Tips Membuat Blog Profesional

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami

Apakah Anda memiliki sebuah blog? Jika ya, sudahkah Anda membuatnya sedemikian rupa sehingga terkesan profesional? Atau Anda membuat blog sekedarnya saja seperti kata pepatah: hidup segan mati tak mau?

Membuat blog profesional adalah idaman setiap blogger. Blog yang profesional mampu menarik perhatian banyak orang sekaligus menunjukkan jati diri blogger di belakangnya. Lantas bagaimana caranya agar blog Anda bisa tampil profesional dan meyakinkan?

1. Gunakan Domain Sendiri

Jika Anda ingin serius membuat blog, maka syarat pertama keluarkan sedikit uang untuk membeli nama domain dan hosting. Jangan membuat blog pada layanan gratis seperti Blogger, WordPress, atau lainnya. Dengan domain sendiri, blog Anda akan lebih mudah diingat dan tentu saja lebih profesional. Ketika saya memutuskan untuk memulai sebuah blog, maka saya segera membeli domain dan hosting. Ada alasan sederhana di balik itu: jika Anda mengeluarkan uang untuk sebuah blog, maka Anda tidak akan menyia-nyiakannya begitu saja. Berbeda jika menggunakan layanan gratis, seringkali kita malas mengupdate karena tidak ada pengorbanan sebelumnya.

2. Tentukan Branding Blog Anda

Blog yang baik adalah blog yang fokus pada tema tertentu. Ada blog yang mengkhususkan pembahasan tentang sepakbola, ada blog seputar resep masakan, ada pula blog tentang kehidupan pribadi penulisnya. Apapun brand yang Anda pilih, pastikan branding tersebut sesuai dengan tujuan jangka panjang blog Anda. Lantas bagaimana jika blog tersebut merupakan blog pribadi seperti yang sedang Anda baca sekarang? Jawabnya adalah: Anda tetap bisa memilih tema utama yang menjadi ciri khas blog tersebut. Dalam kasus blog ini, saya memilih untuk fokus pada tema pengembangan diri dengan sub bahasan keterampilan untuk menjadi pribadi yang maju, produktif, dan bermanfaat buat orang lain.

3. Posting Reguler

Membuat blog menuntut ketekunan dan kontinuitas dalam menulis. Jika Anda memilih tema yang tepat sesuai bidang yang Anda sukai dan cintai, tentu tidak sulit untuk membuat artikel secara teratur. Tetapkan periode posting baru Anda apakah seminggu sekali, seminggu dua kali atau bahkan setiap hari. Blog yang memiliki posting baru secara reguler menunjukkan profesionalitas blogger yang membuatnya. Jangan jadikan blog Anda berbulan-bulan tidak diupdate mirip dengan rumah yang dibiarkan berantakan.

4. Jadilah Yang Terbaik Di Bidang Anda

Setiap orang unik dan setiap orang hebat di bidangnya masing-masing. Temukan apa yang menjadi kekuatan diri Anda dan menulislah di bidang tersebut. Ini akan membuat Anda tampil sebagai ahli di bidang yang Anda kuasai dan tidak ada orang lain yang bisa menjelaskan seperti apa yang Anda lakukan. Boleh saja kita belajar dari gaya menulis orang lain. Namun saran saya miliki dan kembangkanlah gaya alami yang paling pas buat Anda. Dengan cara ini maka setiap posting yang Anda buat akan memiliki kekuatan, ciri khas, personalisasi dan daya tarik tersendiri bagi para pembacanya.

5. Belajar Dan Praktekkan

Kenali blogger profesional yang menjadi panutan Anda lalu contoh apa yang mereka lakukan. Teruslah belajar dari blogger yang lebih dahulu maju dan menjadi pelopor di bidangnya masing-masing. Pelajari apa yang menjadi daya tarik mereka dan bagaimana mereka melakukannya. Jangan lupa untuk mempraktekkan apa-apa yang sudah Anda pelajari. Banyak orang gagal maju bukan karena mereka kurang belajar, melainkan karena tidak pernah mempraktekkan apa-apa yang dipelajari. Ilmu untuk amal. Pengetahuan sebagai panduan dalam bertindak.

Demikian 5 tips untuk membuat blog Anda tampil lebih profesional sekaligus meyakinkan.

Anda punya tips lainnya? Sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah.

Panduan membaca cepat dan efektif. GRATIS.

 

Bagaimana membaca 2 kali lebih cepat.

 

Telah didownload lebih dari 30.000 orang.

 

Download Sekarang.

 

Comments

  1. Info yang sangat menginspirasi. Belajar dan praktekkan …..mungkin itu kuncinya ya…

  2. wah topik yang sedang saya kembangkan dalam website saya.

  3. Heuummmh…good gan artikelnya sederhana bahasa dan mudah di terima. Semoga susatu saat saya bisa….Tanks sharenya agan…

  4. mantep

  5. What’s up colleagues, its enormous paragraph on the topic of educationand entirely explained, keep it up all the time.

Speak Your Mind

*

Klik di Sini Untuk Menghubungi Kami
close-link