MuhammadNoer.com Tampil dengan Wajah Baru

Jika Anda pernah mengunjungi blog ini sebelumnya, tentu merasakan perbedaan tampilan yang ada sekarang. Ya setelah mencari waktu yang tepat untuk mengotak-atik berbagai themes, akhirnya pilihan saya jatuh pada Vigilance yang mudah dikustomisasi dengan panduan desain Cascading Style Sheet (CSS) yang lengkap.

Muhammad-Noer-dot-com-Vigilance-Final_cr Muhammad-Noer-dot-com-ocean-mist-cr

Sebenarnya saya cukup puas dengan desain lama menggunakan theme Ocean Mist yang dibuat oleh desainer web Ed Merrit. Menurut saya theme tersebut sangat artistik, elegan dan menunjukkan jiwa seni perancangnya. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang membuat saya terpaksa pindah ke themes lain:

  1. Themes tersebut dirancang untuk resolusi 800×600. Dengan demikian, untuk layar monitor sekarang yang cenderung resolusinya sudah semakin tinggi terlihat terlalu sempit. Beberapa kali saya berusaha memperlebar dengan melakukan editing tapi masih gagal. Yang terjadi adalah merusak struktur theme-nya. Mungkin usahanya kurang keras.
  2. Ukuran font menurut saya terlalu kecil. Sebenarnya masih bisa diperbesar tapi kurang pas dengan desain kolomnya yang memang sempit. Padahal dalam blog ini saya banyak menulis tentang speed reading yang tentunya perlu dikombinasikan dengan ergonomi dalam membaca. Desain web yang paling ergonomis menurut saya adalah website WordPress.org dan desain baru ini sedikit banyak mencontoh ke sana.
  3. Themes tersebut dipakai di WordPress.com dan cukup populer di kalangan pengguna lainnya. Untuk itu saya perlu memberikan identitas baru bagi blog ini.

Dari berbagai theme yang ada, pilihan saya jatuh pada theme yang sederhana namun mudah diatur sehingga bisa ditata ergonomi pembacaan yang baik. Ada dua theme yang jadi pilihan yakni Copyblogger oleh Chris Pearson dan Vigilance buatan Jestro. Pilihan akhir jatuh pada yang kedua karena kemudahan kustomisasi dan bisa melakukan editing CSS dengan lebih lengkap.

Untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada Ed Merrit untuk theme yang selama ini saya pakai dan juga kepada Drew Strojny dari Jestro.com untuk theme Vigilance-nya yang simpel dan mudah diatur sesuai kebutuhan.

Dalam hal desain, tentunya yang menjadi perhatian utama saya adalah kenyamanan pembaca. Jika Anda perhatikan pada desain baru ini font-nya relatif lebih besar dan jarak spasi yang lebih lebar. Perubahan yang sama juga terjadi di bagian navigasi. Harapan saya agar mata tidak cepat lelah membaca posting saya yang cenderung panjang dan bersifat tutorial saling bersambung. Anda dapat mengubahnya di setting browser jika dirasa kurang sesuai.

Desain ini tentunya masih terbuka untuk perbaikan lebih lanjut. Tentunya kalau saya juga punya waktu untuk otak-atik dan uji coba di beberapa browser utama. Untuk itu, saya butuh masukan Anda untuk tampilan yang lebih baik dan nyaman dibaca. Komentar Anda akan saya perhatikan untuk membuat blog ini lebih mudah dan enak dinikmati.

Jadi, bagaimana menurut Anda?

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Assalamualikum.
    Menurut Gagus, dengan tampilan baru isi yang dismapaikan akan lebih mengena pada sasaran karena sangat jelas (ukuran font lebih besar dan spasi yang lebih besar), selain itu tampilan ini lebih sederhana sehingga artikel2 Bapak Noer lebih mengena pada pembaca. Gagus sangat setuju sekali webblog Bapak Noer tampil dengan wajah baru, karena pembaca tidak menjadi bosan dan akhirnya bisa enjoy lama-lama di webblog Bapak Noer.

    Salam
    Gagus
    http://gagus-ketut.blogspot.com

    • Terima kasih atas masukannya Gagus. Saya memang mengubah tampilan supaya lebih nyaman di baca. Desain yang lama kurang bersahabat untuk tulisan yang relatif panjang.

  2. Assalamualaikum
    Dengan tampilan baru ini maka isi dari blog lebih mengena pada sasaran karena selain simple ukuran font juga lebih besar dan jarak spasinya lebih besar. Dengan tampilan baru ini, insya Alloh pengunjung akan enjoy dan betah berlama-lama di webblog Bapak Noer.

    Gagus
    http://gagus-ketut.blogspot.com

  3. Assalamualaikum.Dengan tampilan baru ini maka isi dari blog lebih mengena pada sasaran karena selain simple ukuran font juga lebih besar dan jarak spasinya lebih besar. Dengan tampilan baru ini, insya Alloh pengunjung akan enjoy dan betah berlama-lama di webblog Bapak Noer.Gagushttp://gagus-ketut.blogspot.com

  4. Terima kasih atas masukannya Gagus. Kebetulan Sabtu Minggu kemarin saya punya waktu cukup untuk melakukan perubahan besar dalam desain. Ya, mengenang masa-masa ketika dulu saya jadi webmaster untuk http://www.simulasibisnis.com

  5. Wah,mas…aku masih make Ocean mist tuh, emang hurufnya kecil…trus kalo di edit,tampilannya suka aneh…Tp belum punya waktu buat nyoba2 cari yang baru.Kayanya nyontek punya mas nur aja deh….hehe,boleh yah?

  6. Silakan kalau mau pakai seperti yang saya buat Madaff.Btw, saya masih penasaran mau otak-atik Ocean Mist juga, siapa tahu nanti bisa lebih pas.Tapi kalau Madaff hosting di WordPress.com kemungkinan tidak bisa otak-atik dengan mudah karena ada fungsi yang dibatasi.

  7. memang banyak sekali blog indonesia yang menggunankan theme ocen mist, dengan wajah baru identitasnya mudah dikenali.

Speak Your Mind

*