Personal Branding Lewat Blog

Sebagaimana yang pernah saya tuliskan dalam posting berjudul “9 Alasan Saya Menulis dan Membuat Blog” salah satu alasan blog ini dibuat adalah untuk Personal Branding.

Sebagai seorang lulusan Jurusan Marketing di Fakultas Ekonomi, istilah branding sangat akrab di telinga ketika masih kuliah dulu. Ternyata hal ini terus dibawa ketika sekarang bekerja di salah satu perusahaan consumer goods yang terkenal dengan kekuatan marketing dan branding-nya.

Apakah personal branding itu? Apakah ada kemiripan dengan melekatkan sebuah brand atau merek pada suatu produk?

Dalam pemahaman saya pribadi, personal branding adalah suatu cara untuk mengenalkan kepada orang banyak tentang karakter diri kita, bidang yang menjadi keahlian dan ketertarikan, serta hal-hal khusus seperti gaya berkomunikasi baik lewat ucapan atau tulisan.

Di dunia internet yang tumbuh sedemikian pesat, seseorang dapat memanfaatkan media ini untuk mengenalkan dan menjelaskan dirinya kepada khalayak ramai.

Dengan membuat sebuah blog yang berisi tulisan bermutu terkait bidang yang menjadi minat dan keahlian, secara tidak langsung sebenarnya Anda sedang membentuk sebuah citra diri atau brand. Orang akan mengkaitkan gaya tulisan Anda, materi tulisan yang Anda buat, tema-tema yang Anda sukai dengan kepribadian Anda. Tentunya hal tersebut harus dilakukan dengan benar dan bertanggung jawab, bukan sesuatu yang berbeda dari diri Anda yang sesungguhnya.

Dengan membuat blog, sebenarnya Anda menciptakan sebuah representasi kecil diri Anda. Semakin kuat tema yang diangkat apalagi jika merupakan sesuatu yang merupakan minat dan keahlian Anda, cepat atau lambat akan menjadi media promosi sebagai Personal Branding. Orang akan mengenal dan mengidentifikasi Anda lewat tulisan yang Anda buat.

Sebagai contoh dalam blog ini, mengusung judul Explore Your Self, secara tidak langsung saya membuat branding kalau sang penulis blog adalah orang yang senang melakukan eksplorasi diri. Dengan tagline “Personal Development Tips for Everyone”, secara tidak langsung saya melakukan komunikasi sebagai orang yang senang berbagi pengalaman di bidang pengembangan diri yang menjadi minat dan perhatian saya.

Lewat kategori-kategori tulisan seperti Speed Reading, Perencanaan Keuangan ataupun Presentasi, secara tidak langsung menjadi bahan identifikasi atas topik yang saya dalami secara khusus di mana saya dapat berkontribusi dan berbagi dengan orang lain.

Lantas bagaimana dengan Anda?

Sudahkah membuat personal branding lewat blog Anda?

Selamat berkarya dan memberi manfaat kepada orang lain lewat tulisan dan blog Anda!

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. I think you already have a good personal branding. Keep it up, My Dear 🙂

  2. Thanks for your support honey 🙂

  3. bagus sekali Bapak Noer, dengan "Personal Branding Lewat Blog" maka orang akan tahu mengenai kita, skill kita. "CITRA DIRI YANG POSITIF" sangat diperlukan…..!

  4. Trims Gagus. Makanya kita harus rajin-rajin nulis, biar ada kenangan yang ditinggalkan.

  5. ok bapak. saran bapak insya Alloh akan selalu saya ingat dan ikuti. berusaha melejitkan potensi diri dengan selalu melibatkan Alloh. semoga Alloh memudahkan semua urusan kita. amin

Speak Your Mind

*