Belajar Mind Map dari Ahlinya

foto-muhammadnoer-djohanyoga-face Hari Sabtu, 5 September 2009 yang lalu, akhirnya saya bertemu dengan Pak Djohan Yoga, pakar Mind Map Indonesia yang sekaligus menjadi Mind Map Certified Instructor for Asia untuk bidang pendidikan.

Sebelumnya saya dan Pak Djo – sapaan akrab beliau – sempat berkorespondensi beberapa kali lewat email. Dengan profilnya yang rendah hati, pembicaraan kami berlangsung hangat layaknya sahabat yang lama tak berjumpa.

Tugas Pak Djohan sebagai trainer yang merupakan profesi saya sebelumnya membuat kami gampang akrab dan saling berbagi satu sama lain.

Saat ini Pak Djo sedang sibuk berkeliling berbagai kota di Indonesia guna mempopulerkan Mind Map di kalangan guru dan pelajar. Beliau melatih para guru bagaimana menggunakan Mind Map di depan kelas untuk menjelaskan pelajaran agar mudah dipahami para siswa.

Sementara bagi siswa sendiri aplikasi Mind Map sangat berguna untuk mencatat pelajaran dan memudahkan siswa memahami materi pelajaran sekaligus mengingatnya kembali ketika diperlukan. Dan hari itu, beliau memberikan pengantar Mind Map kepada para siswa dan orangtua.

Akhirnya, saya yang selama ini belajar otodidak dan membuat Mind Map berdasarkan pemahaman pribadi akhirnya berkesempatan belajar langsung dari ahlinya. Agar tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut, saya pun langsung mencatat apa-apa yang disampaikan Pak Djo dalam sebuah catatan Mind Map tentunya. Dan inilah catatan saya.

Anda dapat klik gambar tersebut untuk versi detailnya.

 

intro-to-mind-map

Seperti yang Anda lihat dari catatan tersebut, Mind Map dapat digunakan untuk mencatat sebuah presentasi, materi kuliah, pidato, atau ceramah yang disampaikan seorang pembicara. Dengan membuat Mind Map, kita akan mendapatkan gambaran lengkap dari seluruh hal yang dibicarakan sekaligus melihat hubungannya satu sama lain.

Sebelum membuat Mind Map model seperti ini, ada baiknya kita mengetahui topik utama yang akan dibicarakan dan menjadikannya judul catatan tersebut. Selanjutnya adalah menentukan cabang-cabang utama yang dikenal dengan sebutan Basic Ordering Ideas (BOIs) yang kemudian bersambung ke cabang-cabang pendukung. Lantas, bagaimana saya bisa menentukan beberapa cabang utama padahal belum tahu apa yang akan disampaikan pembicara selanjutnya?

Cara yang saya lakukan adalah mencoba melihat gambaran besar sambil mendengarkan penjelasan yang diberikan. Jika Anda perhatikan catatan di atas, saya membuat sebuah cabang utama dengan nama BACKGROUND karena pembicara menjelaskan latar belakang Mind Mapping. Pada bagian ini dijelaskan mulai dari revolusi Industri sampai revolusi di dunia pembelajaran sehingga ditemukannya teknik Mind Mapping. Selanjutnya kita bisa membuat cabang-cabang pendukung yang lebih detail sampai kita menyadari bahwa pembicara telah berpindah ke topik berikutnya.

Memang membuat Mind Map langsung dari sebuah pembicaraan tidak mudah karena butuh waktu dan kecepatan untuk menuliskannya. Untuk itu Anda dapat membuat draft Mind Map terlebih dahulu untuk kemudian memperbaikinya setelah sesi penjelasan selesai dan Anda memiliki pemahaman lebih lengkap atas topik yang dibahas.

Jika Anda perhatikan pada Mind Map yang saya buat ini, maka terlihat ada 6 cabang utama. Walaupun demikian, karena saya sedang mencatat sebuah sesi sharing, maka ada beberapa cabang yang mestinya bisa masuk dalam sub cabang. Proses memperbaiki inilah yang perlu Anda lakukan jika memiliki kesempatan setelah acara untuk menyempurnakannya.

Menggunakan Mind Map untuk mencatat sebuah materi yang disampaikan akan sangat membantu untuk memahami suatu persoalan yang dibahas. Sebab Anda tidak akan dapat membuat Mind Map jika tidak memahami hal-hal yang ingin dicatat. Ketika Anda berhasil membuat Mind Map, maka sebenarnya Anda telah mendapat gambaran lengkap tentang topik yang dijelaskan.

Bagaimana menurut Anda, membuat Mind Map itu tidak sulit khan?

UPDATE:

Kini, saya dan Pak Djohan Yoga berkolaborasi untuk membuat training mind map terbaik di Indonesia. Silakan bergabung buat Anda yang tertarik belajar lebih serius didampingi ahlinya.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Semoga sy bisa mencontoh jejak bapak Noer dan Pak Djohan Yoga.amin

    • sahari almaini says

      mmmm
      mantap, bgus n luar biasa pak..
      oh ya pak, mau nanya ni, mind mapping ini teknik, metode strategi atau apa pak…
      1 lgi pak, klo blum ikut platihan bleh ngk mnerapkan mind mapping untuk siswa?
      mksih sblumnya pak..

  2. Mind Map itu apa yah? Setau gw itu metode yang dipake Human Geography untuk mengubah dari kualitatif ke kuantitatif sehingga bisa dibuatkan petanya?

  3. mantap. btw, aku juga belum gitu ngerti mind map, pernah training…kata instructornya gunakan mind map, terus kita gambar2x…semacam brainstorming. Tp tentunya ada yg khas sehingga sampai ada sertifikasinya,…apa beda sama Makigami atau Fish bone ya…ah emang macam2x

  4. wah kapan nih mas nur presentasi mind-map di dagas? dit unggu looh. sy bersedia jd panitia;)

  5. Terima kasih teman-teman@ Guswandi, TaatMind Map itu merupakan teknik mencatat yang memaksimalkan kerja otak kanan dan kiri sekaligus. Mind Map dibuat di kertas putih menggunakan "kata kunci" dan gambar untuk menciptakan asosiasi. Selain itu digunakan warna dan garis lengkung untuk merangsang sisi kreativitas.Sebuah Mind Map yang baik dapat merangkum banyak hal dengan mempertahankan struktur hubungan dan saling keterkaitan satu sama lain.Detailnya silakan baca posting saya yang lain tentang Mind Map di https://www.muhammadnoer.com/category/mind-mapping/@ DianInsya Allah suatu saat nanti saya bisa sharing ya Mbak. Saya ingin sekali sharing ke teman-teman, semoga dimudahkan waktu yang tepat.

  6. mau ngasih pelatihan ke teman-teman? Nanti insya Allah saya siapkan, Noer…

  7. Pelatihan yang lain pun, welcome…

  8. oh, btw, kalau di bandung, saya siapkan kali ya. Di jakarta mungkin teman-teman lain sudah siap juga.

  9. Saya mendukung…

  10. @ Herry & M HermanTerima kasih atas supportnya. Mudah-mudahan lebaran ini saya bisa cuti agak panjang. Dan kalau memungkinkan bisa direncanakan antara 5-9 Oktober bagaimana?

  11. weekdays? kantor-kantor masih pada libur gak tanggal segituan ya?

  12. Betul usulan weekdays. Kantor sih harusnya sudah mulai pada masuk per tanggal 5-nya. Anyway kira-kira mid Oktober saya juga ada rencana ke Jkt, mungkin bisa diatur lagi jadwal yang pas.

  13. daftar ah..

  14. Adie Sucipto says

    Wah, artikelnya keren sekali. Mas sekalian tanya mas, ada nggak ya, teknik untuk meningkatkan memori dengan metode yang lebih sistematis ?saya sangat sering sekali lupa apa yang harus dikerjakan. Lalu saya teringat, anak-anak terbiasa menggunakan “bayangan”sempoa untuk melakukan hitungan. ada tidak teknik semacam itu agar tidak mudah melupakan sesuatu ? terima kasih

    • Salam Pak Adie,
      Untuk meningkatkan memori sehingga mengingat lebih sistematis salah satu caranya dengan membuat asosiasi antara item-item yang hendak diingat terhadap benda-benda atau ruang yang sudah kita kenali dengan baik. Cara ini banyak dipakai oleh para juara lomba “Memory Competition” tingkat dunia. Untuk detailnya perlu tulisan yang panjang 🙂 Doakan semoga di waktu yang akan datang saya bisa menuliskannya ya Pak. Sementara saya memang belum mengulas topik tersebut.

  15. Ada sebuah software, "FreeMind", yang bisa menjadi alat bantu membuat mind-map. Bisa didownload secara gratis disini: http://download.cnet.com/FreeMind/3000-2051_4-10076598.html

  16. sungguh saya ingin mendapat lebih banyak lagi tentang how to become a good writer, boleh dong mas nur (sekalian salam kenal ya), saya mendapatkan tip dari anda, tentang gimana sih memulai penulisan yang cepat dan ringkas. mind mapping yang mas hantarkan cukup menarik untuk diadopsi, sementara itu dulu. mudah-mudahan kedepan saya dapat pembelajaran lebih banyak. terima kasih

  17. @ Sudjarwo
    Silakan bisa dilihat kategori blogging Mas. Ada beberapa posting tentang cara menulis. Btw, saya sendiri sebenarnya juga sedang belajar menulis. Jadi kita sama-sama saling membantu ya 🙂

  18. mas kalau buat mind mapping untuk mata pelajaran eksak kok bingung ya… soalnya saya mengajar fisika. bisa kasih tips nya nuwun

    • Saya mulai menggunakan Mind Mapping ketika kuliah jadi tidak punya contoh untuk pelajaran eksak 🙂 Mudah-mudahan kalau ada kesempatan saya coba buat contohnya. Sebagai tips sederhana, pelajaran Fisika banyak berisi rumus-rumus yang sebenarnya merupakan pemodelan dari suatu kondisi. Nah jika kondisi tersebut bisa digambarkan dan diasosiasikan dengan rumus/formulasi yang ada maka akan sangat mudah mengingatnya. Salah satu faktor tersulit siswa belajar Fisika adalah karena rumusnya dihafal tapi tidak dipahami maksudnya. Maka ketika muncul soal, tidak punya bayangan bagaimana cara menyelesaikan.

      Mungkin Mas Agus punya contoh yang bisa saya bahas secara khusus?

  19. widhi astari says

    Thanks .. mas Noer ! Artikel ini sudah berangkali saya baca. Dan sangat menginspirasi saya untuk mencobanya .( membuat maind mapping) …. saya coba dengan software Mindjet MainManager …. tapi ternyata tak seindah dan sedetail yang dibikin Mas Noer. ! Boleh berbagi resep …. sofware apa mas yang dipakai ? Ok… tetap berkarya ya mas Noer ..!

    • @ Widhi

      Saya pernah menggunakan software untuk mind map, tapi menurut saya kurang menarik dan kaku. Jadi sampai sekarang saya lebih suka buat mind map sendiri pakai kertas dan pensil warna-warni.

      Membuat mind map secara langsung akan lebih membantu proses mengingat dan mengasosiasikan. Apalagi jika punya bakat menggambar akan lebih ok lagi tuh.

  20. makasi,,, aku jadi lebih paham carA bKin MInd Map..

    q jdi punya inspirasi,,

  21. satu kata yang dapat saya ucapkan..!! you are inspirative man….

  22. mas…saya ingin bertanya….sesuatu hal…! barangkali ini adalah masalah yang simple..!tapi saya ingin bertanya…!bagaimana caranya agar kita tidak mengantuk saat kuliah…?? apakah mas punya tips n trik yang ilmiah untuk saya..! terimakasih..!

  23. mas…untuk di FK sepertinya mind mapping sulit untuk diterapkan, soalnya di FK byk sekali bahasa2 ilmiah yang digunakan serta materi2 yang dipelajari juga cukup banyak..?bagaimana tanggapan mas mengenai hal ini..?

  24. @ Kumis

    Agar tidak mengantuk saat kuliah, temukan dulu “What is in it for me” dari materi yang diajarkan. Ini yang akan memberikan motivasi kuat dalam menjalaninya.

    Mind Map untuk pelajaran FK menurut saya bisa dibuat. Meskipun banyak istilah ilmiah, justru kalau bisa dibuat asosiasinya dengan gambar akan mudah diingat. Sayang saya tidak bisa memberikan contoh. Coba nanti kalau ada kesempatan buat mind map model seperti itu akan saya share.

  25. Sri Winarni says

    Bagus. Sangat bermanfaat bagi sy yang tiap hari berhadapan dg anak-anak.

  26. salam kenal, saya haji. saya ucapkan terima kasih dengan beberapa artikel di web anda ini. beberapa hal menginspirasikan saya untuk bisa berbagi dgn teman2 dan adik2 saya yg lain. 🙂

  27. Mas Noer, ……
    gimana ya, caranya memahami mind map. Saya sudah beberapa kali coba, kok belum ngeh. Ada workshop khusus, kah.

  28. Mas Noer,
    Apakah efektif jika guru menjelaskan di kelas langsung dengan mind mapping saja? Munurut saya mind mapping efektif jika papan tulis cukup panjang sehingga bisa dibagi dua, sebagian untuk penjelasan dengan mind mapping dan sebagian lagi penjelasan secara linier terutama hal-hal yang perlu uraian panjang dan penurunan/penjabaran rumus untuk eksakta.

    • Saya sendiri belum pernah coba untuk ilmu eksakta. Tapi pastinya akan menyenangkan ketika rumus-rumus menjadi berhubungan satu sama lain. Menurut saya masih sangat mungkin Pak.

  29. terima kasih untuk sharingnya, jd ngerti ttg mind map

Speak Your Mind

*