Membuat Presentasi Skripsi

Anda yang sekarang menyandang gelar sarjana, pasti merasakan bingungnya menyusun skripsi. Baik skripsi dalam bentuk naskah, maupun dalam bentuk materi untuk presentasi saat ujian sidang.

Saya juga pernah mengalaminya. Apalagi ketika harus membuat materi presentasi skripsinya. Kebingungan tersebut seolah-olah lebih besar dibandingkan ketika saya harus menyusun skripsi dalam bentuk naskahnya.

Bayangkan saja, skripsi saya yang lebih dari 100 halaman, harus dipresentasikan dalam waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Berarti saya harus mencari bagian-bagian dari skripsi saya itu yang benar-benar penting untuk disampaikan.

Belum lagi dengan gambar atau foto yang bisa mewakili apa yang menjadi isi skripsi saya tersebut. Apalagi ketika itu teknologi belumlah seperti sekarang. Sekarang, teknologi komputer semakin canggih, sehingga untuk membuat slide presentasi skripsi menjadi lebih mudah.

Juga mengenai gambar atau foto. Di saat saya menyusun skripsi, belum ada situs-situs yang menyediakan foto atau gambar yang bisa kita gunakan, baik gratis maupun yang membayar. Akibatnya, mahasiswa harus membuat sendiri gambar atau foto yang dikehendakinya.

Untuk apa repot-repot menyusun materi presentasi skripsi? Karena itulah yang menentukan nilai skripsi kita. Walaupun isi skripsi kita sangat bagus, bahkan mungkin sangat berbeda dari yang pernah ada, tapi jika kita tidak bisa mempresentasikannya dengan baik waktu ujian sidang, maka akan sulit untuk mendapat nilai A.

Waktu itu, saya terpaksa mengutak-atik sendiri materi dan slide untuk presentasi skripsi saya itu. Saya menggunakan program PowerPoint. Saya coba untuk mengotak-atiknya sedemikian rupa, untuk membuat slide yang menarik. Tapi, hasilnya saya anggap kurang memuaskan, walau saya berhasil lulus dengan baik.

Ingin Sedikit Meringankan Beban Mereka yang Sedang Menyusun Skripsi

Apa yang saya alami ketika menjadi mahasiswa dulu, ternyata juga dialami oleh para mahasiswa di zaman sekarang. Walaupun teknologi semakin berkembang, sehingga mudah digunakan, tapi tetap saja mereka bingung. Menjelang ujian sidang, tingkat stres bisa meningkat dua kali lipat karena harus mempersiapkan materi presentasi skripsi untuk ujian sidang.

Jadi, saya berusaha untuk membantu mereka dengan membuat template untuk presentasi skripsi di https://www.presentasi.net/skripsi/. Selain merupakan peluang bisnis, membuat template presentasi skripsi tersebut juga akan sedikit membantu para mahasiswa. Tujuannya adalah agar mereka tidak terlalu stres menghadapi sidang skripsi, karena dapat mempersiapkan materinya dengan baik.

Dalam pembuatan template presentasi skripsi itu, saya mencoba untuk membantu para mahasiswa yang kebingungan membuat slide sebagai bagian dari presentasi skripsinya. Saya menyediakan template presentasi skripsi yang sangat mudah.

Template presentasi skripsi tersebut bahkan dilengkapi dengan foto-foto atau gambar yang bisa digunakan. Template presentasi skripsi itu juga sangat mudah untuk diedit. Jadi, para mahasiswa yang menggunakannya dapat memodifikasi template presentasi skripsi itu, sesuai dengan kebutuhan mereka.

Template presentasi skripsi yang saya buat itu menggunakan desain profesional. Ada 3 tema yang saya tawarkan, yaitu tema kotak, tema bulat dan tema bebas. Para mahasiswa bisa memilih tema yang mereka sukai.

Pengguna juga tidak perlu lagi bingung menyusun letak gambar dan tulisan dalam slide untuk presentasi skripsinya. Mereka tinggal memasukkan kata-kata atau gambar yang dikehendakinya ke dalam template presentasi skripsi tersebut.

Mudah diedit

Jika memang ingin memodifikasi, mereka tinggal mengeditnya dengan mudah. Saya juga melengkapinya dengan video tutorial bagi mereka yang ingin mengedit, tapi belum memahami caranya dengan baik. Di situ juga disediakan banyak sekali layout untuk materi presentasi skripsi. Pengguna dapat memilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka.

Dengan template presentasi skripsi yang saya buat ini, pengguna tidak perlu lagi mengunduh font dan aplikasi tambahan, karena semua sudah tersedia.

Template presentasi skripsi tersebut juga saya lengkapi dengan berbagai bonus, mulai dari image placeholder, cover presentasi dari berbagai jurusan dan perguruan tinggi, yang bisa diedit. Disediakan juga kumpulan gambar edukasi yang bisa digunakan sebagai alternatif.

Dengan menggunakan template presentasi skripsi yang ada di https://www.presentasi.net/skripsi/ itu, para mahasiswa juga bisa belajar untuk membuat materi presentasi profesional. Jadi, mereka tidak akan kebingungan lagi saat sudah memasuki dunia kerja.

Di dunia kerja, presentasi adalah hal yang sering harus dilakukan. Jadi, para mahasiswa dapat mulai mempelajarinya sedini mungkin. Kemampuan menyajikan presentasi yang efektif tidak jarang menjadi sesuatu yang dapat meningkatkan karier seseorang di dunia profesional. Saya sudah mengalaminya.


Training Presentasi Memukau
   
 

 
 

 
 

Speak Your Mind

*