Kiat Sederhana Untuk Menjadi Pribadi Produktif

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

my to do list

Sejak April 2010 lalu, saya mulai merintis tulisan berseri tentang produktivitas. Ada banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang produktif. Berikut rangkuman dari artikel terdahulu yang pernah muncul di blog ini:

 

1. Miliki Rencana

Rencana merupakan gambaran apa yang ingin kita lakukan. Membuat rencana membantu kita untuk mengelola waktu dan menetapkan apa saja yang ingin kita lakukan. Tidak hanya itu, rencana merupakan kreasi awal. Anda menentukan apa yang ingin dikerjakan sebelum melakukannya. Banyak karya besar lahir dari perencanaan matang yang dilakukan dengan kesungguhan.

Simak artikel lengkapnya di sini.

2. Fokus

Setelah memiliki rencana matang, tiba saatnya mengerjakan apa yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Agar dapat bekerja dengan produktif, kita perlu belajar untuk fokus. Ibarat sinar laser yang terkonsentrasi ke satu titik, maka fokus akan membuat apa-apa yang kita kerjakan dapat selesai dalam waktu yang sesingkat mungkin dengan kualitas sebaik mungkin. Tidak mudah untuk fokus karena banyak gangguan yang mengalihkan perhatian. Namun jika Anda berhasil melatih kemampuan untuk selalu fokus ketika mengerjakan tugas-tugas penting, Anda akan menjadi pribadi yang lebih produktif.

Simak artikel lengkapnya di sini.

 

3. Ganti Suasana

Rutinitas pekerjaan yang sama dari waktu ke waktu kadang membuat jenuh dan bosan. Ketika ini terjadi, maka produktivitas akan menurun karena kita kehilangan semangat dan gairah untuk melakukan sesuatu. Untuk itu Anda perlu mengganti suasana. Mencari tempat baru, cara baru, atau pendekatan yang baru sehingga pikiran lebih segar dan ide-ide bermunculan. Jika Anda sering merasa mandeg, cobalah ganti dengan suasana baru.

Simak artikel lengkapnya di sini.

 

4. Jangan Menunda

Sikap suka menunda menjadi penghalang besar bagi kesuksesan Anda. Kita menunda apa yang sebenarnya bisa dikerjakan hari ini. Akibatnya, pekerjaan bertumpuk dan terasa berat. Tidak hanya itu, sikap menunda tak jarang membuat kita kehilangan kesempatan. Setiap hari punya tugasnya masing-masing. Karena itu kerjakanlah dan jangan suka menunda.

Simak artikel lengkapnya di sini.

 

5. Terampil Dalam Membaca

Apapun profesi Anda, pasti berurusan dengan membaca. Jika Anda seorang pelajar, Anda harus membaca buku dan materi pelajaran. Jika Anda seorang manajer perusahaan, Anda harus membaca laporan, tren terbaru seputar bisnis, dan menganalisanya untuk mengambil keputusan. Dan jika Anda orang yang gemar melatih keterampilan baru, Anda pun harus banyak membaca dan belajar. Salah satu rahasia menjadi pribadi produktif adalah dengan membaca lebih cepat. Bayangkan jika Anda bisa membaca dua kali lebih cepat dari rata-rata orang, maka Anda bisa menyelesaikan berbagai tugas yang berhubungan dengan membaca hanya dalam waktu setengahnya saja. Anda akan menjadi pribadi yang jauh lebih produktif.

Simak artikel lengkapnya di sini.

 

Itulah lima hal sederhana yang bisa menjadikan Anda pribadi produktif dari waktu ke waktu. Terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan jadilah pribadi yang lebih unggul.

 

Photo Credit: puuikibeach

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Assalamu`alaikum warohmatullahi wabarokatuh, mas Noer.

    saya kayaknya tersandung di point ke-4, terkadang jika lagi gak mood tugas kuliahku jadi tertunda buat diselesaikan. sifat ini yang sangat ingin saya buang jauh-jauh tapi kayaknya sulit. ada saran gak mas buat ngatasin sifat menunda-nunda yang bukan disebabkan rasa takut atau khawtir seperti yang sudah dijelaskan diartikelnya?

  2. Daratullaila Nasri says

    artikelnya bagus. semoga saya mampu menerapkannya dalam aktifitas saya sehari-hari.

    makasih Mas Noer.

  3. Abdul Kadir says

    Terima kasih emailnya, semoga menjadi inspirasi bagi diri pribadi saya. Teruslah berkarya untuk anak bangsa.

  4. Terima kasih Ebooknya. Setelah saya membaca, saya semakin rajin membaca buku.

  5. Fanhar Saputra says

    Selamat pagi/siang/sore atau malam pak,
    bagaimana cara menanamkan niat dalam hati untuk senang dalam membaca ?

  6. Ass.wr.wb. Artikel bagus dan produktif penuh arti,kalau saya yang sering dilanggar adalah No.4 menunda, karena sangking banyaknya tugas yang bersamaan, sehingga perlu waktu ekstra mengaturnya, sehingga terkadang waktu 24 jam ini singkat sekali. Saya setuju jangan menunda waktu, tapi itulah kenyataannya.
    Kalau tidak berkeberatan mohon no. hp nya mas Noer, untuk komunikasi langsung, no. saya 081373492413

  7. Usulan saya, jika anda ada waktu dapat membuat toko buku onlain dengan penubuhkembangkan penulis baru dan bila perlu dapat anda bimbing, serta beragam forum diskusi, konsultasi, pendapingan atau bimbingan penulisan dan lainnya. Dengan demikian, tumbuh dan berkembag minat membaca dan menulis bagi masyarakat indonesia sekaligus dapat menghasilkan. Konten penulisan dari fiksi, semi ilmiah sampai ilmiah dengan format dan cover yang mudah sederhana sampai yang modern mungkin. Oke selamat terus berkarya saya suport semoga sukses

Speak Your Mind

*

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link