Kiat Menulis Buat Orang Sibuk

writing Menulis adalah kegiatan yang mengasyikkan sekaligus mencerahkan. Banyak orang berkeinginan untuk bisa menulis secara teratur namun terhalang tidak adanya waktu karena kesibukan pekerjaan.

Apakah karena halangan tersebut kegiatan menulis harus terhenti? Jawabnya tidak. Semua orang tetap dapat menyalurkan pemikiran dan perenungannya lewat tulisan sesibuk apapun jika menemukan kiat yang tepat.

Tulisan berikut akan memberikan beberapa kiat buat orang-orang yang sibuk agar bisa menulis secara teratur dan konsisten.

1. Teguhkan niat menulis

Segala sesuatu berawal dari niat. Dengan menetapkan niat yang kuat untuk menulis, maka akan ada dorongan yang memaksa diri untuk melakukannya. Sama halnya dengan menulis, tetapkan target yang jelas misalnya 1 tulisan per minggu atau 2 tulisan per bulan. Dengan cara ini secara mental kita akan merasa berhutang jika belum melakukannya dan secara aktif akan mencari cara agar bisa menyelesaikan hutang tersebut.

Saya pribadi menetapkan target 2 tulisan per minggunya dan sejauh ini masih bisa memenuhinya, meskipun dengan berbagai tantangan kesibukan yang ada.

2. Temukan waktu produktif Anda

Tiap orang memiliki waktu produktif yang berbeda-beda. Ada yang sangat produktif di pagi hari ketika banyak orang belum bangun. Ada yang produktif di tengah malam ketika semua orang tengah terlelap. Ada pula yang menikmati waktu di tengah hari ketika semua orang sedang sibuk bekerja.

Menemukan waktu yang tepat akan membantu produktivitas tinggi dalam menulis. Memanfaatkan waktu yang tepat dan nyaman secara natural, seseorang dapat menyelesaikan beberapa tulisan sekaligus.

Saya sendiri paling suka menulis di tengah malam sampai pagi hari setelah tidur beberapa jam sebelumnya. Pada waktu tersebut, segala sesuatunya menjadi sangat lancar dan berbagai ide bermunculan. Tak jarang saya menulis 2-3 tulisan sekaligus untuk diterbitkan di hari yang berbeda dalam blog ini.

3. Manfaatkan waktu senggang dengan baik

Jika Anda memiliki pekerjaan full time yang menuntut perhatian penuh, maka memanfaatkan waktu dengan baik adalah kunci agar Anda bisa menulis. Sepulang kerja, coba perhatikan kegiatan apa saja yang Anda lakukan. Mandi, makan malam, sholat, bercengkrama dengan keluarga, menonton TV, istirahat dan lain-lain. Kurangi kegiatan yang kurang bermanfaat dan gunakan untuk menulis. Jika Anda terlalu lelah, maka segeralah beristirahat untuk kemudian bangun dengan segar sehingga dapat menulis.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan waktu istirahat di kantor dengan menulis. Gunakan waktu istirahat kerja secara efektif sehingga masih ada sisa untuk menulis. Atau Anda dapat membuat draft tulisan dalam perjalanan pergi dan pulang dari kantor. Tentunya hal ini baru bisa dilakukan jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri.

Jangan lupa manfaatkan pula waktu akhir pekan ketika libur dari pekerjaan. Saya sering memanfaatkan waktu akhir pekan ini terutama di pagi hari. Jika beruntung, dalam dua jam bisa menyelesaikan beberapa tulisan sekaligus.

4. Kurangi waktu istirahat

Jika Anda benar-benar ingin konsisten menulis sementara Anda juga orang yang sibuk, mau tidak mau harus ada waktu istirahat yang harus dikorbankan. Sebagai contoh sepulang kerja mungkin Anda harus bercengkrama dengan keluarga sampai waktunya tidur malam. Setelah anggota keluarga tertidur, Anda dapat memanfaatkan waktu untuk menulis. Atau sebaliknya, Anda bisa ikutan tidur dan bangun di tengah malam untuk menyelesaikan tulisan.

Mengurangi waktu istirahat adalah cara paling akhir jika memang Anda benar-benar tidak punya waktu. Lantas bagaimana dengan kewajiban kerja keesokan harinya? Jika sudah terbiasa, maka tubuh akan membiasakan diri. Jadi cukup dengan tidur 3-4 jam sehari sudah membuat Anda segar untuk melaksanakan tugas keesokan harinya.

5. Catat ide tulisan

Ide dapat muncul kapan saja. Sama seperti Newton yang mendapat ide gravitasi ketika melihat sebuah apel jatuh. Oleh karena itu segera catat segala ide yang melintas di kepala Anda. Menundanya akan membuat lupa dan menghabiskan energi ketika berusaha mengingatnya kembali.

Catatan ide ini sangat berguna ketika Anda punya waktu senggang untuk menulis. Seringkali orang yang tidak membuat catatan kehabisan waktu mencari ide ketika sebenarnya dia punya waktu yang cukup untuk membuat tulisan.

Saya pribadi memiliki catatan khusus untuk semua ide tentang tulisan yang ingin saya buat. Total ada 50 judul dan ide di sana. Setiap kali saya terpikir akan suatu ide, kutipan, frase yang menarik, akan segera saya catat. Ketika nanti punya waktu luang, saya tinggal membaca daftar tersebut dan menulis yang paling menarik dan nyaman buat saya saat itu.

Itulah beberapa kiat yang dapat saya bagi untuk Anda.

Mungkin Anda punya kiat atau pengalaman lainnya?

Silakan berbagi dan sampaikan pada kolom komentar di bawah.

Gambar diambil dari Microsoft Office Free Picture and Clipart Online

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. salah satu kiat supaya kita bisa konsisten dalam menulis yaitu kita harus punya webblog. dengan punya webblog walaupun kita sibuk, pasti kita merasa punya kewajiban untuk menulis. ini juga saya alami, kegiatan saya di kampus membantu dosen ngajar adik2 kelas sampai sore, setelah itu harus ngajar privat dari rumah ke rumah sampai malam, setelah itu masih harus belajar untuk persiapan kuliah besoknya tetapi karena saya punya webblog, hati ini tergerak untuk menulis spy webblog kita tidak statis. itulah kiat-kiat saya supaya ditengah kesibukan, kita tetap bisa menulis.

  2. nomor satu itu yang paling penting
    musti belajar sama si teguh ya

  3. Gagus,
    Dengan memiliki blog sendiri biasanya akan terpacu untuk lebih tertib menulis. Namun hati-hati juga karena kadang kemalasan dan berbagai alasan menunda kita untuk melakukannya. Yang penting adalah tekun dan konsisten meskipun posting tidak harus terlalu sering.

    Mas Ridwan,
    Benar, kenalan yang baik dengan si Teguh akan membantu untuk tetap teguh 🙂

  4. terima kasih…
    blog ini sangat membantu saya ketika saya mulai menulis

  5. mas saya punya banyak waktu untuk menulis,
    saya sudah banyak menulis tapi saya merasa tidak enak di baca sehingga sering saya urung kan untuk di publukasikan dan akhirnya di buang.
    maklum mas saya sedang belajar.
    bagaimana caranya agar dalam tulisan saya enak di baca.?

    • Kang Away,

      Tulisan disebut enak atau tidak relatif. Tergantung siapa pembacanya dan bagaimana mereka menilainya.
      Jangan kaget tulisan yang kita anggap tidak enak bisa jadi sangat bermanfaat dan berguna buat orang lain.

      Jadi langkah pertama adalah teruslah menulis, menulis dan menulis.
      Biarkan pembaca yang menilainya, dan perhatikan feedback dari mereka.

      Lewat feedback tersebut kita bisa terus mengasah tulisan menjadi lebih baik lagi dari waktu ke waktu.

  6. http://HanLee says

    Pengen nulis! Artikel2x bner2 bkin semgat., ak ingn nulis mskipun msh sangat amatir, :D. Slam kenal,,,

  7. Terima kasih atas tulisannya yang sangat membantu saya untuk menumbuhkan kembali keinginan untuk menulis. Walaupun saya sibuk mengurus 4 orang anak, saya sempatkan untuk belajar menulis, walaupun dengan mencuri2 waktu pada malam hari setelah anak2 tidur, dan tentunya saya juga sudah tidur terlebih dahulu. kalau saya bosan atau kehabisan ide di depan komputer, biasanya saya selingi dengan mengerjakan pekerjaan rumah tangga, lalu lanjut kembali. mudah-mudahan saya bisa mengikuti jejak mas noer menjadi penulis handal.

Speak Your Mind

*