Membaca Cepat di Era Internet Lewat RSS

image Pertumbuhan dan perkembangan dunia internet sedemikian pesat. Menurut data dari Netcraft jumlah website di seluruh dunia per Januari 2009 telah mencapai 185,497,213 (185 juta). Jumlah ini adalah naik 85% dibandingkan jumlah website tahun 2006 sekitar 100 juta. Jutaan orang mengandalkan informasi dari internet mulai dari membaca berita, mencari informasi, dan berbelanja. Internet sudah menjadi tempat segala peradaban bertemu. Internet sudah menjadi kebutuhan dengan penetrasi sangat tinggi termasuk di negara-negara berkembang.

Lantas bagaimana agar kita bisa dengan mudah menguasai informasi penting dari internet tanpa harus menghabiskan waktu browsing ke sana ke mari? Bagaimana caranya agar kita dengan mudah membaca cepat semua informasi relevan yang kita butuhkan dan meninggalkan informasi tidak penting yang akan membuat sakit kepala? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan teknologi RSS.

 

Mengenal RSS

RSS adalah singkatan dari Really Simple Syndication atau sering pula disebut dengan Rich Site Summary. Secara sederhana, RSS adalah suatu cara berbagi informasi dengan cepat untuk website yang diupdate secara berkala berupa posting terbaru sebuah blog, headline berita, termasuk update audio dan video. Dengan berlangganan RSS pada blog dan website yang Anda percayai kualitasnya, secara otomatis update terbaru akan dikirimkan tanpa harus berkunjung secara langsung ke website tersebut.

Cara ini sangat menghemat waktu karena Anda dengan cepat mendapat update dari seluruh blog dan website favorit di satu tempat. Ada yang berisi ringkasan seperti headline berita ada pula yang berisi artikel lengkap. Dengan demikian, Anda dapat dengan mudah melihat seluruh judul posting yang tersedia di RSS Reader dan membaca dengan cepat informasi relevan yang tersedia di sana.

Meskipun RSS sudah lazim digunakan tapi masih banyak pengguna internet yang tidak mengetahuinya atau tidak terlalu paham fungsinya. Tulisan ini saya buat untuk membantu pembaca memanfaatkan RSS Reader untuk menguasai informasi penting dengan cepat.

Bagaimana Menggunakan RSS

Jika Anda perhatikan hampir seluruh blog dan website sekarang sudah menyediakan fasilitas RSS. Artinya website tersebut mengizinkan Anda untuk mengambil informasi dengan format cepat saji. Temukanlah logo RSS berupa sebuah bulatan dengan tiga garis lengkung yang biasanya ada di bagian header sebuah website atau blog. Klik logo tersebut untuk mendaftar atau salin dan tempel alamat feednya. Secara default alamat tersebut adalah http://www.websitefavorit.com/feed

Lakukan hal tersebut untuk semua blog dan website yang menarik serta relevan buat Anda. Perlu diperhatikan, beberapa website melakukan update harian yang sangat banyak. Hal ini terutama terjadi untuk website berita. Pilih yang betul-betul Anda butuhkan karena jika tidak Anda akan kebanjiran informasi. Pada website berita biasanya kita memilih jenis update apa yang dibutuhkan misal berita olahraga, pendidikan dan lain-lain.

Ada beberapa pilihan untuk membaca dokumen lewat RSS yakni:

  • Menggunakan browser. Beberapa browser memiliki fasilitas RSS built in seperti Opera. Saya menggunakan Opera untuk membaca RSS feed yang Ada. Setiap kali saya membuka browser maka otomatis seluruh update terbaru blog dan website pilihan saya akan didownload. Saya dapat membacanya ketika online maupun offline.
  • image Menggunakan RSS Reader berbasis web. Anda dapat pula mendaftar di RSS Reader berbasis web seperti Google Reader. Dengan cara ini di manapun Anda berada dan dari komputer manapun Anda mengakses internet, seluruh informasi website favorit ada dalam genggaman Anda. Cara ini mirip seperti memiliki akun email berbasis web. Bedanya adalah akun RSS Reader tersebut berisi koleksi seluruh isi terbaru dari blog dan website favorit Anda.
  • Menggunakan RSS Reader berbasis client. Cara ini jika Anda ingin menginstall program RSS Reader di komputer Anda. Banyak program RSS Reader gratis yang dapat didownload di internet salah satunya FeedDemon. Secara otomatis program tersebut akan mendownload informasi terbaru dari blog dan website pilihan Anda ketika sedang terhubung dengan internet. Keunggulan pilihan ini adalah Anda dapat membaca update yang sudah didownload ketika sedang offline.

Alternatif Lain Menggunakan Email

Selain mendapat update sebuah website lewat RSS Reader, pilihan lain adalah dengan meminta update tersebut dikirim langsung ke email Anda. Buat banyak orang ini adalah pilihan termudah agar tidak kehilangan informasi penting yang dibutuhkan tanpa harus menggunakan RSS reader.

Caranya dengan memasukkan alamat email di blog atau website favorit yang kemudian akan meminta konfirmasi. Setelah Anda mengklik link konfirmasi yang dikirimkan via email maka secara otomatis setiap posting, update atau tulisan terbaru dari blog dan website favorit tersebut akan dikirimkan ke email Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan pernah kehilangan artikel-artikel penting. Meskipun Anda sedang sibuk, Anda bisa membacanya di lain waktu karena artikel tersebut tersimpan rapi di email Anda.

Jadi, bagaimana menurut Anda, mudah khan?

Jika blog ini bermanfaat buat Anda, jangan lupa daftarkan email Anda atau gunakan RSS Reader untuk mendapatkan ebook gratis dan update rutin posting terbaru dari saya.

Selamat menggunakan teknologi untuk mempermudah kebutuhan membaca Anda.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Trims bapak, sangat bermanfaat…:-)

Speak Your Mind

*