Kursus Membaca Cepat Online Pertama di Indonesia

Saya mendapatkan banyak email pribadi dari pembaca yang mengapresiasi positif buku Speed Reading for Beginners yang dapat Anda download dari website ini. Tidak hanya itu, banyak diantara mereka ingin belajar membaca cepat secara lebih terstruktur namun tidak tau di mana tempatnya.

Tidak semua orang bisa belajar membaca cepat dengan mudah lewat buku. Hal ini saya sadari sejak awal karena saya pun mengalaminya. Pengalaman saya belajar membaca cepat di tahun 1996-1997 sangat tidak mudah. Saya hanya mendapat penjelasan singkat dari sebuah buku. Saya mencoba mempraktekkannya namun bingung bagaimana sebenarnya membaca cepat dilakukan.

Saya ingin bertanya, tapi tidak ada yang mengerti. Sampai akhirnya saya belajar terus dari puluhan buku dalam dan luar negeri sehingga dapat menguasai skill ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kita berbicara tentang membaca cepat atau “Speed Reading”, harus diakui bahwa di Indonesia keterampilan ini belum banyak dikenal orang. Karenanya akan sangat sulit pula mencari kursus membaca cepat yang berkualitas dan mampu mengantarkan Anda menjadi seorang pembaca cerdas sejati.

Melihat kondisi tersebut, saya mencoba merancang sebuah pelatihan membaca cepat online pertama di Indonesia dengan menerapkan best practice dari trainer-trainer online tingkat dunia. Secara khusus saya belajar bagaimana merancang sebuah pelatihan yang terstruktur menggunakan multimedia dalam pengajaran. Berbekal pengalaman saya 10 tahun terakhir di bidang training dan pendidikan, saya mencoba menerapkan konsep blended learning yakni perpaduan antara belajar online dan tatap muka. Setiap peserta dapat belajar mandiri dengan mendownload materi yang diberikan sekaligus mendapat kesempatan bertanya langsung kepada instruktur yang akan saya jawab secara live lewat video.

Dan inilah kursus membaca cepat tersebut. Saya memberi nama “Speed Reading for Smart People”. Anda akan belajar membaca cepat langkah demi langkah terdiri dari 7 modul. Dalam Pelatihan Membaca Cepat Online ini, saya memadukan interaksi personal lewat video tutorial dimana Anda akan belajar membaca cepat langkah demi langkah. Saya akan menjelaskannya secara langsung kepada Anda disertai animasi dan diagram yang menjelaskan bagaimana membaca cepat sebenarnya dilakukan. Anda akan belajar dari visualisasi proses membaca cepat yang sangat sulit dijelaskan hanya lewat tulisan atau kata-kata.

Adapun isi dari modul tersebut sebagai berikut:

 

 

MODUL 1: Mengenali Gaya Membaca Anda

Modul ini mengajak Anda untuk mengukur dan mengetahui kebiasaan baca Anda saat ini. Dengan demikian, Anda akan tau kondisi aktual saat ini dan bisa menentukan target yang ingin dicapai dalam keseluruhan program.

Modul 1 terdiri dari 4 sub yaitu:

  • Berapa kecepatan baca Anda saat ini
  • Menentukan target kecepatan baca
  • Mengenali kebiasaan membaca Anda
  • Menetapkan prioritas untuk meningkatkan kecepatan baca

MODUL 2: Menguasai Dasar Membaca Cepat

Modul ini mulai memperkenalkan kepada Anda dasar-dasar membaca cepat. Dimulai dari bagaimana menghilangkan kebiasaaan membaca yang buruk sampai strategi dalam membaca cepat dengan cara menguasai membaca beberapa kata sekaligus.

Modul 2 terdiri dari 4 bagian yaitu:

  • Menghilangkan kebiasaan buruk membaca
  • Membaca aktif dan kritis
  • Strategi membaca cepat
  • Menguasai membaca beberapa kata sekaligus
  •  

MODUL 3: Mengasah Mata Baca Anda

Setelah mempraktekkan dasar-dasar membaca cepat, sekarang saatnya Anda mengasah mata baca. Modul ini menekankan pada latihan meningkatkan kecepatan baca dengan menerapkan strategi membaca cepat yang benar. Dengan melatih kecepatan, maka Anda melatih gerak dan koordinasi otot mata. Dengan demikian, proses membaca cepat menjadi alami dan menyatu dalam diri Anda.

Modul 3 terdiri dari 4 bagian yaitu:

  • Latihan mengenali banyak kata
  • Latihan mempercepat gerakan mata
  • Tips menjaga kesehatan mata
  • Teknik membaca khusus

 

MODUL 4: Meningkatkan Pemahaman Baca

Membaca adalah proses mencerna pengetahuan dan memahaminya. Membaca cepat saja tidak cukup jika Anda tidak memahami apa yang dibaca. Modul ini berkonsentrasi untuk membantu Anda meningkatkan pemahaman dengan cara mengetahui bagaimana proses mengingat bekerja dan bagaimana melatih pemahaman dalam membaca.

Modul 4 membahas beberapa bagian diantaranya:

  • Bagaimana proses mengingat dan memahami bekerja
  • Cara praktis memastikan pemahaman baca
  • Menentukan tujuan baca dan menemukan jawaban
  • Bagaimana melakukan proses pengulangan/resitasi yang baik

 

MODUL 5: Memadukan Kecepatan Dengan Pemahaman

Setelah Anda menguasai kecepatan dan pemahaman baca, tibalah waktunya untuk memadukan kedua hal tersebut. Pada modul ini Anda akan berlatih menggabungkan kecepatan dan pemahaman sehingga semakin cepat Anda membaca, semakin tinggi pula pemahaman Anda.

Modul 5 membahas hal-hal berikut:

  • Bagaimana mengenali data dan fakta
  • Menguasai angka dengan cepat dan akurat
  • Melakukan visualisasi bahan bacaan
  • Menciptakan pemahaman pribadi untuk ingatan jangka panjang

 

MODUL 6: Membaca Cepat Dalam Bahasa Asing

Tak dapat dipungkiri pemahaman bahasa asing menjadi semakin penting di era sekarang. Sebagian besar materi yang kita baca juga berbahasa asing, terutama Inggris. Modul ini mengajak Anda untuk memiliki kecepatan baca dalam bahasa asing kurang lebih setara dengan membaca dalam bahasa Ibu.

Modul 6 akan menjelaskan kepada Anda hal-hal berikut:

  • Perbedaan membaca cepat dalam bahasa asing
  • Menguasai kosa kata penting dan teknik memperkaya kosa kata
  • Memahami konteks bahan bacaan dan menarik kesimpulan
  • Menciptakan pemahaman bacaan dalam bahasa asing

 

Tidak cukup dengan itu semua, saya masih akan memberikan materi bonus pamungkas yang akan membantu Anda mengingat apa-apa yang telah Anda pelajari untuk jangka panjang.

 

MODUL 7: Ikatlah Ilmu Dengan Menuliskannya

Materi ini akan mengajarkan kepada Anda bagaimana proses mencatat yang lebih baik sehingga apa-apa yang Anda ingat dalam jangka pendek bisa bertahan pada jangka panjang tidak hanya setahun atau dua tahun, melainkan lima tahun bahkan lebih. Ini semua bisa dilatih dengan proses mencatat yang bisa membantu Anda me-“recall” kembali apa-apa yang pernah dipahami.

Modul ini akan membahas tentang:

  • Mengenal teknik mencatat
  • Membedakan kata kunci dan bukan kata kunci
  • Mengenali dan menandai bagian penting bahan bacaan
  • Merangkum sebuah buku dalam selembar catatan

 

Tidak hanya itu, setiap modul juga akan memiliki berbagai format yang dapat mengakomodir gaya belajar apapun yang Anda senangi.

  • Buat Anda tipe Visual, maka materi berupa VIDEO TUTORIAL adalah yang terbaik
  • Buat Anda tipe Auditori, saya menyediakan format AUDIO MP3 dari setiap materi sehingga Anda dapat mendengarnya ketimbang menontonnya.
  • Dan jika Anda lebih senang dengan membaca langsung, maka Anda akan mendapatkan TRANSKRIP LENGKAP KATA DEMI KATA dari setiap materi.
  • Tidak hanya itu, saya bahkan akan membagikan seluruh MATERI PRESENTASI yang digunakan dalam pelatihan ini.
  • Terakhir yang paling penting adalah setiap modul dilengkapi dengan BUKU KERJA DAN LATIHAN yang akan Anda gunakan sebagai praktek langsung membaca cepat. Inilah yang membuatnya tidak sekedar teori, melainkan praktek yang membuat Anda mampu menguasai keterampilan membaca cepat dengan baik.

Kapan program ini akan dimulai? Jika tidak ada aral melintang, insya Allah saya akan launch program ini sebelum bulan Juni 2010 berakhir. Karena itu, bersiaplah mengikuti pelatihan membaca cepat online pertama yang saya rancang khusus buat Anda.

Berapakah biayanya? Saya belum memutuskan angka akhir. Yang pasti saya menyadari sebagian pembaca blog ini adalah pelajar, mahasiswa, guru dan dosen. Tidak semua orang memiliki kondisi ekonomi yang sama. Saya pernah berada pada posisi mereka dan saya ingin pelatihan ini terjangkau oleh semua kalangan.

Karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang pembaca cerdas dan efektif, jangan lupa segera daftar di VIP Notification List agar Anda tidak ketinggalan mendapat informasi terbaru seputar program ini.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Terima kasih atas kiriman email.
    Pembahasan mengenai Baca cepat sebenarnya sudah ada sekitar tahun 80 an melalui buku terbitan gramedia.. Tetapi hal tersebut masih kurang maksimal, dan sekarang buku-buku mulai bermunculan. Bahkan di Surabaya sudah ada pelatihan selama 2 (dua) hari. Metodenya menggunakan potensi bawah sadar & hypnosis. Satu halaman dapat dibaca hanya satu detik.
    Apakah metode yang Bapak ajarkan nanti juga mengarah kesana.
    Terima kasih

  2. Salam Pak Indra,

    Terima kasih atas ketertarikannya.
    Memang ada metode menggunakan hypnosis yang kadang disebut dengan photoreading atau blitz reading. Dalam ebook Speed Reading for Beginners saya sedikit menyinggung tentang hal ini. Saya sendiri bukan ahli hypnosis sehingga tidak menggunakan metode seperti itu.

    Metode yang saya gunakan adalah hasil penelitian dan belajar saya selama 10 tahun terakhir. Apa-apa yang menurut saya memang terbukti membawa hasil saya terapkan dan apa yang tidak maka tidak saya gunakan. Jika Bapak sudah membaca ebook saya, maka apa yang dibahas dalam training ini adalah pengembangan lebih lanjut dengan modul-modul yang disusun seperti artikel di atas.

    Semoga membantu.

  3. Terima kasih Pak Noer untuk e-book dan video2nya, ini sangat bermanfaat.

    Mohon Pak, jika ada waktu, untuk menjelaskan pertanyaan saya berikut ini;

    – Tentang teknik membaca/melihat beberapa kata sekaligus.
    Kebiasaan saya dalam membaca adalah menyebutkan dalam hati, kata per kata dari setiap kata yang saya baca.
    1. Apakah teknik Bpk juga demikian?
    2. Bagaimana merangkai beberapa kata yang kita baca sekaligus itu menjadi kalimat?

    Mohon penjelasannya Pak. Terima kasih banyak…

    Salam,
    tan

  4. Mas Mohammad mengenai kiriman email-nya nggak masalah mas …. bagi saya kalau dikirimkan sesuatu yang mengandung ilmu malah bersyukur … Ok sukses selalu ya mas … Salam

  5. @ Tan
    1. Membaca dalam hati harus dikurangi kalau bisa dihilangkan.
    Proses yang biasa kita lakukan adalah melihat kata –> mengucapkan dalam hati –> memahami dalam otak
    Dalam proses baca cepat yang baik maka jalurnya diperpendek melihat kata –> memahami dalam otak
    Tulisan pada dasarnya adalah simbol, mirip ketika kita melihat gambar. Jadi semakin kita mengurangi proses mengucap dalam hati akan cenderung lebih bisa menangkap banyak kata sekaligus

    2. Pada awalnya beberapa kata yang ditangkap bisa terasa aneh. Tapi lama kelamaan kita kan terbiasa mengelompokkan kata dalam frase atau struktur Subjek Predikat Objek yang tepat sehingga memudahkan memahaminya dalam konteks kalimat.
    Disamping itu, ketika kecepatan sudah semakin tinggi, maka pemahaman dalam konteks kalimat akan semakin mudah.

    Semoga membantu

  6. @ Wisnu

    Terima kasih atas dukungannya Mas Wisnu 🙂
    Insya Allah saya akan berusaha selalu mengirimkan materi yang bermanfaat.

  7. Terima kasih, Pak. Jawabannya sangat bermanfaat sekali, saya jadi paham sekarang. Jadi siapa saja yang ingin meningkatkan kecepatan membacanya harus. kerja keras untuk merubah, kebiasaan membaca dalam hati, yg sudah berkarat…. 🙂

    Thanks sekali lagi….Salute untuk Pak Noer…Sukses selalu menyertai.

    Salam,
    tan

  8. thanks atas kiriman emailnya plus pelajaran2nya yang sangat bermanfaat..
    saya ada pertanyaan mas.. apakah baca cepat juga bisa dipraktekkan kedalam bhs. Arab? dan untuk angka2 apa ada teknik khususnya?
    thanks sekali lagi..
    semoga Allah menambah ilmu dan rezki mas dan kita semua…Amin

  9. Dear Mas Muhammad,
    Terima kasih banyak atas kesempatannya mengirim e-mail atau ebook yang sangat bermanfaat sekali untuk saya.

  10. Stelah saya membaca bku speed reading for beginers, sya smakin trtarik dngan cara” sjenis itu yg lbih mantap lagi.

    Pak,,, adakah sdikit penjelasan tentang NLP ? atau yg seperti dijelasin di buku anda, tentang photoreading…??

    Saya sendiri telah merasakan manfaat dari speed reading, benar lah bahwa pemahaman akan lebih meningkat. Hanya saja saya sedikit penasaran dengan NLP & Photoreading,,….

    Trima kasih ya… 🙂

    • Jin, kamu bisa cari banyak materi tentang NLP di internet.
      Untuk photoreading saya pribadi tidak terlalu memahami dan tidak meyakini teknik tersebut. Ini karena membaca merupakan pekerjaan kompleks yang melibatkan seluruh indra. Mulai dari mata, otak, telinga dan juga pikiran bawah sadar kita. Sementara tujuan membaca sendiri adalah untuk memahami.

      Dengan demikian saya tidak bisa berkomentar banyak.

Speak Your Mind

*