Manfaat Praktis Membaca Cepat Buat Profesional

i love to read

Saya cukup beruntung belajar membaca cepat pada usia yang relatif muda. Saat itu saya masih duduk di bangku SMU. Keterampilan membaca cepat ini terus saya asah di bangku sekolah, kuliah, sampai menjadi profesional seperti sekarang.

Menguasai keterampilan membaca cepat, membuka wawasan saya terhadap berbagai bahan bacaan yang tadinya terasa “menakutkan” karena tebal dan sulit diselesaikan.

Apa sebenarnya manfaat praktis dari menguasai keterampilan membaca cepat itu? Bagaimana keterampilan membaca dengan baik memberi manfaat buat seorang profesional seperti saya dan Anda semua?

Dalam tulisan ini, Anda akan menemukan jawaban apa sebenarnya manfaat praktis tersebut.

Manfaat Pertama: Bekerja Lebih Produktif

Apapun pekerjaan Anda, apapun bidang yang menjadi perhatian Anda, semuanya tidak bisa dilepaskan dari urusan membaca. Sebagai seorang profesional di bidang Human Resources untuk organisasi Global, sehari-hari saya dihadapkan dengan tugas membaca yang bertumpuk.

Ratusan email setiap hari harus dibaca dan direspon, berbagai kebijakan perusahaan pada level global dan lokal harus dipahami, berbagai dokumen internal yang semuanya berbahasa Inggris harus dipahami dan dikuasai.

Disinilah keterampilan membaca cepat dan efektif sangat membantu saya. Dengan waktu yang relatif terbatas saya bisa menangani berbagai “tugas membaca” yang diperlukan untuk menjalankan tugas saya secara profesional. Bayangkan betapa frustasinya jika saya tidak pernah menguasai keterampilan tersebut.

 

Manfaat Kedua: Mencintai Kegiatan Membaca

Membaca cepat membantu saya tertarik pada kegiatan membaca secara rutin. Pada akhirnya ini membantu untuk mencintai kegiatan membaca itu sendiri. Tentunya kita semua sepakat pepatah yang mengatakan “buku adalah gudang ilmu”. Jika Anda ingin menguasai ilmu apa saja, Anda harus suka dan mencintai kegiatan membaca.

Permasalahannya adalah, mood Anda dalam membaca kadangkala dipengaruhi oleh kecepatan baca. Ketika Anda hanya bisa membaca lambat, maka butuh waktu bulanan untuk menyelesaikan satu buku saja. Ini akan mempengaruhi ketertarikan Anda dalam membaca.

Sebaliknya, dengan membaca pada kecepatan yang lebih tinggi dari rata-rata orang, kegiatan membaca menjadi lebih ringan. Secara umum mood Anda akan lebih positif. Anda siap untuk belajar berbagai hal.

Ini pula yang membantu saya bisa mempelajari bidang-bidang yang menjadi ketertarikan saya di luar profesi saya sebagai praktisi Human Resources. Saya bisa belajar tentang pendidikan, komunikasi, psikologi dan presentasi.

 

Manfaat Ketiga: Aktif Berkarya

Dengan aktif belajar di tengah-tengah kesibukan pekerjaan sehari-hari, maka Anda pun bisa terus berkarya. Salah satu yang sangat saya syukuri adalah kesempatan untuk bisa berbagi kepada orang banyak lewat berbagai karya: artikel yang bermanfaat, buku-buku yang mencerahkan, dan video tutorial yang mampu memberi keterampilan baru buat orang lain.

Inilah yang membuat saya bersemangat menulis di blog ini, merancang video dan kursus online di situs membacacepat.com, menulis buku dan berbagai artikel berharga di situs presentasi.net.

Jika berbicara tentang kesibukan sehari-hari, tentulah waktu yang tersedia sangat terbatas. Namun, dengan keterampilan membaca yang baik sekaligus efektif, saya memiliki kesempatan untuk membuat karya-karya baru. Inilah kepuasan batin yang tidak tergantikan dengan apapun juga.

Itulah tiga manfaat yang saya rasakan dari menguasai keterampilan membaca cepat dan efektif. Tidak sekadar membaca, melainkan bagaimana proses membaca yang menciptakan kegemaran belajar dan terus menerus mencari pengetahuan.

Anda pun bisa merasakan manfaat tersebut dengan terus mengasah keterampilan membaca dan mencintai proses membaca dan belajar itu sendiri.

 

Photo Credit: Carlosporto under creative commons

 

PS.

Untuk mengakomodir para pembaca yang tertarik mengikuti kursus membaca cepat online – Speed Reading for Smart People, saat ini saya dan tim telah membuka kursus tersebut sepanjang tahun. Ini berbeda dari pendaftaran sebelumnya yang hanya dibuka per gelombang sebanyak 2-3 kali dalam setahun.

Untuk menandai hal tersebut, kami memberikan potongan 50% investasi kursus membaca cepat online bagi calon peserta baru yang mendaftar mulai tanggal 26 Februari 2013 – 5 Maret 2013.

Jangan lewatkan kesempatan berharga ini untuk bergabung bersama ratusan profesional dari berbagai bidang yang telah lebih dahulu mengikuti kursus online ini. Lebih dari 500 profesional telah bergabung. Anda bisa melihat profil mereka di sini.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. terimakasih ya gan sudah berbagi .. sukses selalu untuk anda

Speak Your Mind

*