Tips Produktivitas 4 – Jangan Menunda

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Penghalang paling besar bagi kesuksesan seseorang adalah sifat malas dan suka menunda. Kita menunda sampai besok apa yang sebenarnya bisa diselesaikan hari ini. Kita menunda membuat perubahan tahun ini dengan alasan tahun depan masih ada. Kita menangguhkan sebuah kesempatan karena berharap kesempatan yang sama akan hadir di masa mendatang. Dalam tulisan ini, kita akan belajar mengapa seseorang suka menunda dan bagaimana mengatasi sikap tersebut untuk menjadi pribadi produktif.

 

Setiap Hari Punya Tugas

Pepatah bijak mengatakan, jangan tunda sampai besok apa yang bisa kamu kerjakan hari ini. Pelajaran penting dari kalimat tersebut adalah setiap hari punya tugasnya masing-masing. Ketika kita menunda sesuatu yang menjadi hak untuk ditunaikan hari ini, maka kita membuat beban yang lebih besar di hari esok. Ketika kita meninggalkan sesuatu tanpa alasan jelas yang sebenarnya bisa dikerjakan hari ini, maka kita telah menghilangkan sebuah kesempatan yang tak akan kembali. Karena setiap hari punya kewajibannya masing-masing. Waktu yang hilang akan berlalu selamanya. Sebuah kesempatan tidak datang dua kali.

 

Mengapa Kita Suka Menunda?

Karl Moore dalam salah satu video Human Mindset di 30 Days Challenge membahas sikap suka menunda. Menurutnya ada satu penyebab utama mengapa orang suka menunda.

 

Kita menunda karena takut.

Takut apa yang kita kerjakan tidak sempurna. Khawatir komentar orang lain terhadap hasil kerja kita. Tidak siap secara mental apa yang mungkin dan bisa terjadi setelah mengerjakan sesuatu. Kita takut kegagalan, dan ironinya, kita juga takut kesuksesan.

Tak jarang apa yang kita takutkan terlalu berlebihan. Kita khawatir apa yang akan terjadi nanti padahal kita tidak pernah tau akan hal itu. Bukannya membuat rencana dan persiapan untuk menghadapinya, kita malah terus menerus memikirkan kekhawatiran yang bisa jadi tak pernah terjadi.

Kita takut gagal karena melihat pekerjaan yang harus dilakukan sangat besar. Ada perasaan khawatir apakah kita mampu menyelesaikan pekerjaan besar tersebut. Apakah kita bisa mengatasi kesulitan yang akan muncul.

 

Bagaimana Mengatasi Sikap Suka Menunda?

Pertama, buang rasa takut, khawatir, dan prasangka yang ada di kepala. Kenali apa yang Anda pikirkan dan mengapa Anda menjadi takut karenanya. Sadari apa penyebab rasa khawatir tersebut dan buang jauh-jauh. Seringkali rasa khawatir di kepala kita jauh lebih besar dari yang sebenarnya. Dan dalam banyak hal, apa yang kita takutkan tidak pernah terjadi.

Kedua, fokuskan perhatian pada hal yang memang penting. Jika Anda belum bisa membuang semua rasa takut dan khawatir, tanyakan kepada diri Anda seberapa penting hal yang ditakutkan tersebut. Jika memang itu hal yang sangat penting, mungkin memang layak untuk mendapat perhatian lebih dan kita menjadi khawatir karenanya. Namun jika hal tersebut tidak penting, tentu tidak perlu membuang energi banyak hanya mengurusi rasa khawatir yang berlebihan yang membuat Anda menunda mengerjakan sesuatu.

Ketiga, pecah pekerjaan besar ke dalam pekerjaan lebih kecil dan lakukan. Sesuatu yang besar memang terlihat berat. Tapi jika kita memecahkannya ke dalam pekerjaan-pekerjaan yang lebih kecil akan terlihat jauh lebih ringan dan mudah diselesaikan. Dengan demikian kita akan termotivasi dan memiliki keberanian segera menyelesaikannya. Jadi jika Anda khawatir dengan suatu pekerjaan yang besar, urai pekerjaan tersebut dalam bentuk beberapa pekerjaan lebih kecil dan atur waktu untuk melakukannya.

Mari atasi sikap menunda untuk menjadi pribadi yang lebih produktif.

Selamat bekerja, sukses selalu untuk Anda.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. citra wira says

    Artikel nya bagus :)..singkat dan mudah dicerna.
    Bisa tambahin contoh praktis ya… 🙂

  2. setuju sekali!! Memang Malas adalah musuh terbesar menuju kesuksesan.

  3. Saya sangat setuju dengan tips diatas, malas merupakan penyakit yang harus kita jauhi karena kalo tidak segera diatasi maka penyakit ini akan menjadi budaya yang senantiasa kita lakukan ……………

    Stop Lazy !!!!

  4. selamat sore mas
    salam hormat dari saya
    sebelumnya saya mengucapkan banyak ribuan bertrima kasih
    atas semua yang telah anda kirimkan ke mail saya dan sahabat-sahabat yang lainya.

    Kalau saya komen yang ada di atas
    bagus baget mas
    jika sikap menunda itu
    adalah sikap sesorang
    yang takut akan kesuksesaan.
    Kegagalan dalam suatu usaha itu adalah pelajaran yang sangat berharga.karena dengan kegagalan kita bisa belajar menjadi yang terbaik.tak pernah gagal berarti kita tak pernah menikmati manisnya kesuksesan.
    http://dtrexs.co.cc
    hormat saya dirga

    • Salam kenal Dirga,
      Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi pengingat buat kita semua agar jangan suka menunda sesuatu yang baik yang bisa kita kerjakan saat ini.

  5. selamat sore mas
    salam hormat dari saya
    sebelumnya saya mengucapkan banyak ribuan bertrima kasih
    atas semua yang telah anda kirimkan ke mail saya dan sahabat-sahabat yang lainya.

    Kalau saya komen yang ada di atas
    bagus baget mas
    jika sikap menunda itu
    adalah sikap sesorang
    yang takut akan kesuksesaan.
    Kegagalan dalam suatu usaha itu adalah pelajaran yang sangat berharga.karena dengan kegagalan kita bisa belajar menjadi yang terbaik.tak pernah gagal berarti kita tak pernah menikmati manisnya kesuksesan.
    http://dtrexs.co.cc
    hormat saya dirga.

  6. sri tahan uji says

    terima kasih kirimannya banyak membantu saya dalam mencerdaskan anak bangsa

  7. bener banget karna menunda adalah menambah beban untuk hari berikutnya, tip yang sangat memotivasi untuk segera menuntaskan pekerjaan tanpa perlu, menunda-nunda,
    thank motivasinya Pak!!

  8. trimakasih kiriman artikel’y…. sangat bermanfaat

  9. salam kenal juga mas.
    Salam sukses buat anda.

  10. romi oktavia says

    membaca tulisan anda membaut jantung jadi berdebar…sungguh tulisan yang indah…

  11. romi oktavia says

    membaca tulisan anda membuat jantung jadi berdebar…sungguh tulisan yang indah…

  12. Mas ini bacaan yangselam ini saya cari, saya ingin sekali belajar presentasi yg baik, selam ini saya kurang pede..bagaimana caranya..maksud saya bukan hanya memebaca teori tapi sekalian prakteknya…tolong sarannya, makasih banyak ya

  13. Hi there mates, how is everything, and what you wish for to say concerning this article,
    in my view its actually awesome for me.

Speak Your Mind

*

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link