Perlukah Memiliki Kartu Kredit?

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Credit-card Saat ini kartu kredit begitu mudah didapatkan. Hal ini jauh berbeda dibandingkan beberapa tahun yang lalu di mana ada proses verifikasi yang cukup ketat sebelum bank mau memberikan kartu kredit untuk nasabah baru.

Jika Anda berjalan-jalan ke mall, coba perhatikan tawaran yang begitu menggiurkan:

Silakan Pak, cukup fotokopi KTP dalam 1 jam kartu sudah jadi”

“Kartu ini tanpa iuran tahunan, jadi Bapak tidak perlu keluar biaya.”

“Apakah sudah punya kartu kredit sebelumnya? Jika ya kami dapat membuatkan kartu tambahan yang baru, kelebihannya banyak lho..”

Saya bukan orang yang anti kartu kredit, tapi saya menyayangkan banyak orang yang sebenarnya tidak membutuhkan kartu kredit tergiur oleh tawaran tadi dan akhirnya terbelit hutang yang tak kunjung selesai. Beberapa kali saya menangani kasus karyawan yang terlilit hutang kartu kredit dan kondisinya memprihatinkan.

Banyak orang memiliki 4, 5, 6 kartu kredit atau bahkan lebih banyak lagi. Saya tidak tahu kartu tersebut digunakan untuk apa saja dan apakah memang diperlukan. Tulisan menarik lainnya tentang hutang kartu kredit ditulis oleh Ligwina Hananto, CEO Quantum Magna Financial dapat Anda baca di sini.

Berikut adalah beberapa fakta yang perlu Anda ketahui tentang kartu kredit:

Kartu Kredit = Kartu Hutang

Jika Anda punya banyak kartu kredit, jangan bangga dulu sebab semakin banyak kartu biasanya semakin banyak pula hutang yang tertunggak. Malu dong..

Kartu Kredit Bukan Uang Tambahan

Banyak orang mengira dengan adanya kartu kredit mereka memiliki tambahan dana yang bisa dimanfaatkan sesukanya. Salah besar. Uang yang Anda pakai tersebut adalah hutang dengan bunga yang cukup tinggi dan harus segera dilunasi sebelum temponya jika tidak ingin sengsara di kemudian hari.

Kartu Kredit Bukan Untuk Jaga-Jaga

Ada juga yang memiliki kartu kredit untuk motif berjaga-jaga. Ini juga tidak tepat. Jika ingin berjaga-jaga untuk keperluan darurat, tabunglah sejumlah dana dan ketika Anda membutuhkannya segera, dana tersebut bisa ditarik. Menggunakan kartu kredit sebagai dana darurat seringkali menyebabkan orang terjebak hutang yang tak pernah lunas.

Kartu Kredit Pengganti Uang Tunai

Pada dasarnya fungsi kartu kredit adalah sebagai pengganti uang tunai sehingga tidak perlu repot-repot dalam bertransaksi. Dengan demikian, fungsinya sebagai alternatif dalam melakukan transaksi dan seharusnya orang yang menggunakannya memang telah memiliki dana yang cukup dan bertanggung jawab atas seluruh transaksi yang dilakukan.

Kartu Kredit = Pinjaman Berbunga Tinggi

Jika Anda pernah terlambat membayar tagihan kartu kredit atau memang terpaksa menunda pembayaran, saya yakin Anda merasakan berapa besar bunga yang harus dibayar. Rata-rata penerbit kartu menetapkan bunga 3% per bulan. Ini sama dengan 36% per tahun. Beberapa penerbit lainnya bahkan menetapkan bunga yang lebih besar lagi.

Lantas apakah perlu memiliki kartu kredit? Silakan jawab beberapa pertanyaan berikut dan Anda dapat memutuskan apakah perlu memilikinya atau tidak:

  • Apakah Anda sering bepergian ke luar negeri?
  • Jika Anda sering bepergian ke luar negeri, kartu kredit akan banyak membantu untuk melakukan berbagai pembayaran tanpa harus membawa uang tunai yang banyak atau menukar dengan mata uang yang berbeda-beda.

  • Apakah Anda sering bertransaksi lewat internet?
  • Kartu kredit adalah salah satu cara bayar yang lazim di internet meskipun keamanannya perlu dipertimbangkan. Selain itu masih ada alat bayar lain yang sekarang populer dan relatif lebih aman seperti Paypal atau Google CheckOut.

  • Apakah Anda punya selera belanja yang besar?
  • Kartu kredit akan dapat membuat hasrat belanja Anda tersalurkan dengan berlebihan. Jika Anda senang belanja, berhati-hatilah memiliki kartu kredit. Jangan gesek sembarangan atau Anda harus bersiap-siap pusing pada bulan-bulan berikutnya.

  • Apakah Anda membutuhkan alat pembayaran universal untuk berbagai tagihan?
  • Beberapa kartu kredit bisa mengumpulkan seluruh tagihan Anda dalam satu tempat sehingga tidak perlu repot-repot lagi membayar berbagai jenis tagihan secara terpisah seperti telepon, handphone, internet, listrik dan beberapa tagihan lainnya. Jika memang Anda orang yang cukup sibuk dan proses tersebut membantu, maka Anda dapat memilikinya.

  • Apakah Anda memiliki penghasilan yang cukup?
  • Jika penghasilan Anda mencukupi untuk kebutuhan reguler, Anda dapat mempertimbangkan kartu kredit sebagai alat bantu pembayaran. Ingat, hanya sebagai alat bantu pembayaran, bukan sebagai tambahan penghasilan semu. Untuk orang yang bisa membayar tagihan kartu kredit tepat waktu dan lunas dapat mengambil manfaat dari kartu plastik ini.Jika penghasilan Anda belum memadai, jangan memaksakan memiliki kartu kredit. Salah-salah Anda akan menderita karena salah pemakaian dan tergoda memanfaatkannya sebagai sumber dana tambahan yang sebenarnya adalah hutang.

  • Apakah Anda tertib dalam mengelola keuangan?
  • Jika Anda cukup mampu mengendalikan diri dan mengelola keuangan, silakan memiliki kartu kredit. Tapi jika Anda gampang tergoda dengan kartu plastik tersebut, berhati-hatilah, lebih baik mengandalkan penghasilan yang memang Anda miliki.

Silakan pelajari jawaban Anda dan putuskan apakah perlu memiliki kartu kredit atau tidak. Selamat memutuskan.

Anda punya pendapat lain tentang kartu kredit? Sampaikan komentar Anda pada kolom di bawah.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Thanks mas..jadi ragu mau ambil kartu kredit apa tidak ya….

  2. Rizziandrie says

    Seharusnya kartu kredit itu disebut Liability Card, bukan Credit Card…aku sendiri pny bbrp kartu kredit, tapi aku selalu bayar full shg gak kena bunga & gak bayar annual fee. Dgn byknya promo diskon kartu kredit, tujuan pny kartu kredit lbh ke beli barang yg dibutuhkan dgn harga yg lbh murah. Cuman, klo byk customer ky aku ini, bisa2 bangkrut perusahaan kartu kredit 🙂

    • @Rizziandrie
      Wah menarik juga tuh Pak namanya diganti Liability Card, biar tidak salah persepsi. he.. he..
      Kalau semua nasabah seperti Pak Rizzi tentu penerbit kartu kredit akan kelimpungan, karena pendapatan terbesarnya datang dari nasabah yang menunggak atau membayar tidak tepat waktu.
      Anyway, jika dipakai dengan benar, kartu kredit juga banyak membantu.

  3. Menurut saya kartu kredit banyak juga gunanya, antara lain:
    1. Saya tidak perlu membawa uang kas.
    2. Modal kerja, bunga cicilan tetapnya menurut saya sih gak tinggi – tinggi amat.
    3. Discount seperti kata pak rizziandrie, cuma aku kok tidak pernah dapat free annual fee yah, gimana caranya?

    Intinya kalau saya ditanya apakah perlu memiliki kartu kredit, jawaban saya adalah perlu banget, tapi untuk yang belum pernah berhubungan dgn kartu kredit, artikel ini penting untuk dipelajari dgn baik.

  4. Menurut saya, kartu kredit lebih berfungsi sebagai pengganti alat pembayaran selain tunai, karena disamping kita tidak repot membawa uang cash, keamanan terjamin, kalau hilang tinggal lapor penerbitnya untuk diblokir. Dibutuhkan kebijakan/kedewasaan untuk menggunakan, dalam arti mengenai pembayaran harusnya full payment bukan minimum payment. Disamping itu banyak kemudahan lain dan fasilitas discount yang bisa kita nikmati.

  5. Stres menghadapi kolektor?
    Tagihan anda membengkak?
    Ingin bayar sesuai dengan kemampuan anda?
    Rubah hidup anda sekarang juga!
    Hubungi kami ( LEGAL )!!
    Debt Solution Center :
    Vriska ( 021 ) 96601661
    Tita ( 021 ) 36483456
    Ridwan ( 021 ) 95441212
    Ranti ( 021 ) 99893061

  6. @ Pita
    Setuju dengan pendapatnya. Untuk poin no. 3, ada bank yang memberikan gratis annual fee sepanjang tahun, bukan hanya tahun pertama. Ini biasanya untuk Anda yang sudah menjadi nasabah setia di bank tersebut.

    @ Ayu Santi
    Betul kartu kredit cukup aman dalam arti tidak repot bawa uang tunai dan bisa segera dilaporkan jika hilang. Yang harus hati-hati adalah jangan sampai nomor Anda diketahui orang karena sangat mudah dipakai untuk transaksi ilegal oleh orang lain. Kejadian ini biasanya tidak disadari pemiliki kartu. Itu mengapa di Indonesia dulu sempat marak “carding” yakni belanja banyak barang di internet menggunakan kartu orang lain sehingga beberapa merchant menolak transaksi dari Indonesia.

    Menggunakannya secara bijak sangat penting karena banyak yang bangkrut gara-gara kartu ini. Tidak hanya orang yang punya pendapatan kecil, juga yang berpendapatan besar banyak juga yang tidak bisa keluar dari lilitan hutang kartu kredit.

  7. Pada intinya kartu kredit adalah salah satu produk bank yang dapat mendatangkan keuntungan bunga yang jauh diatas bunga normal. Kartu kredit untuk beberapa kalangan yang mengerti dapat memanfaatkan fasilitas yang ada dengan bijak, tetapi harus diakui kartu kredit yang seharusnya menjadi alat pembayaran sementara oleh masyarakat kita justru menjadi alat tuk memenuhi kebutuhan hidup karena pendapatan yang tidak seimbang dengan kenaikan harga saat ini dan gaya hidup pastinya. BI dan para Bankers yang harusnya menjadi kunci utama apakah produk ini bermanfaat bagi perusahaan dan pemegang kartu kredit. Perlu diperhatikan pula kemudahan memperoleh kartu kredit dari para bank penerbit bisa jadi menjadi faktor pemicu semakin tingginya pengguna kartu bermasalah.

    • @ Ida
      Terima kasih atas penjelasannya Mbak. Benar sekali kartu kredit diperlukan oleh sebagian orang sebagai media transaksi dan pengganti uang tunai. Saya sulit membayangkan kalau tidak punya kartu kredit tentu susah transaksi di internet, beli barang di e-bay, transaksi di Paypal dan lain-lain.
      Yang memang berbahaya adalah jika kartu kredit dipegang oleh orang yang kurang memahami sehingga terjadilah hutang bertumpuk yang tak terbayar.
      Bank juga harus bertanggung jawab dengan memastikan kembali aspek “prudent” dalam mengeluarkan kartu.

  8. kalau menurut saya,kalau pakainya benar juga tdk apa2,karena penawaran dikartu kredit juga dapat diskon2,dan cicilan 0%,dan juga kalau ingin gratis iuran tahunan gampang,kalau misal tanggal jatuh tempo kartu mau berakhir,telpon saja bank,bilang mau ttp,nanti sama cs ditanya kenapa kok mau ditutup,bilang saja karena berat ada iuran tahunan,nanti pasti csnya bilang , ya sdh tahun ini bebas iuran tahunan

    • Kalau yang disampaikan bung Roni ini tips trick menggunakan kartu kredit. Betul jika dimanfaatkan untuk diskon, cicilan 0% dan lainnya akan mendapatkan keuntungan.

      Tapi yang juga harus hati-hati adalah diskon dan berbagai penawaran tadi dapat membuat seseorang terjebak membeli sesuatu yang mungkin tidak terlalu dibutuhkan atau bukan prioritas utama. Dengan demikian membuat keputusan pembelian yang kurang tepat meskipun diuntungkan dengan potongan harga dan cicilan 0% nya.

  9. zuhendra says

    Artikelnya bagus – bagus

  10. Salam Sukses, Saya memiliki beberapa kartu kredit saat ini saya memiliki 3 tempat usaha dengan omzet yang lumayan dengan menggunakn kartu kredit sebagai modal. Saya ingin berbagi mengenai tips, menggunakan kartu kredit untuk usaha,
    Untuk mengawali usaha anda harus menggunakan uang cash, entah itu uang pinjaman dari bank, atau dari teman. Dan angsurlah selama jangka waktu tertentu. Dalam rentang waktu tertentu tersebut ketika anda telah menemukan pola dari usaha anda(OMZET, pengeluaran dan keuntungan) saran saya pergunakanlah kartu kredit untuk bantuan modal anda. Dengan bunga kartu sekitar 3% perbulan maka carilah jenis usaha yang memiliki tingkat margin lebih dari 6% per bulan.maka anda akan mendapat tambahan keuntungan yang lumayan. Dan ingat kartu kredit pergunakan hanya untuk kegiatan USAHA jangan untuk belanja kebutuhan konsumtif. Selamat menuju SUKSES.

    Wiraswasta Harus Punya KARTU KREDIT.

  11. Benar sekali informasinya tentang kartu kredit,sekarang ini saya menderita sekali karena sudah menjadi korban karena mau ditawari untuk punya kartu kredit.Dan saat ini saya tidak bisa bayar tp pihak bank tetap dgn peraturannya.Mohon solusinya kawan-kawan…?please help me

  12. @ Indra
    Terima kasih atas tipsnya. Jika ingin menggunakan sebagai modal usaha harus dipastikan dapat tumbuh lebih besar daripada beban biaya kartu kreditnya. Dengan bunga kartu kredit 3% per bulan atau sekitar 36% per tahun, secara teoritis hanya berguna jika digunakan untuk usaha yang bisa tumbuh lebih tinggi dari itu.

    @ Wulan
    Salah satu cara menyelesaikan persoalan kartu kredit adalah dengan menghubungi pihak bank dan menjelaskan kesulitan yang kita hadapi. Jika proposal tsb disetujui maka beban kartu kredit sementara akan difreeze pada saldo terakhir dan kita tinggal mengatur komitmen dan jangka waktu pelunasan. Jika terlanjur punya beberapa kartu, lakukan prioritas dengan menutup kartu yang paling bermasalah dulu satu demi satu sampai semuanya beres. Semoga membantu.

  13. salam broe..

    thanks ya,,, infonya..

    irian

  14. mau tanya ni..
    karena saya pemakai kartu kredit yg blm lama, jadi masi blm paham..

    kalo misalnya limitnya 4.000.000,
    trs biasa kan suka ada promo cicilan 12 bln bunga 0% begitu..

    kalo pembelanjaan misalnya 3600.000 yg ditagih tiap bulan jadinya 300.000 kan..

    nah, yg jadi pertanyaan..

    itu sewaktu gesek kartu, limitnya dr 4.000.000 langsung cm sisa 400.000 atau masih bisa dipakai full dan hanya berkurang sejumlah yg dipotong tiap bulannya?
    (4.000.000 – 300.000)

    soalnya saya ragu2 kalau mau beli barang yg dicicil 12 bulan.. apakah limitnya dikurangi sampai pembayaran kelar atau bagaimana?

    lalu, pemakaiannya jg ga bole lebih dr limit? (misalnya 4800000 yg dicicilnya tiap bulan 400000 begitu?)

    terima kasih atas jawabannya

  15. Saran saya, sih kalau ingin aman, buatlah sistem pembayaran kartu kredit anda menjadi auto debet secarah penuh dari rekening anda. Dan sebaiknya, bank penerbit kartu kredit anda harus sama dengan tempat simpanan uang anda di bank agar tidak muncul biaya kliring.

    Yang perlu dipahami orang awan, bank penerbit kartu kredit sulit untuk bisa merugi karena selain dapat benefit dari pemegang kartu (dari iuran tahunan dan bunga jika anda membayar secara cicilan) , bank juga dapat fee sebesar 1.5% s/d 2% dari nilai transaksi di setiap merchant.
    Sementara dari sisi costing bank penerbit kartu kredit tidak pernah ikut membayar biaya telephone dan listrik mesin EDC, termasuk membayar Kasirnya karena merchant yang menanggung semuanya.

  16. kartu kredit? kadang perlu kadang ga..
    perlunya kalau lagi ada promo cicilan 0%, gak perlunya kalau lagi banyak duit…
    he..he,,,he,,

  17. salam kenal kak noer .Makin sukses aja.artikelnya menarik …tapi hampir sama dengan artikel di safir seduk ya perencanakeuangan.com

  18. Salam kenal Wahyu,

    Terima kasih atas komentarnya. Saya juga pembaca perencanakeuangan.com dan beberapa situs perencanaan keuangan lain dalam dan luar negeri.

    Posting yang ini sebenarnya khas dari pandangan pribadi saya. Mungkin sedikit banyaknya akan mirip dengan pandangan yang ada dari tokoh-tokoh perencana keuangan lainnya 🙂

  19. Terimaksih pencerahannya mas, betul-betul harus dipikirkan sebelum ambil keputusan ambil kartu kredit atau tidak jangan mendahulukan keinginan yang bisa menjadi sumber penderitaan

  20. eny sulistiowati says

    Salam kenal mas..

    Saya sekarng benar2 membutuhkan info lengkap mengenai kartu kredit, jika saya memiliki 10 CC, 5 dipake dan 5 utk cadangan. bisakah antar kartu kredit melunasi tagihan kartu yg lain? bisakah kita membayar tagihan kartu kredit melalui dana yg ada di kartu kredit lain via ATM? saya berencana membuat kartu kredit sebagai modal usaha pertamakalinya dan sy mgkn akan usaha frencise makanan yg perputaran setiap hari. tolong dijelaskan ke email. trims

  21. salam kenal…kira2 usaha apa ya yang bisa pakai kartu kredit dan gak kena cash waktu kita gesek?? makasih sebelumnya

  22. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk melunasi hutang Anda
    tagihan jadi karena itulah kami di sini untuk membantu kami yang membutuhkan pinjaman dengan bunga 2% jadi kembalilah kepada kami dengan mengikuti

    Peminjam atau Formulir Aplikasi:

    Nama:
    Jumlah yang Dibutuhkan:
    Durasi pinjaman:
    Jenis kelamin:
    Usia:
    Pendapatan bulanan:
    Negara:
    Negara:
    Nomor telepon:
    Tujuan Pinjaman:
    E-mail:
    Sudahkah Anda Terapkan Sebelum:
    Apakah kamu mengerti bahasa Inggris:
    Dari mana anda mendengar tentang kami:
    Saya menantikan pembaruan Anda mengenai masalah ini …
    Terima kasih untuk waktu dan pengertian anda !!!

    Jadi kembali ke [email] fredjosephloansgmail.com kami

  23. Jangan gunakan semua Pemberi Pinjaman Uang Pribadi ini. Mereka berada di, Ghana Turki, Prancis dan Israel. Nama saya adalah Mrs.Amisha, saya berasal dari Filipina. Apakah Anda mencari pinjaman? Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi atau bisnis yang mendesak? Hubungi Persetujuan Pinjaman Cepat yang Sahir dia membantu saya dengan pinjaman sebesar $75000 beberapa hari yang lalu setelah mendapat scammed $12000 dari seorang wanita yang mengaku sebagai pemberi pinjaman dari france tapi saya bersyukur kepada Tuhan hari ini bahwa saya mendapatkan pinjaman saya senilai $75000.Feel bebas untuk menghubungi perusahaan tersebut untuk mendapatkan uang asli. Email: (Suzaninvestment@gmail.com

Speak Your Mind

*

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link