Catatan Akhir Tahun 2010

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Catatan Akhir Tahun 2010

Sebentar lagi tahun 2010 akan berakhir. Ini artinya kurang lebih dua tahun sudah saya membuat blog MuhammadNoer.com. Ada banyak suka duka yang terjadi sepanjang tahun tersebut. Pada posting berikut, saya ingin berbagi beberapa catatan penting yang diukir blog sampai menjelang pergantian tahun.

 

 

Autoresponder

Memasuki tahun 2010 saya memutuskan menggunakan autoresponder atas anjuran beberapa blogger besar dunia seperti Yaro Starak dan David Risley yang menjadi guru saya dalam bidang blogging. Setelah menimbang-nimbang beberapa pilihan, akhirnya keputusan jatuh pada Aweber. Buat Anda yang belum familiar, autoresponder adalah sebuah layanan email otomatis yang bisa melakukan follow up kepada para subscriber berdasarkan interval waktu tertentu. Dengan autoresponder kita dapat mengirim email kepada ribuan pelanggan secara bersamaan pada hari tertentu dan jam tertentu. Dan menariknya, email tersebut bisa saja disiapkan satu hari yang lalu, atau sepuluh hari sebelumnya.

Ketika peralihan terjadi, jumlah subscriber blog ini baru mencapai 1.100 orang. Menjelang akhir 2010, blog kesayangan Anda telah berhasil menembus 8.000 subscriber. Kurang lebih 7.000 subscriber baru bertambah dalam tempo setahun. Terima kasih kepada Anda semua yang telah bergabung dan meramaikan diskusi di blog ini.

Dengan tingkat pertumbuhan subscriber baru sekitar 50-70 orang per hari, maka diprediksi pada akhir 2011 blog kesayangan Anda dapat menyentuh angka 30.000 subscriber. Sebuah angka yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Ini dimungkinkan akibat efek bola salju dari Anda semua yang mereferensikan blog ini kepada teman-teman lewat berbagai cara.

Kelahiran Minisite MembacaCepat.com

Pada tahun ini pula saya berhasil menyelesai 10 video tutorial membaca cepat yang menandai hadirnya website MembacaCepat.com. Video-video berdurasi 5-10 menit tersebut mengajarkan dasar-dasar speed reading dalam bahasa sederhana yang mudah dipahami. Awalnya saya menggunakan YouTube untuk memutar video secara streaming. Namun atas banyaknya permintaan pembaca, saya menyewa server khusus milik Amazon untuk menyimpannya. Kini Anda bisa mendownload kesepuluh video tersebut dalam berbagai format yang kompatibel dengan Windows, iPad, iPhone, Blackberry, Android ataupun mobile device lainnya.

 

Artikel Terbaik

Ada 55 artikel yang menghiasi blog ini sepanjang 2010. Ini berarti satu artikel setiap minggu. Saya berusaha tetap konsisten menulis minimal seminggu satu artikel agar blog yang Anda baca ini tetap segar dan memberi warna baru bagi pembacanya. Salah satu cara yang saya lakukan agar bisa terus memiliki ide menulis adalah mengumpulkan setiap konsep, lintasan pemikiran, ataupun ide menarik dalam sebuah catatan. Cara ini membantu saya untuk bisa segera menulis ketika memiliki waktu tanpa harus mencari ide baru terlebih dahulu.

Dari seluruh artikel yang ada, saya memilih 10 artikel terbaik berdasarkan beberapa kriteria:

  • Seberapa sering artikel tersebut dishare via Facebook oleh pembaca
  • Jumlah komentar yang masuk
  • Kualitas diskusi yang terjadi dalam komentar
  • Dan tentu saja seberapa sering artikel tersebut diakses para pembaca sepanjang tahun ini

Anda bisa menikmati artikel pilihan tersebut di sini.

 

Kursus Membaca Cepat Online “Speed Reading for Smart People”

Pada tahun 2010 ini pula akhirnya saya berhasil meluncurkan kursus membaca cepat online pertama di Indonesia. Saya memberi nama “Speed Reading for Smart People” mengingat kursus ini tidak hanya mengajarkan seseorang membaca dengan cepat, melainkan pula bagaimana mengingat dan memahami apa-apa yang Anda baca dalam jangka panjang. Pada akhirnya kursus ini akan mengajak para pesertanya menjadi pembaca yang “smart”. Kelas pertama dibuka pada bulan Juni 2010 dan kelas kedua baru saja berakhir awal Desember 2010 yang lalu. Anda bisa mendownload kurikulum lengkapnya di sini.

Sekitar 200 peserta dari berbagai latar belakang telah bergabung dan saling berdiskusi di member area. Kursus ini cukup menarik karena diikuti mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen, karyawan, dokter, ahli keuangan, konsultan pendidikan dan profesional dari berbagai bidang lainnya. Tidak hanya itu rentang usia para peserta sangat bervariasi mulai dari yang termuda 20 tahun sampai 60 tahun lebih. Ini membuktikan belajar tidak mengenal usia atau profesi.

Ketika kelas baru saja dibuka pada Juni 2010, saya mendapat penugasan mendadak ke Singapura. Karena itu sebagian rekaman video kursus saya buat di apartemen yang berlokasi diantara Sommerset Road dan Orchard Road – jalur shopping paling ramai di negeri singa. Saya juga melakukan tanya jawab dengan para peserta dari negara tetangga. Inilah salah satu keunggulan belajar online. Peserta dan instruktur berada pada tempat yang berbeda namun tetap dapat berinteraksi satu sama lain. Mirip dengan kursus online yang saya ikuti sendiri di mana pengajarnya berada di Amerika Serikat dan Australia sementara para muridnya dari seluruh penjuru dunia.

 

Statistik Blog

Mencermati statistik yang ada, blog ini dikunjungi 500-700 unique visitor setiap harinya dengan pageview sebanyak 20.000 per minggu. Angka ini mungkin tidak terlalu tinggi. Namun yang paling membahagiakan buat saya adalah blog ini punya segmen pembaca setia yang menantikan dengan antusias posting terbaru setiap minggunya. Hal ini menciptakan kedekatan antara saya dengan pembaca meskipun tak pernah bertemu. Jika Anda seorang blogger, saya yakin Anda bisa merasakan keterhubungan yang sama.

Terkait performance di mesin pencari, maka blog ini akan sangat mudah ditemukan jika Anda mencari topik “membaca cepat” atau “teknik presentasi”. Setelah dua tahun blogging saya memiliki cukup banyak artikel untuk kedua topik tersebut yang diapresiasi oleh mesin pencari terbesar sedunia, Google.

 

Berikutnya

Di tahun 2011 nanti, ada beberapa hal yang akan saya lakukan. Pertama adalah memindahkan hosting blog ini ke Private Server untuk menjaga kinerja dan kecepatan. Kedua saya akan menyelesaikan buku kedua untuk topik Presentasi yang ditargetkan bisa selesai Maret 2011. Terakhir saya kemungkinan akan merancang dan menghadirkan kursus online kedua untuk topik yang berbeda.

Itulah sekelumit catatan blog ini sepanjang 2010.

Dari sudut hati yang paling dalam, saya mengucapkan terima kasih karena Anda telah menjadi bagian dari keluarga besar pembaca blog pengembangan diri MuhammadNoer.com dan MembacaCepat.com. Dukungan, masukan dan partisipasi Anda telah membuat blog ini menjadi seperti sekarang.

Mohon doa restu dan dukungan Anda agar blog ini bisa terus eksis sekaligus memberi sumbangsih bagi bangsa dan masyarakat Indonesia.

Sampai bertemu di tahun 2011.

Saya nantikan komentar maupun masukan Anda untuk pengembangan di masa mendatang.

 

Muhammad Noer

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Speak Your Mind

*

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link