Dari Indonesia Untuk Dunia

Awal tahun 2011, saya menelpon salah seorang sahabat saya. Kami bercerita tentang rencana membuat sebuah website dengan topik presentasi yang akan menjadi sumber rujukan buat para presenter Indonesia.

Begin With The End In Mind. Itulah kata Stephen Covey dalam bukunya yang terkenal “The Seven Habits of Highly Effective People.”

Meskipun ide kami masih sangat prematur dan tidak memiliki sumber daya yang cukup, namun tidak pernah memadamkan cita-cita untuk membuat yang terbaik. Kami memulainya dengan membayangkan hasil akhir bagaimana pekerjaan ini akan membantu orang banyak nantinya.

Berawal Dari Sebuah Mimpi

Obrolan kami waktu itu terasa seperti mimpi. Belum ada artikel yang dibuat, dan belum ada persiapan khusus untuk membuatnya. Namun satu hal yang yang ada di benak kami. Website ini nantinya akan menjadi yang terbaik dan terbesar di Indonesia. Meskipun dimulai oleh 1 atau 2 orang saja.

Waktu itu, belum ada website presentasi yang cukup besar dan membahas berbagai topik di bidang presentasi seperti pembuatan slide dan public speaking dalam bahasa Indonesia.

Setelah berbicara panjang lebar, akhirnya kami bersepakat bahwa sahabat saya tersebut akan membantu saya dalam melakukan editing buku Presentasi yang sedang saya tulis. Sebuah pekerjaan pun dimulai.

 

Dan Dunia Pun Ber-Konspirasi

Kira-kira akhir tahun 2011, buku tersebut pun rampung. Kurang lebih setahun diperlukan untuk menyelesaikan buku setebal 250 halaman tersebut. Satu halaman satu hari. Sedikit demi sedikit akhirnya lembaran demi lembaran tersusun menjadi buku.

Dengan keahlian desain dan tata letak yang dimilikinya, sahabat saya Herry Mardian berhasil membuat buku tersebut menjadi indah. Sederhana namun nyaman dibaca. Tidak hanya itu, dengan keterampilan penulisan yang dimilikinya, dia pun menyulap buku tersebut menjadi nyaman dan renyah dibaca.

Ya, buku itu berjudul “Presentasi Memukau” yang akhirnya resmi terbit di Presentasi.net pada awal tahun 2012 untuk menjadi rujukan para presenter di tanah air. Buku berbahasa Indonesia yang mengupas tuntas bagaimana menampilkan presentasi luar biasa. Buku ini bisa didownload secara gratis oleh siapa saja.

“When you really want something to happen, the whole world will conspire to help you achieve it.” – Paulo Coelho

Itulah mungkin yang terjadi. Tepat ketika saya sedang mempersiapkan penulisan buku, kesempatan sebagai pembicara di forum TEDx Jakarta muncul. TEDx adalah forum mirip TED yang menampilkan para pembicara inspiratif dari berbagai bidang keahlian.

Lewat proses seleksi, alhamdulillah saya terpilih sebagai salah satu pembicara di TEDx Jakarta 2011 – The Journey to Return. Acara ini tepat dilakukan pada bulan Ramadhan. Tak pernah terbayangkan saya bisa tampil satu panggung dengan pembicara inspiratif lainnya. Pengalaman ini sekaligus saya tuangkan dalam buku untuk menjadi pembelajaran buat para presenter Indonesia.

 

Perkembangan Pesat Presentasi.net

Berkat dukungan para pembacanya, alhamdulillah website ini berkembang sangat pesat. Bahkan mengalahkan blog pribadi dan situs membacacepat.com yang hadir lebih dulu dan lebih lama. Dalam tempo kurang dari setahun website ini berhasil memiliki 10.000 subscriber lebih. Angka yang sama hanya bisa dicapai oleh website saya lainnya dalam waktu 3,5 tahun.

Perlahan tapi pasti akhirnya Presentasi.net berkembang menjadi salah satu rujukan terlengkap dan terbesar tentang presentasi di Indonesia. Masyarakat dari berbagai kalangan mengaksesnya.

Mulai dari mahasiswa, dosen, profesional sampai petinggi di berbagai perusahaan. Berbagai email positif dari pembaca yang kami terima semakin menegaskan, Indonesia membutuhkan konten positif dan berkualitas untuk menjadikan bangsa ini maju. Kami pun berharap menjadi bagian dari perubahan positif tersebut.

Satu hal yang ingin kami bangun ketika merancang website ini adalah bagaimana memberikan cara pandang berbeda terhadap presentasi. Mulai dari bagaimana menata ide, menuangkannya ke dalam slide, dan menyampaikannya secara memukau kepada audiens.

 

Dari Indonesia Menjelajah Dunia

Setelah hampir setahun melayani masyarakat Indonesia, saya pun mulai merekrut tim kecil yang bisa membantu saya untuk menghasilkan karya-karya baru lainnya. Lewat rekrutmen kecil-kecilan yang kami lakukan, kini kami telah memiliki 3 orang tim penulis, 2 orang desainer, dan 2 orang penerjemah. Di samping salah seorang sahabat saya yang setia menjadi manajer buat seluruh website yang kami kelola.

Setelah melihat berbagai pemain top dunia yang berkecimpung di bidang presentasi, saya dan tim melihat bahwa konten yang dimiliki Presentasi.net tidak kalah. Persoalannya hanya satu, website ini berbahasa Indonesia, bukan Inggris. Muncul sebuah tekad baru, tibalah saatnya putra-putri bangsa berkiprah di level internasional.

Dengan bantuan tim penerjemah, akhirnya lahirlah BestPresentation.net yang akan mulai melayani masyarakat dunia. Website ini menjadi adik dari Presentasi.net untuk pembaca berbahasa Inggris. Sebagian besar artikelnya diterjemahkan langsung dari Presentasi.net dan selebihnya artikel baru yang ditulis langsung dalam bahasa Inggris.

Dalam tempo relatif singkat, website ini pun sudah mulai menempati halaman pertama di google untuk beberapa kata kunci utama seperti “best presentation”, “great presentation”, “how to create a good presentation”, bersanding dengan website-website besar lainnya.

 

17 Agustus 2013 – Hari Lahir Website Asal Indonesia yang Akan Mendunia

Setelah hadir beberapa bulan hadir sebagai bagian dari pre-launch, maka hari ini tepat 17 Agustus 2013, di hari kemerdekaan Indonesia, saya ingin menjadikannya sebagai hari lahir website presentasi dari Indonesia yang akan menjelajah dunia.

Harapannya website ini nantinya akan berdiri sejajar dengan website lainnya untuk membantu pembaca di seluruh dunia menguasai keterampilan presentasi yang memukau. Amazing Presentation.

Kami percaya, menguasai presentasi dengan baik sangat penting buat siapapun dari profesi apapun. Menguasai presentasi membantu Anda mengkomunikasikan ide dengan jelas dan jernih. Membuat pesan tersampaikan dengan baik dan tercipta pertukaran ide, pertukaran gagasan antara presenter dengan audiensnya.

Untuk itu dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim yang membantu saya.

Sahabat saya Herry Mardian, yang telah menjadi editor buku Presentasi Memukau dan desainer awal Slide Inspiratif. Amar Widiyanto, yang membantu saya mengelola seluruh website yang ada saat ini, menjadi public relations yang handal dan menjadi teman diskusi yang setia. Istri, anak-anak dan keluarga tercinta di mana saya harus membagi perhatian untuk mereka sambil melakukan ini semua.

Pak Adi Kusrianto dan Rona Binham. Penulis produktif yang membantu menyajikan artikel berkualitas setiap minggunya.

 

Albertina Andriyani dan Erick M. Saputra, dua orang desainer handal yang telah membuat presentasi-presentasi inspiratif dengan desain kelas dunia.

Dua orang ibu rumah tangga: Ibu Dewi Suryodipuro dan Sri Narulita Yusron yang membantu saya menerjemahkan artikel ke dalam bahasa Inggris untuk BestPresentation.net buat masyarakat internasional.

Semua anggota tim bekerja secara independen dan terpisah secara geografis di beberapa kota berbeda: Singapura, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Cilacap.

Diskusi Tim Presentasi.net 1

Pertemuan tatap muka pertama tim: Muhammad Noer, Amar Widiyanto, Rona Binham, Erick M. Saputra.

 

Lunch Tim Presentasi.net 2

Makan siang bersama: Amar Widiyanto, Muhammad Noer, Nurul Halida, Albertina Andriyani, Dewi Suryodipuro.

Noer and Pak Adi in Rungkut Factory 2

Muhammad Noer dan Adi Kusrianto bersama rekan-rekan HR Unilever Rungkut dalam kunjungan ke Surabaya.

Terima kasih dan penghargaan buat Pak Josef Bataona yang berkenan memberi pengantarnya, dan Pak Yodhia Antariksa yang memberi dukungan awal sekaligus menciptakan momentum ini.

Tak lupa salam takzim buat guru-guru saya yang mengajarkan untuk selalu berbagi dan memberi manfaat buat orang lain, sekaligus berjuang buat bangsa lewat apa-apa yang dimudahkan bagi diri masing-masing.

Mudah-mudahan Allah memudahkan langkah kita semua untuk berkontribusi berbagi pengetahuan yang bermanfaat tidak hanya buat masyarakat Indonesia melainkan juga masyarakat dunia.

Selamat Ulang Tahun Indonesia. Merdeka.

Screen shot BestPresentation.net

Screen Shot Presentasi.net

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. roni marsis says

    Salam Merdeka .luar biasa buat Noer San, Mudah-mudahan tambah sukses….

  2. Subhanallah…Alhamdulillah. Saya sangat takjub dan bangga membaca hasil ini. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk kami semua Pak Noer. Semoga website bestpresetation.net semakin jaya dan memberikan manfaat bagi kebaikan dunia.

  3. Titin Ritmi says

    Sungguh luar biasa….banyak hikmah yang sangat luar biasa jadi pelajaran berharga bagi saya dari kata ‘berbagi’ yang benar2 sudah Pak Noer lakukan…dan saya termasuk salah satu penggemar bacaaan yang sangat bermanfaat ini mulai dari 2011, disaat mungkin bapak baru2 mulai….selamat buat semua team …terimakasih atas ilmu yang bermanfaat ini…
    salam

    • Terima kasih sudah menjadi pembaca setia sejak 2011 bu Titin. Saya mulai menulis lagi sekitar akhir 2009 kalau tidak salah. Alhamdulillah sekarang sudah berjalan beberapa tahun. Mudah-mudahan kami sebagai tim akan terus membuat karya-karya baru yang bermanfaat.

  4. satu bukti lagi, kalau Mas Noer dan rekan-rekan bisa menghasilkan hasil karya yang mendunia. salut dan angkat jempol

  5. sungguh pencapaian yang luar biasa dan kerja sama tim yang hebat. Saya seorang mahasiswa dan menjadikan web presentasi.net sebagai rujukan untuk melatih kemampuan presentasi saya.
    Ada yang saya tanyakan pada mas nur , bagaimana cara anda membagi waktu untuk keluarga, kerja dan mengelola web ?

    • Cara sederhana, saya mencoba memanfaatkan semua waktu yang saya punya untuk hal bermanfaat. Saya hanya menonton TV, membaca berita dll seperlunya saja. Sisanya saya membaca buku, belajar dan berinteraksi dengan keluarga. Tentu perlu pengorbanan seperti mengurangi waktu tidur dan istirahat. Dengan kesungguhan, insya Allah kita bisa menghasilkan karya yang bermanfaat. Silakan dibaca lebih detil di sini:
      https://www.muhammadnoer.com/2010/12/produktif-kesibukan-kerja/

  6. triyanto says

    Asssalamu’alaikum Pa Noor atas idenya dan membagi untuk orang lain
    semoga Alloh membalasnya.

    terima kash
    dari Triyanto

  7. jazakallah, buat mas Noer semoga jalan barokah atas karyanya. amin

  8. Terima kasih banyak atas karya-karyanya..masih muda dan mampu membuat hasil yang bagus..
    Insya Allah sangat bermanfaat dan berkah..

  9. Keren mas…. terus menulis dan menginspirasi.

Speak Your Mind

*