Tips Produktivitas 3 – Ganti Suasana

image

Pernahkah Anda merasa jenuh, bosan dan tidak ada ide? Anda yang biasanya mampu bekerja cepat, produktif dan kreatif tiba-tiba mandeg. Saya yakin kita semua kadang merasakan itu. Rutinitas pekerjaan, kesibukan sekolah, aktivitas yang menumpuk kadangkala menghambat sisi kreativitas seseorang. Membuat bekerja menjadi lambat, cepat penat dan tidak produktif. Kita gagal mencapai target yang diharapkan. Adakah cara mudah mengatasinya? Tentu saja ada.

Cara sederhana mengatasi hal itu dengan mudah dan mendapatkan kembali produktivitas Anda adalah ganti suasana. Misalkan Anda sedang belajar sesuatu yang sulit. Berkali-kali mencoba mempelajari materi tersebut namun tidak paham juga. Selama ini Anda selalu belajar di meja kerja dan mulai merasa jenuh. Lantas, mengapa tidak cari udara segar? Anda bisa pergi keluar ke sebuah taman atau bersantai di bawah pohon sambil membaca buku yang ingin Anda kuasai.

Hal yang sama bisa diterapkan ketika Anda yang berhadapan dengan pekerjaan kreatif seperti menulis, menyusun naskah, dan lain-lain. Ketika Anda merasa mandeg dan tidak ada ide, sekali-kali gantilah suasana. Kerjakan hal tersebut di tempat berbeda atau dengan cara berbeda. Maka dengan mudah Anda akan mendapatkan kembali ide-ide yang hilang dan produktivitas kerja mulai meningkat kembali.

Manusia gampang jenuh. Kadangkala kita butuh suasana yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda biasa mengerjakan sesuatu di tempat tertentu, dengan cara tertentu, pada waktu tertentu, sekali-kali coba lakukan secara berbeda. Kerjakan di tempat yang tidak biasanya, pada waktu yang tidak biasa Anda lakukan, atau dengan alat yang berbeda.

Dengan cara tersebut, tubuh dan pikiran Anda diajak untuk bereaksi dengan situasi yang berbeda. Hanya dengan berganti tempat mungkin Anda sudah bisa mengubah rasa malas menjadi rajin, atau penat menjadi semangat. Dan yang jauh lebih penting, sisi kreatif maupun produktif yang Anda cari-cari bisa segera didapatkan kembali. Berganti suasana adalah cara mudah dan cepat untuk mengembalikan produktivitas Anda ke level yang seharusnya.

Untuk menunjukkan bahwa berganti suasana bisa membuat perubahan, saya menulis posting ini sambil duduk santai di trotoar menghadap Scotts Road, Singapore. Dari sini saya bisa melihat Marriot Hotel dan gedung Ion Orchard yang unik. Sebelumnya saya mencoba menulis di kamar kerja tapi tidak selesai-selesai. Saya mencoba membuat tulisan yang lain namun ternyata masih gagal juga.

Ternyata cukup dengan berjalan kaki sebentar dan mencari tempat duduk yang teduh di sekitar trotoar, tulisan ini hadir ke hadapan Anda dalam beberapa menit. Saya menulisnya dengan cepat ditemani sebotol air mineral. Di depan saya banyak orang lalu lalang dengan segala urusannya.

Mudah dan murah bukan? Cobalah ganti suasana dan rasakan bedanya!

photo2 image

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. winarno says

    Terima kasih atas ulasannya, yang sangat membantu.

  2. siiiippppp…thk u mas, bismillahirrohmannirrohim…..semangat2

  3. Saya biasanya mencoba mengatasi kejenuhan dengan cara “mencari gara-gara”, kalau semuanya sudah rutin dan datar-datar saja, maka akan saya buat sesuatu yang tidak rutin agar tidak datar-datar saja, seperti melakukan patroli dalam pabrik, biasanya saya menemukan ide untuk berbuat sesuatu (improvement) yang baru.
    Terima kasih sharingnya Mas Noer…….

  4. sebenarnya mengganti suasana tidak mesti dan tidak lah menjadi sesuatu hal yg wajib jika kita pandai mengakali diri mas, kalo lagi mood yah bagus tapi kalu lagi gak mood yah pintar2 saja mencari sesuatu yg bikin kita senang dan semangat tidak mesti mengganti suasana 🙂 salam kenal mas noer 😀

  5. Thanks mas atas tips nya…..

  6. iya mas, aku bisanya kalo jenuh seringkali cari masalah hingga bertengkar dengan atasan saya. nantinya kalo saya sudah beres, atasan saya beres tapi dendam, yang menyebabkan karir saya ga naik2 sampai sekarang. atasan saya bencong, kalo ngambek suka pundungan

  7. Arman Husain says

    Gimn cara menghadap suatu kegagalan………………….??????

  8. Terima kasih Mas Noer, artkelnya sangat menarik.

    @pongki -> ide yang unik bozz.. thx

  9. intinya bagaimana pergantian suasana walau hanya sejenak dpt memberi efek menenangkan/rileksasi dan nyaman, meningkatkan rasa bahagia. Faktor “mood” dan “mind” bermain peran juga dalam hal ini. Thanks mas, sukses selalu

  10. @ Pongki, terima kasih atas sharingnya. Cara yang menarik 🙂
    @ Blog Pengembangan Diri, salam kenal juga. Intinya bagaimana mood tidak mengatur kita
    @ Tri, benar sekali. Kadangkala kita butuh suasana nyaman tersebut walau hanya sebentar untuk kembali ke produktivitas awal.

    All thanks for all of your comments

  11. Salam,
    Memang benar artikel anda… sy sudah 33 tahun bekerja, Rutinitas pekerjaan, aktivitas yang menumpuk membuat rasa bosan dan jenuh, membuat bekerja menjadi lambat, cepat penat dan tidak produktif. yang akan merugikan Instansi tempat kita bekerja. karena itu saya memanfaatkan MPP.

  12. ifliandry says

    terima kasih tips-nya mas Noer.

    saya termasuk orang yang hobi baca. kalo dulu masih enak, banyak tempat terbuka untuk santai baca buku. sekarang sudah banyak dibangun rumah, yang ada tembok lagi-tembok lagi. Ruang terbuka di Jakarta sudah mulai sedikit. Pernah numpang baca mall daerah thamrin, kebetulan disitu banyak tempat duduk gratis dan ber-ac. kok malah seperti ditatap aneh sama orang2 yg hilir mudik disitu. Ada saran tempat gratis yang nyaman untuk baca buku ?

Speak Your Mind

*