Inilah Buku Yang Anda Inginkan

Minggu lalu saya membuat polling tentang buku apa yang Anda inginkan berikutnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca blog ini yang telah berpartisipasi dalam polling tersebut. Saya menerima banyak respon yang memberi masukan berharga tentang apa yang Anda butuhkan. Dan inilah hasil polling tersebut secara lengkap.

Jumlah Responden dan Pilihannya

Total 50 responden berpartisipasi dalam polling ini. Grafik di bawah menunjukkan jumlah responden setiap harinya sejak polling dibuka. Dari gambar ini kita bisa melihat pembaca paling banyak merespon pada hari kedua dan ketiga setelah polling secara resmi dibuka.

Chart-Respon-Polling-Buku

Dari total 50 responden tersebut, inilah pilihan mereka atas topik yang diberikan. Setiap orang boleh memilih maksimal dua pilihan topik yang paling diminati. Dari grafik berikut terlihat jelas Mind Mapping paling banyak dipilih diikuti Kecerdasan Emosional, Perencanaan Keuangan dan Presentasi Efektif.

Chart-Polling-Buku

Topik Yang Paling Diminati

Dari 6 topik yang diberikan, tercatat Mind Mapping mendominasi. Hampir 50% menginginkan topik ini dibahas secara khusus dalam sebuah buku. Berikut beberapa komentar mereka yang ingin topik tersebut:

“Saya sangat ingin tau sekali bagaimana cara kerjanya Mind Mapping agar bisa mempermudah kita untuk mempelajari dan memahami isi buku yang kita baca.”

“Mempemudah pembelajaran secara singkat dan untuk mengingatkan kembali secara garis besar .”

“Buku topik mind mapping yang ada di pasaran sulit diterapkan dalam praktek, karena piranti lunak memang harus dibeli mahal untuk aplikasi mind mapping. Oleh karena itu, diusulkan piranti lunak yang murah atau gratis (open source) untuk aplikasi mind mapping bersama bukunya.”

“Mind mapping paling saya perlukan agar mempelajari suatu materi bisa lebih simpel, cepat dan mudah diingat.”

Secara mengejutkan, topik Kecerdasan Emosional masuk ke urutan kedua yang paling diinginkan dari polling tersebut mengalahkan Perencanaan Keuangan dan Presentasi. Inilah komentar mereka:

“Menurut saya kepribadian seseorang sangat dipengaruhi dari mana ia berasal dan dalam hal ini keluarga sebagai wadah pembentukan yang utama. Kecerdasan emosional sangat penting karena menyangkut hubungannya dengan diri sendiri dan orang lain.”

“Kecerdasan Emosional lebih dibutuhkan dalam berhubungan antar manusia baik dalam urusan bisnis, pekerjaan maupun urusan lain dan untuk orang yang menguasai kecerdasan emosional dengan lebih baik, diharapkan dapat mencapai taraf hidup dan kesuksesan yang lebih baik pula.”

“Saya masih sering kesulitan memanage emosi, terutama dalam situasi stress yang tinggi.”

“Saya butuh buku tentang kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual tetapi berupa modul untuk pelatihan bagi mahasiswa karena sekarang ini cenderung nilai-nilai itu diabaikan, ya intinya untuk pembentukan karakter.”

Pada urutan ketiga tampil topik Perencanaan Keuangan. Ternyata cukup banyak responden yang memiliki persoalan dalam mengelola keuangan rumah tangga.

“Kalau bisa tentang perencanaan keuangan keluarga juga dibahas. Bagi yang baru memulai atau akan memulai berkeluarga, perencanaan keuangan adalah salah satu hal yang wajib difokuskan. Agar bisa menjalani hidup dengan tenang, nyaman dan bahagia. Walaupun bukan hanya uang yang membuat orang bahagia :)”

“Banyak keluarga belum bisa merencanakan keuangan dengan baik…”

“Buku topik perencanaan keuangan keluarga membantu kami memilih berapa besar gaji/penghasilan untuk kebutuhan hidup, pengeluaran wajib (tagihan listrik, air, telpon, pendidikan), investasi dan lain-lain dengan bantuan piranti lunak Microsoft Excel sebagai alat bantu.”

“Saya merasakan begitu sulit mengatur keuangan keluarga. Gaji berapapun nyaris tak tersisa untuk nabung.”

Pada posisi keempat, tampil topik Presentasi Efektif. Kebanyakan responden yang memilih topik ini bercerita mereka ingin menjadi trainer dan membutuhkan strategi memberikan presentasi yang baik dan efektif.

“Kelemahan utama umumnya bagi orang yang membawakan presentasi/ materi adalah membuat audiens bosan/tidak tertarik. olehnya itu perlu buku yang bisa membahas tuntas tentang presentasi efektif.”

“Presentasi yang baik tidak hanya untuk meningkatkan kemampuan pribadi, namun lebih pada apa yang kita sampaikan bisa menarik dan orang lain dapat mengambil manfaatnya.”

“Saya juga ingin buku presentasi efektif, agar saya bisa melaksanakan kegiatan presentasi yang berkualitas.”

Adapun topik Dunia Kerja dan Pendidikan berada pada posisi terakhir dalam polling kali ini. Meskipun demikian, komentar yang masuk menunjukkan orang tersebut sangat perhatian terhadap dunia pendidikan kita sekaligus bagaimana agar seseorang bisa sukses di dunia kerja.

Judul Buku Yang Anda Usulkan

Setelah kita melihat usulan topik yang dibahas, berikutnya adalah usulan judul buku dari pembaca. Saya mendapat banyak masukan judul-judul menarik dari polling kali ini. Berikut beberapa judul yang Anda usulkan:

  • Mind Mapping Dalam Keseharian Manusia
  • Aplikasi Mind Mapping Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Di Sekolah, Berkarir dan Bekerja Di Kantor
  • Cara Cepat mencapai impian dengan menguasai Kecerdasan emosional
  • Menuai sukses dengan kecerdasan emosional
  • Aplikasi Microsoft Excel Dalam Perencanaan Keuangan Keluarga
  • To Be Young Enterpreuneur
  • The Best Presentation for You!
  • Presentasi Efektif

 

Here Is The Deal

Terus terang setelah membaca seluruh hasil polling satu per satu, tidak mudah bagi saya memutuskan buku mana yang akan dituliskan berikutnya.

Topik Mind Mapping saya kuasai dengan baik. Bahkan dalam Kursus Membaca Cepat Online saya juga membahas topik ini secara mendalam. Namun menjadikannya sebagai buku dalam waktu singkat sepertinya akan sulit. Saya masih memerlukan waktu terutama menyiapkan lebih banyak lagi contoh pembuatan mind map itu sendiri. Untuk itu, saya akan membahasnya dalam beberapa posting ke depan. Jika tiba saatnya, bukan tidak mungkin saya akan menulis buku khusus tentang hal ini.

Adapun Kecerdasan Emosional merupakan tema yang menarik buat saya meskipun saya bukanlah psikolog dan tidak memiliki background di bidang psikologi. Saya belajar secara khusus tentang psikologi secara otodidak. Topik Kecerdasan Emosional merupakan topik terberat buat saya pribadi jika harus dituliskan dalam sebuah buku. Saya perlu landasan keilmuan yang cukup sebelum membahas tema ini lebih jauh. Oleh karena banyak pembaca yang memilihnya, maka saya akan berusaha untuk belajar lebih banyak di bidang ini sehingga bisa berbagi kepada Anda semua lewat posting-posting dalam blog ini.

Kandidat buku yang paling dekat untuk dijadikan buku adalah Perencanaan Keuangan atau Presentasi Efektif. Mengapa dua topik ini yang menonjol? Alasannya karena saya memiliki banyak bahan baik yang sudah dituliskan maupun yang belum dituliskan. Untuk Perencanaan Keuangan, saya memiliki template keuangan pribadi menggunakan Excel yang saya pakai sehari-hari. Bahkan untuk mengulas template ini saja saya yakin bisa menghabiskan banyak halaman. Adapun merancang dan memberikan Presentasi Efektif merupakan pekerjaan saya sehari-hari. Bagi saya memberikan presentasi adalah seni berkomunikasi. Dengan demikian, referensi yang tersedia relatif lebih banyak.

So, here is the deal. Saya akan memulai menulis buku berikutnya untuk salah satu topik di bawah ini:

  • Perencanaan Keuangan Keluarga
  • Presentasi Efektif

Saya belum memutuskan mana yang akan dipilih. Mudah-mudahan dalam beberapa minggu ke depan saya sudah bisa memilih dan memutuskan.

Buat Anda yang memilih Mind Mapping dan Kecerdasan Emosional semoga tetap berbesar hati. Secara pribadi saya ingin sekali menuliskannya namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, sulit bagi saya melakukannya dalam tempo singkat sehingga untuk sementara topik ini baru tersedia sebagai artikel dalam blog ini.

Terima kasih atas partisipasi Anda dalam polling ini. Saya belajar banyak dari respon yang Anda berikan.

Jika Anda memiliki usulan, saran atau pendapat, silakan sampaikan komentar Anda.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Mind mapping itu perlu
    itu merupakan salah satu jalan untuk memahami apa yang ada pada diri sendiri dan apa yang ada pada orang lain.
    bagi orang yang dasarnya baik, akan bermanfaat buat diri dan buat orang lain
    bagi orang yang dasarnya kurang baik akan kurang bermanfaat.
    Begitu pendapatku, betool !?
    rivai

  2. Assalamu’alaikum.
    sy merupakan pemula dlm hal menulis buku, buku terbaru saya SAVE OUR GIRLS, Apa saja faktor yg menjadi sebuah buku itu Best Seller? makasih

    • Waalaikum salam Mbak Yuyu,

      Kita sama-sama pemula koq. Menurut saya yang paling penting buku tersebut bisa menggugah para pembacanya dan membantu mereka berpikir serta bertindak.

  3. Saya belajar mind mapping dari buku-buku best sellernya Tony Buzan. Enteng dan bisa dibaca secara cepat. Lumayan bisa memperluas paradigma lama saya bahwa mind mapping ternyata bukan hanya untuk mempelajari dan memahami materi, tetapi bisa kita terapkan disemua aspek kehidupan, termasuk dalam pola berfikir, mencari inspirasi, memantik kreativitas, produktivitas, manajemen waktu, dll yang membantu meningkatkan kesuksesan diri

    • Wah kalau bu Dokter tidak diragukan lagi kemampuan membuat mind map nya 🙂
      Kapan-kapan saya boleh dibuatkan mind map lagi ya.

      Saya setuju mind map bisa digunakan dalam proses berpikir, perenungan dan mencari inspirasi. Tools ini semakin tajam jika sering digunakan.

  4. Ahmas Faiz says

    Tetap semangat dengan mindmapping. untuk mindmapping digital yang pakai software ada freemind dan cayra. keunggulan mindmapping digital, ialah mindmap bisa dengan mudah disimpan di pc,hemat kertaa, bisa di edit, maupun ditambah cabang nya bila ada ide muncul dikemudian hari. kelemahannya, gambar mindmapping digital terkesan kaku, kurang kreatif

  5. Maaf, saya sgt terlambat mengikuti beberapa informasi dari Mas. M. Noer, kebetulan ada sedikit kesibukan yang cukup menyita waktu saya…
    meski terlambat, saya inin berpendapat kalau bahan-bahan ttg kecerdasan emosinal sangat dibutuhkan banyak orang, sbb kecerdasan emosi menjadi salah stu kunci sukses dalam menghadapi berbagai persoalan…saya tetap mendukung Mas Noer dapat menghasilkan buku kecerdasan emosional…SUkses buat Mas Noer

  6. Mas Noer, maaf saya baru kembali membaca email, khususnya tentang judul buku. Terima kasih Mas Noer dan saya tunggu “Presentasi Efektif” nya.

    Salam
    Silvia

  7. Buku apa pun yang akan ditulis, saya nantikan peluncurannya. Good Luck.

  8. sy pernah download bukunya mas noer tapi selalu ngga bisa kenapa ya?

  9. saya sangat menantikan “The Best Presentation for You!”

  10. Apapun Buku Yang Anda Buat,, Smuanya Interrest Buat Sya….

    Tapi Mnurut Sya,, Yg Paling Interrest itu Mind Maping & Presentasi,, ….

    Tapi Yg Laen Jg Tak Apa Koq,, =D

  11. moenawar cholil noer says

    terima kasih bagi-bagi pengalamnnya……….. semoga alloh swt selalu memberi kesehatan lahir batin buat anda dan keluarga. amiiiiin

  12. wah saya bookkmark langsung nih. saya lbih suka tentang pengembangan diri. maklum, pemuda yg lg mencari jati diri.

Speak Your Mind

*