7 Langkah Membaca Cepat

Banyak orang yang bertanya harus mulai dari mana jika akan membaca cepat. Berikut saya sarikan 7 langkah yang akan membuat Anda menjadi seorang Speed Reader.

1. Rileks

Tubuh dan pikiran yang rileks sebelum membaca akan membantu Anda membaca dengan nyaman dan tanpa tekanan. Kendurkan otot-otot tubuh yang tegang dan buat diri Anda senyaman mungkin sebelum membaca. Hilangkan seluruh kekhawatiran karena buku yang Anda baca terlalu tebal, bahasanya sulit, atau tidak menarik perhatian.

2. Tentukan Tujuan

Pepatah mengatakan “Malu bertanya, sesat di jalan.” Sama halnya dengan membaca, jika Anda tidak memiliki tujuan untuk apa Anda membaca, maka jangan heran jika tersesat di dalam buku yang dibaca. Tentukan tujuan Anda dalam membaca buku dan camkan baik-baik tujuan tersebut. Jika Anda membaca buku tentang perencanaan keuangan misalnya, tentukan tujuan bahwa Anda ingin mengatur keuangan bulanan rumah tangga sehingga bisa menabung minimal 500 ribu sebulan. Tujuan yang jelas akan membuat seluruh indra memasuki fase “alert” yang membantu memahami bahan bacaan.

3. Kenali materi bacaan

Sebelum membaca keseluruhan, kenali materi yang akan dibaca. Periksa ada berapa bab buku tersebut. Bagaimana bab disusun. Apakah ada diagram dalam setiap bab yang membantu penjelasan. Atau mungkin ada tabel yang disajikan untuk menjelaskan fakta dan data. Lihat sekilas kosa kata yang dipakai apakah tergolong mudah, sedang atau sulit. Perhatikan pula apa yang dituliskan dalam kata pengantar dan sampul belakang buku.

4. Kenali ide pokok, jangan terjebak dalam detail

Ingat, Anda membaca untuk memahami, bukan menghafal. Apa yang dipahami akan terus diingat sementara apa yang dihafal akan gampang sekali lupa. Karena itu dalam membaca berpeganglah pada tujuan yang telah Anda tetapkan dalam langkah dua. Kenali ide pokok dan dapatkan pemahaman. Mungkin ada beberapa detail di sana. Kuasai detail tersebut secukupnya dan tinggalkan sementara jika membuat Anda bingung. Banyak orang langsung terjebak dengan detail dan kesulitan menyelesaikan 1 paragraf dan terus menerus mengulangnya. Dengan menguasai ide pokok bacaan setidaknya Anda memahami 80% isi. Sisanya adalah detail yang bersifat referensi yang dapat Anda cari kembali dengan cepat dan mudah jika menguasai ide besarnya.

5. Hindari kebiasaan buruk dalam membaca

Agar bisa membaca cepat dan efektif, semua kebiasaan buruk dalam membaca harus dihilangkan mulai dari membaca sambil bersuara, bibir yang bergerak, gerakan kepala, dan mengulang-ulang kembali apa yang sudah dibaca (regresi). Jika Anda masih memiliki kebiasaan buruk tersebut maka latihlah untuk menghilangkannya. Anda akan memiliki kecepatan baca yang signifikan jika bisa menghilangkan seluruh kebiasaan buruk tadi.

6. Kenali beberapa kata sekaligus

Membaca cepat dilakukan dengan mengenali beberapa kata sekaligus dalam sekali lihat. Jika kebanyakan orang membaca kata per kata, maka usahakan agar Anda membaca dua kata sekaligus. Jika sudah lancar, tingkatkan dengan 3, 4 bahkan 5 kata sekaligus. Dengan demikian, kecepatan baca Anda menjadi sangat tinggi dan Anda dapat membaca dengan efisien.

7. Lakukan pergerakan mata dengan cepat

Selain jumlah kata yang bisa dikenali dalam sekali lihat, faktor penting berikutnya dalam menentukan kecepatan baca seseorang adalah seberapa cepat mata bergerak menyusuri baris demi baris, halaman demi halaman. Otak memiliki kapasitas dan kemampuan yang luar biasa. Jika saja mata Anda bisa bergerak lebih cepat dan mengenali kata-kata yang dibaca, otak sangat mampu untuk memprosesnya menjadi sebuah pengertian. Lakukan latihan untuk membuat pergerakan mata menjadi teratur, berirama serta cepat.

Itulah 7 langkah membaca cepat yang akan menjadikan Anda seorang pembaca cepat dan efektif. Jika Anda ingin mengetahui detail dari ketujuh langkah tersebut, silakan lihat artikel sebelumnya tentang membaca cepat dan download buku “Speed Reading for Beginners” yang akan mengajarkan kepada Anda cara mudah belajar membaca cepat.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Mas, kalau utk anak SD kira2 mulai kelas berapa bisa dilatih membaca cepat?
    Kira2 apa dulu yg harus kita ajarkan kepada anak tsb.

    terima kasih..

    dodytea

  2. Mas Dody,
    Saya belum punya pengalaman melatih anak SD untuk membaca cepat. Perkiraan saya ketika seorang anak sudah lancar membaca (sekitar kelas 3 atau 4) menurut saya sudah bisa diajarkan.
    Hal yang paling awal adalah mengajarkan mereka untuk tidak terbiasa membaca sambil bersuara atau menggerakkan bibir sebelum masuk ke teknik khusus membaca cepat lainnya.

    • Terimakasih Mas Nur, artikel Anda sangat bermanfaat. Adakah Anda menyelenggarakan training mangajar membaca cepat untuk para guru?

  3. Salam Pak Roes,
    Saya senang sekali jika berkesempatan untuk bisa mengajar para guru maupun peserta lainnya. Namun untuk saat ini waktu yang ada sangat terbatas. Saya sedang mempersiapkan training versi online-nya sehingga siapa saja bisa akses dari manapun. Saat ini saya sedang mempersiapkan segala sesuatu termasuk aspek teknologinya.

  4. Mas Noer…saya dah buat website pake joomla tapi bingung gimana setting SEO-nya agar bisa seperti situs mas ini, jika di pencarian Google langsung kbaca postingannya…tolong arahannya ya mas Noer…

    Thanks Banget…

    • Rinaldi, saya bukan pemakai joomla meskipun tertarik menggunakannya untuk situs saya yang lain. Saran saya, jika website kamu adalah sebuah blog, gunakan WordPress yang sangat bagus dalam SEO bahkan untuk situs baru sekalian. Juga ada banyak plugins untuk SEO salah satunya All In One SEO Pack. Selanjutnya yang menentukan hasil pencarian di Google adalah kualitas posting dan relevansinya. Secara bertahap posisinya akan naik untuk kata kunci yang dituju. Selamat mencoba.

  5. naiz info gan.. pas bget bwat tugas ane

  6. Deni Septyaningsih says

    Mas,
    kenapa yach, saya kalo membaca sering mengantuk, alhasil jadi males buat membaca. Padahal saya ingin sekali menjadi kutu buku yang haus akan pengetahuan dengan membaca.
    thanx b4.

    • Mengantuk salah satu tanda kita tidak termotivasi dengan materi yang sedang dibaca. Mungkin juga karena faktor lelah. Coba cari waktu di mana kita cukup segar dan lakukan tahapan Preview sebelum mulai membaca.

  7. hal -hal apa yang membantu membantu kecepatan membaca….

  8. Saya pernah baca buku yang mengatakan sebenarnya kita bisa membaca 3600 kata permenit,tapi disana tidak ada caranya.tahukah om cara yang saya maksud?

    • Untuk detilnya, silakan bisa didownload buku Speed Reading for Beginners yang saya bagikan gratis di blog ini. Silakan masukkan nama dan email di pojok kanan atas blog dan nanti akan dapat email balasan berisi link untuk mendownload buku tersebut.

  9. ,thanks ya info na, ,da bnyk mmbntu dlm bljar

  10. peluang bisnis says

    Sy juga ingin bs baca lebih cepat dan efektif
    mkasih atas tips2nya

  11. bawang goreng says

    terima kasih sangat bermanfaat

  12. ahmad tahir says

    mas, saya mengambil judul skripsi; efek penggunaan strategi membaca cepat dalam membaca teks recount. namun saya mendapatai banyak masalah, diantaranya: procedur dalam mengajarkan recount teks dengan menggunakan strategi speed reading dan saya tidak menemukan banyak referensi buku dari ahli yang menjelaskan tentang strategi membaca cepat.
    tolong bagi ilmunya mas.

Speak Your Mind

*