu luang yang banyak untuk menjaga relasi dengan responden. Meskipun ada autoresponden, tetapi contentnya kan harus tetap diperbaharui. Trims ya.

  4. Terima kasih banyak atas informasi dan motifasinya. Mudah-mudahan dengan mengikuti blog Anda, bisa memacu smangat untuk menulis. Saya sudah memiliki blog namun belum bisa posting artikel/tulisan secara rutin.

  5. Info yang sangat bagus dan sangat memberi inspirasi kepada blogger untuk terus maju..

  6. nice info Mas,….bagaimana kalau menggunakan autoresponder lokal Mas??

    • Saya belum pernah pakai autoresponder lokal Mas. Saya sudah uji Aweber dan Getresponse keduanya oke. Saran saya bisa pakai salah satu dari keduanya jika serius ingin membangun email list. Performance-nya akan sangat bagus terutama dalam deliverability email.

  7. Mas Noer,
    Tulisan Mas Noer sangat memberi motivasi untuk selalu menulis dan menulis. Saya sangat salut dengan semangat dan strategi Mas Noer membagi waktu untuk selalu menghidupkan blog ini.

  8. aji suherman says

    suatu postingan yang pantas untuk di teladani, bikin orang jadi betah karena di dalam nya sarat/penuh dengan kata-kata bijak, informasi yg berguna bagi kita !

  9. wah…selamat mas…..
    mo nanya, gimana tips supaya ‘semangat’ dalam menulis? karena seperti yang mas bilang…’semangat’ menulis akan membuat ‘semangat’ yang membaca,tks

  10. terima kasih banyak atas semua info yang anda berikan,semoga bermanfaat bagi sahabat2 yang lainya,
    dan salam sukses selalu.

  11. Saya masih terus belajar untuk menyajikan tulisan yang baik dengan bahasa sederhana dan enak dibaca. Posting-posting dan blog anda memberi masukan posistif. Terima kasih.

    • @ Atakeo

      Semoga tetap semangat nge-blog.
      Practice makes perfect. Teruslah menulis dan secara alami akan terasah.

      Terus terang saya tidak pernah belajar penulisan secara khusus. Kadang saya mencontoh gaya penulisan orang lain, kadang saya menulis dengan pilihan kata terbatas. Namun karena sering dilakukan, perlahan tulisan kita akan memiliki keunikan tersendiri.

  12. silo semedi says

    assalamualaikum wr wb

    banyak ilmu yang saya dapat dengan membaca tulisan tulisan dari cak noer dan seperti nya cak noer tak pernah ada rasa sungkan menularkan sagala ilmu yang dimilikinya,bahasa kasare kata anak surabaya ORA PELIT NULARNO ILMUNE

    Wassalam
    silo semedi

  13. Wah, kebetulan nyasar ke blognya Mas Noer. Ternyata sangat informatif dan yang terpenting mudah dimengerti oleh awam seperti saya 🙂

    Thanks for sharing yo

  14. Salam kenal, baru kali ini sempat komentar walau hanya sedikit . Yang jelas saya senang semangat berbagi terutama cara membaca cepat yang langka. Wassalam

  15. saya selalu mengikuti perkembangan tulisan mas noer….
    banyak manfaat yang saya ambil dari tulisan2 yang dimuat…
    sukses terus dan di tunggu postingan yang lain

  16. satu kata yang salalu ingin keluar di setiap tulisan mas noer
    ” menarik dan bagus ”
    selalu di tunggu postingan – postinganya

  17. Saya menunggu2 kapan blog saya punya visitor sebanyak punya agan 🙂

  18. mau nanya mas, kalau liat listnya email yang sudah masuk dari feedburner gimana sih ? bisa gak fungsinya kaya autoresponse gitu?

  19. umar sidik says

    m noer emang murah hati bagi2 ilmunya, maturnuwun

  20. bang noer
    congrats profil anda sampai di promosikan oleh Yaro Starak. kebetulan saya cari info menambah folower blog eh nemu blog anda lagi. luar biasa pencapaian anda. sukses selalu bang. kebetulan saya juga dari sumatera, Bukittinggi tepatnya. 🙂

Speak Your Mind

*