Facebook Untuk Popularitas Blog Anda

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

facebook-small-logo Tak dapat dipungkiri, Facebook adalah salah satu social networking site yang paling cepat pertumbuhannya saat ini. Tak kurang dari 200 juta orang di seluruh dunia telah bergabung. Lebih dari 100 juta pengguna log in ke Facebook setidaknya 1 kali sehari. Informasi resmi dapat Anda baca di sini. Adapun di Indonesia jumlah pengguna telah mencapai 3 juta orang lebih. Perlahan tapi pasti, Facebook menggeser popularitas Friendster di negeri ini.

Buat Anda yang telah menggunakan Facebook tentu menyadari betapa dahsyatnya situs ini untuk menyebarkan informasi, bertukar pikiran, berdiskusi, bahkan tak jarang menjadi tempat menyebar gosip. Lantas, mengapa tidak memanfaatkannya untuk mengembangkan blog atau website Anda?

David Risley, salah seorang blogger yang saya sukai gaya penulisannya menyebutkan dalam posting berjudul How To Use Facebook to Market Your Blog,

β€œOne of the great things about Facebook is that it is designed to go viral. Whenever one of your friends does something, you see it on your Facebook home feed. So, if you post a new note, your friends will see it. If somebody joins your fan page (see below), all their friends will see it.”

Saya setuju dengan pernyataan di atas, Facebook memiliki kemampuan menyebar seperti virus yang jika dimanfaatkan dengan baik akan berguna untuk memasarkan blog Anda kepada audiens yang lebih luas.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa cara yang pernah saya pakai:

1. Impor Blog Anda ke Facebook Notes

Ini adalah cara tercepat dan mudah. Dengan mengimpor blog ke Facebook, maka setiap kali posting baru muncul, secara otomatis akan muncul juga sebagai Notes di Facebook Anda. Selanjutnya silakan tag sahabat-sahabat Anda agar mereka membaca Notes tersebut.

Caranya adalah klik di bagian Notes dan import. Masukkan URL feeds Anda. Biasanya secara sederhana adalah http://domain-anda/feed. Untuk kasus saya https://www.muhammadnoer.com/feed. Hal yang sama berlaku jika Anda hosting secara gratis di Blogspot atau WordPress.

Jangan hanya impor Notes. Biasakan untuk memberi bacaan lain kepada audiens Anda dengan menampilkan link ke artikel-artikel yang berkaitan. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dengan menginstal plug-ins Related Article yang secara otomatis menampilkan daftar tulisan sejenis.

Dengan cara ini, ketika orang yang pembaca Notes Anda tertarik membaca lebih jauh, dia akan klik salah satu link dan masuk ke blog Anda. Selanjutnya kualitas blog Anda akan menentukan apakah orang tersebut akan menjadi pembaca setia atau tidak.

2. Buat Fan Page

Membuat Fan Page mungkin terkesan narsis bagi sebagian orang. Apalagi kalau Anda membuat blog menggunakan nama sendiri. Terlepas apakah Anda termasuk orang yang suka populer atau tidak, membuat Fan Page adalah cara yang baik untuk menjadikan Facebook sebagai media iklan gratis bagi sebuah blog atau website. Setiap kali seseorang bergabung dalam Fan Page maka teman orang tersebut akan melihat halaman yang sama dan Facebook punya sistem otomatis untuk mempromosikannya.

Caranya klik di bagian Page dan Ads dan Anda dapat membuat Fan Page. Jangan lupa tambahkan gambar di dalamnya. Fan Page ini nantinya bisa disatukan ketika Anda membuat iklan berbayar.

3. Buat link Share to Facebook di setiap akhir tulisan Anda

Jika Anda perhatikan website yang ada sekarang baik besar atau kecil, sangat banyak yang memberi opsi untuk share informasi yang ada ke berbagai media social networking termasuk Facebook.

Saya sendiri menggunakan plug-ins Share on Facebook yang menampilkan tombol dan link untuk sharing tulisan. Ternyata menggunakan cara ini membuat banyak orang membagi tulisan saya kepada pembaca lainnya dibandingkan ketika saya menggunakan tombol advance yang bisa berbagi ke berbagai social networking lainnya.

4. Update status dengan posting terbaru

Cara ini dilakukan oleh banyak blogger terkenal. Setiap kali Anda membuat posting terbaru, jangan lupa update status dengan membuat link:

New blog post: Ini tulisan baru saya snipurl.com/abcde

Cara ini cukup efektif karena update status adalah yang paling banyak dilihat orang. Agar link yang Anda buat tidak terlalu panjang, gunakan jasa penyingkat URL seperti snipurl.com atau tinyurl.com

5. Buat Grup

Cara kerja grup hampir sama dengan Fan Page. Dengan membuat grup, Anda bisa mengirim pesan kepada orang-orang yang tergabung dalam grup tersebut. Buatlah grup yang relevan dengan topik yang Anda tuliskan.

6. Beriklan di Facebook

muhammadnoercom-facebook-adsJika Anda punya dana lebih dan butuh jangkauan lebih luas dari sekedar teman-teman yang Anda miliki, mengapa tidak beriklan saja? Saya beruntung mendapatkan promo iklan gratis dari Visa Network sebesar US$ 100. Sayang sekali promo ini sudah berakhir dan Anda tidak bisa mendapatkannya lagi.

Caranya klik di bagian Ads dan rancang iklan Anda. Agar iklan tepat sasaran, Anda bisa menentukan sasaran pengguna di mana iklan tersebut akan ditampilkan. Anda dapat menentukan pembaca dengan jangkauan usia tertentu, jenis pekerjaan, atau minat yang khusus. Ada dua pilihan jenis iklan yakni Pay for Click (CPC) atau Pay for Impressions (CPM). Cara pertama akan efektif jika Anda punya produk yang ingin dijual. Jika Anda hanya butuh exposure luas, cara kedua lebih tepat untuk dipilih karena iklan Anda akan tampil lebih sering dengan biaya yang lebih murah. Lewat iklan Facebook, saya bisa menghasilkan 28.000 impresi per hari dengan budget US$3. Cara ini sangat membantu di awal saya membuat blog ini dan menghasilkan sekitar 300 unique visitor per hari hanya dari Facebook saja.

Bagaimana Anda mempromosikan Blog?

Itulah beberapa cara yang saya pakai untuk memanfaatkan Facebook. Selain untuk berinteraksi dengan sahabat dan keluarga, ternyata Facebook bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan website, blog, bisnis atau apapun juga yang perlu dipromosikan.

Bagaimana Anda memanfaatkan Facebook? Sampaikan pandangan Anda di kolom komentar.

Panduan membaca cepat dan efektif.Β GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Good for sharing….aku suka dan you tahu yang kumau…
    Ku harus banyak belajar dan terus belajar sama mas M Noer dan sama siapa saja…belajar dan terus belajar
    Kalau lewat JAPRI…ke mana mas….

  2. dengan keyword facebook malah dapet 300 unik visitor tanpa bayar iklan heheh..

  3. Canggih juga tuh trick keyword-nya, boleh dishare bos..

  4. keywordnya facebook login..

  5. Kalau blognya ade lebih ke catatan harian mas Nur….ga pede buat di share…Makasi tips nya ya mas πŸ™‚

  6. @ade: sama deee..Tapi pengen juga dibaca orang lain biar dapat masukan, karena kadang curhatan disana…artinya emang lagi butuh masukan…hmmm bagusnya gimana yaa ??http://www.bundarania.blogspot.com/hehehehe itu promo gak yaa ?

  7. kelupaan..makasi yaa mas infonya πŸ™‚

  8. @ AdeMeskipun isinya catatan harian, dengan dipublish ke internet tentunya jadi dokumen publik juga.Saran saya tidak usah dishare sendiri, biar orang lain yang melakukannya.@ RitaBenar, blog akan berkembang jika mulai ada interaksi dengan pembacanya. Jadi mau tidak mau audiens tetap penting. Nantinya tinggal diarahkan apakah tetap blog catatan pribadi yang sangat khusus, atau topik tertentu sesuai dengan audiens yang berkunjung.

  9. Waw, hampir semuanya sudah saya coba. Tapi yang belum di coba sama sekali itu yang terakhir.

    Hihiihi, jadi penasaran ingin mencoba beriklan di facebook πŸ˜€

  10. @ Hery M
    Semoga bermanfaat Mas. Saya juga baru terjun ke dunia blogging meskipun dulu sempat akrab dengan dunia penulisan. Silakan bisa kirim ke email saya di bagian About.

    @ Fikri
    Iklan perlu dicoba. Buat saya menarik lihat iklan sendiri muncul di Facebook. Sementara saya off dulu iklan-nya, nanti kalau ada project baru akan dimunculkan lagi πŸ™‚

  11. Wah susah juga ya biar bisa jadi orang gak gaptek

  12. Wah bagus mas tipsnya..
    tapi karena sy pake wordpress yg gratisan, apa masih bisa nampilin fitur share on facebook?
    Mhn penjelasannya..
    Thx.

    • Kalau wordpress gratis saya kurang tau apakah ada plugins share to facebook yang bisa dipakai, karena memang lebih terbatas plugins yang boleh diinstall.

      Kalau mau coba plugins yang bermacam-macam memang paling enak dan mudah hosting sendiri. Saran saya jika niat blogging secara serius beli domain dan hosting saja.

  13. aslkm mas nur, sy sudah membuat share to facebook tp kok tampilannya berbeda dg yang ada di web ini… d web saya http://www.edrushimawan.com tidak ada penjelasan singkat isi/gambar web hanya link saja.. bisakah membantu saya? mksh byk sblmnya

    • Walaikum salam Mas Edrus,
      Saya lihat di web-nya sudah ok tuh. Begitu di klik akan ada dua pilihan di Facebook: link, penjelasan singkat beserta gambar (kalau posting tsb memiliki gambar). Kalau tidak ada gambarnya maka hanya ada link dan penjelasan singkat saja.

      Salam,
      M. Noer

  14. Ma kasih mas, jadi terinspirasi (tepatnya sebelumnya ngak tau dan nagk kepikiran)

  15. Makasih maZ Muhammad Noer, informasi anda sangat jelas dan mudah dipahami untuk pemula seperti saya ini.
    Saya praktekkan dulu dech…..

  16. makasih, mas noer artikelnya banyak menambah wawasan saya. sekali lagi terimakasih. salam sukses selalu untuk blog nya.

  17. Ada beberapa poin yang menarik dalam waktu dalam artikel ini, tetapi saya tidak tahu apakah aku melihat mereka semua pusat ke jantung. Ada benarnya, tapi saya akan mengambil pendapat terus sampai saya melihat lebih jauh. Baik artikel, terima kasih dan kami ingin lebih! Ditambahkan ke Feedburner juga

Speak Your Mind

*

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link